7 Langkah Mendapatkan Uang dari Facebook

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi tulisan, foto atau video secara personal. Media sosial satu ini dibuat oleh Mark Zuckerberg dibantu oleh teman-temannya (Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, Chris Hughes) dan dirilis pada Februari 2004. Kantor pusatnya berada di Menlo Park, California, Amerika. Pengguna Facebook bisa membuat profil semacam biodata diri, cari teman, dan bertukar pesan atau saling berkomentar.

Apa saja data menarik soal Facebook?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh wordstream.com, hingga pertengahan tahun lalu, Facebook memiliki 2 Milyar pengguna aktif setiap bulannya. 22% dari total populasi manusia di atas bumi ini termasuk pengguna media sosial satu ini. Para penggunanya punya waktu rata-rata dalam mengakses Facebook sebanyak 8x sehari.

Apa tren terkini tentang Facebook?

Pada tanggal 11 Januari 2018, Facebook mengumumkan perubahan algoritmanya terkait timeline atau beranda. Poin utama soal perubahan algoritma ini yaitu Facebook lebih mengutamakan postingan yang punya banyak komentar dan bentuk interaksi lainnya. Ini berarti algoritma media sosial kini sudah semakin pintar. Kamu sebagai Facebooker sudah tidak bisa lagi sekadar mengandalkan teman Facebook palsu atau “belian” yang memungkinkan Facebook page kamu tampak banyak temannya atau postingan kamu banyak likes-nya. Facebook akan melihat bagaimana interaksi yang terjadi dalam Facebook page kamu. Terus simak e-book ini supaya kamu tahu bagaimana cara mengembangkan akun/page kamu tanpa melanggar kebijakan yang sudah ditentukan oleh Facebook.

Facebooker Sukses: Si kocak, ben phillips!

Ben Phillips juga baru berusia 20-an, seperti Sugg yang sebelumnya kami sebutkan di bagian Inspirasi Blogger. Phillips juga sudah berpenghasilan uang melimpah. Phillips bisa menghasilkan uang sejumlah 200 juta rupiah per bulannya. Dulunya ia bekerja di toko sepatu dan mencuri separuh waktu kerjanya untuk mengunggah video. Tak disangka respon penonton sangat bagus dan ia makin populer karena kelucuannya. Video pertama yang ia unggah soal anak dari mantan pacarnya, berhasil meraih 1 juta penonton hanya dalam dua bulan. Tetapi ia mulai dikenal sejak membuat series prank video yang menayangkan kejahilannya sehari-hari kepada adiknya, di Facebook. Tetapi tenang saja, lewat wawancara dengan media lokal di Inggris, adiknya merasa senang-senang saja karena ikut merasakan dampak popularitas dari video yang diunggah Phillips. Sebenarnya tak hanya menampilkan video kejahilannya kepada si adik, Phillips juga kerap mengajak teman-temannya untuk terlibat dalam video yang ia edit dan unggah.

Sekarang, ketika ia menyebutkan sebuah nama brand akan suatu produk, bayarannya bisa mencapai 40 juta rupiah untuk setiap detiknya. Bila diperhatikan, satu videonya saja bisa dibagikan sebanyak 30.000 kali. Soal komentar yang ada di setiap postingannya, bisa mencapai lebih dari 3.000 komentar. Bagaimana ya caranya bisa sampai sebagus itu interaksi di Facebook page miliknya? Kami akan memberikan beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menjadi Facebooker sukses!

Langkah-langkah jadi Facebooker sukses

1. Membuat Profil Facebook yang Menarik

Bio biasanya adalah bagian pertama yang dilihat atau ditinjau oleh pengunjung akun Facebook kamu. Jika kamu menulisnya secara bertele-tele dan membosankan seperti sebuah pidato yang buruk, kemungkinan besar mereka tidak akan tertarik berteman atau mengikuti kamu di Facebook apalagi melihat post-post kamu. Kamu bisa membuat bio yang nyeleneh sehingga orang benar-benar tertarik dengan kamu atau membuatnya sangat profesional jika Facebook yang kamu kelola adalah milik perusahaan. Kamu tak hanya bisa membuat akun profil pribadi atas namamu, membuat komunitas, atau membuat fan page khusus info-info tertentu semacam info beasiswa juga menghasilkan uang.

2. Mengubah Setting Privasi Facebook ke Publik

Kamu perlu memastikan pengaturan privasimu tidak terlalu tertutup atau ketat. Sebab jika tujuanmu ingin mendapat banyak followers dan likes, tentunya kamu tidak mengatur privasi posmu sangat ketat sampai orang tak dapat membagikannya ke pengguna lain. Pengaturan privasi pada Facebook tersedia di pojok sebelah kanan atas. Klik “Pengaturan” lalu kamu bakal punya akses mengatur privasimu secara lebih lengkap.

