7 Cara Mempercepat Performa Mac & MacBook Lama Anda

Cara Mempercepat Performa Mac – Seiring bertambahnya usia Mac Anda, mulai menunjukkan penurunan performa saat digunakan untuk tugas sehari-hari. Aplikasi dan game yang menuntut lebih bahkan mungkin menolak untuk berjalan sama sekali. Terkadang, mungkin Mac Anda hang dan error.

Cara Mempercepat Performa Mac

Berikut 7 cara mempercepat performa Mac dan MacBook lama Anda agar dapat digunakan secara maksimal untuk tugas sehari-hari.

1. Mengoptimalkan dan Menggunakan Aplikasi yang Ringan

Komputer menjadi lebih powerful, saat pengembang software memanfaatkan prosesor yang lebih cepat, lebih banyak RAM, dan grafik 3D yang lebih baik. Meskipun ini masuk akal, hal ini dapat membuat pemilik hardware lama kesulitan.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk Mac lama adalah menggunakan software yang sesuai dengan usianya. Jika Anda menggunakan Chrome atau Firefox, coba beralih ke Safari. Ini khusus untuk Mac, itulah sebabnya ia memiliki energy footprint yang jauh lebih rendah (dan dengan demikian, memberikan masa pakai baterai yang lebih lama) daripada Chrome atau Firefox. Selain itu, juga cenderung lebih sedikit memakan memori dibanding Chrome. Pastikan Anda menjalankan versi Safari terbaru.

Browser Anda bukan satu-satunya aplikasi yang dapat Anda alihkan untuk meningkatkan kinerja. IWork suite Apple tidak diragukan lagi lebih ringan dari Microsoft Office, tidak terlalu menuntut pada sistem, dan sepenuhnya gratis! Terdiri dari Pages word processor, aplikasi spreadsheet Numbers, dan alat presentasi Keynote. LibreOffice adalah opsi pengganti Microsoft Office tanpa embel-embel lainnya.

TERKAIT : Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

Untuk pengeditan foto, Anda tidak bisa mengalahkan Adobe Photoshop untuk fitur-fiturnya. Namun, fitur-fitur tersebut ada pengorbanannya — baik untuk dompet Anda maupun kinerja Mac Anda. GIMP adalah alternatif open-source gratis, dengan fitur yang jauh lebih sedikit, tetapi dapat melakukan sebagian besar tugas pengeditan pada Photoshop.

Jika GIMP belum sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, cobalah uji coba gratis Affinity Photo atau Pixelmator Pro  dan bandingkan kinerjanya.

2. Pastikan Memiliki Free Space pada Disk Mac Anda

1. 7 Cara Mempercepat Performa Mac MacBook Lama Anda

MacOS membutuhkan ruang kosong untuk bernapas, bisa dengan mempertahankan buffer ruang kosong pada boot disk. Tidak ada aturan pasti mengenai berapa banyak ruang kosong (free space) yang dibutuhkan komputer Anda pada saat tertentu — Apple tidak pernah membuat rekomendasi khusus. Namun, kami menyarankan untuk selalu mengosongkan sekitar 10 persen dari ruang disk yang tersedia.

Jika Anda mendapatkan pesan peringatan bahwa komputer Anda mulai kehabisan space, saatnya untuk melakukan sesuatu pengosongan dengan menghapus software yang tidak terpakai dan file lama Anda. Saat Mac Anda kehabisan space, Mac tidak dapat melakukan tugas rutin, seperti download dan membuka paket update macOS. Masalah ini dapat memengaruhi Mac dari segala usia.

Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan lebih banyak ruang di Mac Anda. Pertama, hindari menyimpan backup iPhone atau iPad di Mac Anda — sebagai gantinya gunakan iCloud. Anda juga dapat mengaktifkan Foto iCloud untuk menyimpan gambar dan video ukuran besar di cloud, sambil menyimpan versi yang lebih kecil dan dioptimalkan pada disk lokal Anda.

Memindahkan backup dan media dari Mac Anda akan menghasilkan banyak ruang kosong, tetapi ada hal lain yang perlu dicoba. Telusuri folder “Applications” Anda dan hapus aplikasi yang tidak diperlukan.

Juga, kosongkan folder Download Anda secara teratur, atau beri tahu macOS untuk melakukannya secara otomatis dengan mengklik Finder > Preferences > Advanced, lalu pilih opsi “Remove Items from Tash after 30 days”.

Anda mungkin juga memiliki file besar di disk boot komputer Anda yang telah Anda lupakan. Untungnya, macOS dapat membantu Anda menemukannya. Cukup klik menu Apple, lalu klik “About This Mac”. Klik tab “Storage”, lalu klik “Manage”. Jendela baru akan muncul. Klik “Documents” di sidebar untuk melihat daftar file besar yang ada di drive Anda yang menghabiskan ruang disk.

3. Instal ulang macOS

2. 7 Cara Mempercepat Performa Mac MacBook Lama Anda

Bagi banyak orang, macOS yang andal adalah alasan mereka membayar mahal hardware Apple. Namun, macOS bisa macet setelah digunakan bertahun-tahun — sesuatu yang lumrah seperti halnya Windows.

Dengan memformat Mac Anda dan menginstal ulang macOS, Anda akan menghapus semua sampah yang timbul selama bertahun-tahun digunakan.

Ini tidak hanya akan menghemat ruang disk, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk memulai yang baru. Penting untuk ditekankan bahwa Anda tidak perlu melakukan ini secara teratur. Anda kemungkinan besar akan mendapat manfaat ini jika Anda menginstal banyak aplikasi atau melakukan tweak sistem.

TERKAIT: Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

4. Pertimbangkan SSD dan Upgrade RAM

3. 7 Cara Mempercepat Performa Mac MacBook Lama Anda

Bergantung pada usia Mac Anda, Anda mungkin tidak memiliki solid-state drive (SSD). Tidak seperti hard disk drive (HDD) tradisional, yang menggunakan pelat berputar dan lengan yang dapat ditarik, SSD menggunakan memori flash untuk meningkatkan kecepatan dan performa.

Meskipun sebagian besar notebook Mac yang dibuat dalam dekade terakhir memiliki SSD, model seperti iMac dan Mac mini tidak memilikinya. Tapi dilengkapi dengan Drive Fusion, yang menggabungkan sejumlah kecil memori flash dengan hard drive tradisional. Meskipun hemat biaya, hal iniini seringkali tidak lebih baik dari hard drive standar.

Meninggalkan hard drive untuk mendukung SSD dapat menghasilkan peningkatan kinerja yang sangat besar. iFixit adalah salah satu sumber daya terbaik untuk ini. Untuk memulai, lihat saja  model Anda  untuk mengetahui apa saja yang diperlukan untuk peningkatan versi. Jika Anda tidak tahu model mana yang Anda miliki, Anda dapat menemukannya di komputer Mac Anda dengan mengklik Apple> About This Mac.

Jika Anda memiliki iMac atau Mac mini, mengupgrade RAM relatif tidak merepotkan. iMac memiliki slot di bagian belakang untuk menambah memori, sedangkan Mac mini memungkinkan akses ke internal melalui kompartemen di bagian bawah unit.

Namun, penting bagi Anda untuk membeli memori yang tepat. Biasanya menyesuaikan kecepatan RAM yang ada dengan yang baru. Untuk memeriksa spesifikasi memori Anda saat ini, klik Apple> About This Mac> System Report. Kemudian, klik tab “Memory” untuk melihat berapa banyak RAM yang terpasang, pada kecepatan berapa ia berjalan, dan statusnya saat ini.

Sayangnya, jika Anda memiliki MacBook, Anda mungkin kurang beruntung, karena RAM telah disolder ke logic board pada sebagian besar model MacBook sejak 2012 .

5. Gunakan OS Linux

4. 7 Cara Mempercepat Performa Mac MacBook Lama Anda

Jika Anda menggunakan Mac untuk macOS, beralih ke Linux mungkin tidak terlalu menarik. Jika Anda ingin menghidupkan kembali mesin lama atau mencari fungsi baru, Linux adalah pilihan yang bagus.

Sayangnya, memilih varian Linux bisa jadi sulit. Ubuntu juga merupakan pilihan yang baik untuk Mac karena biasanya berfungsi “out of box”. Anda juga tidak perlu menjelajahi web selama bertahun-tahun untuk mencari driver sound atau network.

Jika Mac Anda benar-benar tua, Anda mungkin menginginkan distro yang lebih ringan. Opsi seperti Lubuntu , Linux Mint , atau Puppy Linux berfokus secara eksklusif pada kinerja. Dengan ini, Anda mungkin harus berusaha lebih keras agar semuanya berfungsi. Namun, setelah itu, Anda akan memiliki mesin yang sangat responsif dengan sedikit overhead.

Terakhir, ada  OS Dasar . Distro Linux ini berusaha keras untuk menghadirkan estetika seperti Mac. Memiliki dok, “App Store”, kontrol orang tua, dan bahkan shortcut keyboard mirip macOS yang akan mempercepat Anda dalam waktu singkat. Anda dapat menginstal semua distro Linux ini pada stik USB dan mencobanya.

6. Ketahui Batasan Mesin Anda

5. 7 Cara Mempercepat Performa Mac MacBook Lama Anda

Menggunakan Mac lama seperti mengendarai mobil tua. Untuk hasil terbaik, Anda harus bekerja dalam batasan mesin. Ini bisa menjadi hal yang baik. Setelah Anda memahami apa yang Mac Anda tidak lagi mampu lakukan, Anda dapat menghindari menggunakannya untuk tujuan tertentu.

Anda bisa membuang semua ekstensi browser dan membatasi situs web yang memakan sumber daya, seperti Facebook. Anda juga bisa membuka tab browser sedikit mungkin.

Mempelajari cara menggunakan Monitor Aktivitas untuk mengisolasi dan menghentikan proses di background cukup bermanfaat.

7. Ketahui Kapan Harus Upgrade

6. 7 Cara Mempercepat Performa Mac MacBook Lama Anda

Jika Mac Anda berdampak negatif terhadap produktivitas Anda atau bahkan menghambat tugas Anda, inilah saatnya untuk melakukan upgrade.

Meskipun pemilik Windows dapat menukar komponen PC lama secara bertahap, ekosistem Apple tidak ramah untuk upgrade. Selain beberapa upgrade yang dapat Anda selesaikan sendiri, sifat kepemilikan Mac berarti satu-satunya rute Anda ke depan biasanya adalah mesin baru.

Untungnya, Anda masih memiliki beberapa opsi yang dapat menghemat uang Anda. Pasar Mac bekas menawarkan penghematan besar pada mesin lama, tetapi jangan berharap harga terendah — hardware Apple cenderung mempertahankan nilainya.

Apple juga memiliki program yang diperbarui , yang menjual model yang sedikit lebih tua yang telah diperbarui oleh para insinyur Apple. Mesin dilengkapi dengan garansi penuh dan juga memenuhi syarat untuk AppleCare.

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here