3. Membuat Postingan yang Menarik

Usahakan agar kontenmu tak hanya menarik tetapi juga bisa memuat manfaat lain. Manfaat lainnya yaitu menghibur atau menambah wawasan pembaca. Ketika seseorang menganggap kontenmu berguna atau mungkin lucu, mereka biasanya sangat mudah untuk menekan share atau like button, sehingga orang lainnya bisa melihat aktivitas ini dan tertarik untuk ikut berteman denganmu di Facebook dan like post yang kamu bagikan.

4. Membangun dan Menjaga Kedekatan dengan Pengikutmu

Cobalah tingkatkan engangement antara kamu dengan pengikutmu di Facebook. Engangement yang dimaksud adalah interaksi dan kedekatan relasimu dengan mereka yang mengikuti dan berteman denganmu di Facebook. Balaslah secara aktif dan atraktif komentar-komentar mereka di post dalam Facebook. Kemudian cobalah juga membuka sebuah diskusi dengan menanyakan pendapat mereka tentang suatu hal. Dengan begitu, mereka akan merasa dilibatkan dan senang berinteraksi dengan kamu terus di Facebook, mungkin juga mereka menjadi loyal kepadamu (rajin share dan like post kamu tanpa diminta).

5. Menjual Fan Page Post

Kalau kamu punya fan page di Facebook, coba sign up dengan shopsomething.com tapi pastikan dulu kamu punya setidaknya 1000 like di fan page. Tambahkan fan page kamu ke Shopsomething dan konfirmasi bahwa kamu adalah pemilik fan page tersebut. Atur harga per post untuk halaman kamu. Yang penting, pastikan kamu mengatur harganya dengan tepat karena tak akan ada yang membeli post di halaman kamu bila harganya terlalu tinggi. Coba Googling atau lakukan riset di internet agar kamu bisa menentukan harga yang tak terlalu tinggi atupun rendah.

6. Menghubungkan Facebook ke Google AdSense

Sama seperti pada akun YouTube, kamu bisa hubungkan akun media sosial Facebook kamu ke Google AdSense. Cara mencairkannya juga sama, Adsense akan memberikan pilihan metode pembayaran. Misalkan kamu pilih Western Union, nanti akan ada status pembayaran dll. Kamu coba simpan kode MTCN dan pergi ke Western Union (Biasanya ada di Kantor Pos Indonesia). Bawalah fotocopy KTP, isi formulir yang disediakan dan cairkan uangnya di sana.

7. Menjual Produk/Jasa

Kamu tentunya juga bisa menjual produk atau jasa yang hendak ditawarkan ke pengikutmu di Facebook. Kalaupun kamu punya akun komunitas, kamu bisa tawarkan mereka untuk ikut event berbayar yang kamu kelola bersama beberapa anggota lainnya. Atau, kamu menjual buku dan barang-barang lainnya terkait dengan tema akun Facebook kamu. Desainer grafis seperti Puuung dari Korea, juga pertama kali memanfaatkan akun Facebooknya untuk membagikan konten hasil gambarnya. Banyak orang berinteraksi dengannya di Facebook, menyatakan suka akan gambarnya, hingga akhirnya ia menjual serangkaian buku berisi gambar-gambar rancangannya sampai masuk ke penerbit besar di Indonesia. Jadi konten apapun yang kamu bagikan bisa menjual lewat media sosial satu ini.

Meninjau Facebook dengan Analytics Tools

Sebagian besar strategi media sosial yang sukses adalah yang melibatkan pemantauan metrik dan menganalisis kinerja posting kamu selama ini. Untungnya tidak ada keterbatasan berarti soal tools bagi Facebook Analytics untuk membantu kamu memaksimalkan potensi akunmu. Alat ini tersedia secara otomatis untuk admin Facebook Page kamu begitu kamu berhasil memiliki lebih dari 30 pengikut lebih penyuka halaman Facebook-mu.

Tool ini menyediakan metrik rinci tentang posmu dan engangement yang sejauh ini telah berhasil kamu dapatkan. Ada juga analisis yang akan dilakukan sehingga segmentasi/niche market kamu terlihat. Analisis ini dapat membantu kamu untuk lebih memahami karakter penggemar atau pengikutmu di Facebook.

Metrik keterlibatan dapat dilihat dalam rangkuman keseluruhan atau untuk beberapa pos tertentu saja. Ini bisa membantu kamu memahami jenis konten apa yang paling sesuai dengan segmentasimu. Hal ini biasa disebut dengan niche market dan niche topic. Jadi kamu bisa menganalisis nilai posting yang sudah dipromosikan. Ada metrik lebih lanjut soal penayangan video, aktiitas yang terjadi pada halaman Facebook dan seberapa besar jangkauan post kamu.

Tingkat detail dari analisisnya menurut kami cukup mengesankan. Tool ini bisa dijadikan analisis paling mendasar yang seharusnya tidak dilewatkan sebelum kamu pakai tools analytic lainnya di internet.

Source: dewaweb 

Tinggalkan Balasan