Kamis, Juni 4, 2020
Beranda Marketing 6 Tips Marketing Saat Ada Penolakan dari Customer

6 Tips Marketing Saat Ada Penolakan dari Customer

Para pebisnis harus siap mental untuk dihadapkan pada pokok permasalahan utama setiap bidang usaha yaitu pemasaran produk. Karena besar atau kecilnya bisnis yang akan kamu jalani nanti tergantung oleh seberapa kuat lini pemasaran dan penjualan produk atau jasamu kepada masyarakat.

Dan yang paling sering dialami oleh para pebisnis baik itu besar maupun kecil, yaitu suatu kondisi kegelisahan akan penolakan dari calon customer terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan kepada mereka. Lantaran penolakan seperti ini sangat ampuh untuk menurunkan serta menjatuhkan mental kita dalam menjalani bisnis tersebut. Oleh karenanya berikut beberapa tips marketing yang bisa dijadikan modal untuk para pengusaha guna mengatasi penolakan dari para calon customer.

1. Target Jangka Panjang

Sebuah target individual juga dapat membantumu membentuk kepercayaan diri dalam mengatasi penolakan dalam penjualan, karena dengan menciptakan suatu tujuan atau target dalam berbisnis maka sesungguhnya kamu telah membangun sebuah garis bisnis yang mesti kamu capai, agar usahamu bisa meraih kesuksesan. Hal ini pastinya bisa membantumu untuk senantiasa fokus serta bertahan dalam upayamu meraih kesuksesan tanpa harus merasakan takut terhadap tantangan penolakan produk atau jasa tersebut.

2. Rasio Penjualan

- Advertisement -

Penolakan adalah suatu kondisi yang tak dapat dihindari oleh para penggiat usaha, karena sudah bukan hal yang mengherankan lagi apabila tidak semua orang menyukai dan membutuhkan produk atau jasa yang tengah kamu jual. Dalam melakukan pemasaran serta penjualan terhadap suatu produk atau jasa, perlu adanya pengetahuan dan pemahaman terhadap seberapa besar rasio penjualan yang dilakukan oleh perusahaanmu.

Cobalah untuk memperhitungkan rasio penjualan yang telah kamu lakukan selama sebulan, kemudian bandingkan antara penolakan produk yang kamu alami dengan keberhasilan meraih pelanggan yang telah kamu lakukan, dengan cara ini maka kamu akan melihat bahwa telah begitu banyak penolakan yang telah kamu alami dalam kurun waktu satu bulan, dan ternyata hal ini tidaklah berpengaruh apa-apa terhadap kelangsungan hidup perusahaanmu. Dan tanpa kamu sadari sebuah rasa percaya diri akan timbul dengan sendirinya.

3. Bangun Hubungan Baik Kepada Customer

Mengalami sebuah penolakan akan produk atau jasa yang kamu tawarkan oleh para pelanggan berpotensi bukan berarti bahwa mereka tidak akan pernah bisa menjadi klienmu. Oleh karenanya tetaplah pada usahamu untuk membangun komunikasi yang intens terhadap para pelanggan, hubungilah mereka setiap pagi hari hanya sekedar untuk mengucapkan salam pagi atau sebuah dorongan untuk bersemangat dalam menjalani rutinitas. Hal ini bisa membuat pelanggan tersentuh dan selalu mengingat nama serta branding usahamu.

Selain itu hal ini juga bisa membuatmu semakin terbiasa untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan yang pastinya membuatmu semakin terbiasa menghadapi penolakan.

4. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

- Advertisement -

Kebanyakan para pebisnis kerap menyalahkan diri mereka sendiri, ketika mengalami kegagalan dan penolakan terhadap produk atau jasa yang mereka jual. Padahal hal tersebut tidaklah benar, tetaplah untuk selalu berprasangka baik terhadap diri sendiri karena kegagalan tidaklah selalu berasal dari kelemahan diri, melainkan juga berasal dari faktor-faktor pendukung lainnya. Jadikanlah kegagalan bukan sebagai akhir dari perjalanan dirimu untuk menggapai impian, melainkan sebagai suatu kesempatan untuk belajar dan memahami kembali kelemahan serta kelebihan produk atau jasa yang perusahaanmu jual.

5. Percaya Diri Kepada Setiap Pencapaianmu

Buatlah sebuah jurnal, dimana didalamnya terdapat catatan pencapaian target yang telah kamu dapatkan hari demi hari. Hal ini bisa membuatmu lebih percaya diri dengan melihat berbagai hal yang telah berhasil kamu raih selama ini. sehingga tak perlu lagi ada yang namanya ketakutan dalam menghadapi penolakan.

6. Berbicaralah dengan Entrepreneur Lainnya

Ketika mengalami keputus asaan dan kelelahan terhadap penolakan-penolakan tawaran yang telah kamu lakukan, ada baiknya kamu untuk mencoba berbicara dan berkonsultasi kepada sesame pengusaha untuk mengetahui bagaimana cara mereka untuk tetap fokus dan bersemangat dalam menjalani bisnis meski kerap mendapatkan penolakan.

Dengan mengetahui dan belajar dari pengalaman penolakan yang telah mereka alami, maka kamu akan semakin bersemangat dan termotivasi untuk terus melanjutkan usahamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POS TERBARU

10 Tips Berkomunikasi yang Efektif di Media Sosial

Saat ini, pengaruh media sosial sangat penting dalam kesuksesan bisnis dan marketing. Alasannya untuk memenangkan audiens di dunia yang semakin didominasi oleh media sosial dan...

8 Trik Rahasia Meningkatkan Pengunjung Web dan Blog dengan Cepat

Di awal memulai bisnis, bisa jadi kita akan sangat gencar mempromosikan link web dan blog kita. Bisa ke Twitter, Facebook, bahkan mencantumkannya di kartu...

5 Platform Blogging Gratis Terbaik

Saat ini sudah banyak usaha kecil dan pengusaha internet memulai blogging tanpa mengeluarkan banyak uang alias gratis. Ada kelemahan menggunakan platform blog gratis, yaitu...

Cara Menghasilkan Uang Dengan Google AdSense

Google AdSense merupakan program periklanan yang memungkinkan Anda mendapatkan bayaran ketika pengunjung mengklik iklan di situs web, blog, atau video YouTube Anda. Iklan yang...

Cara Menggunakan Google Meet

Bagi pekerja kantoran, saat ini Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di ruang rapat yang pengap. Dengan layanan panggilan berbasis konferensi video seperti Zoom...

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Aplikasi Google

Google akhirnya meluncurkan tema Mode Gelap/Dark Mode pada aplikasi pencarian baik di Android maupun iOS. Perusahaan telah memulai untuk melakukan pembaharuan untuk dapat menjangkau...

Cara Membatalkan Meeting di Zoom

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas  Cara Mengatur Jadwal Meeting di Aplikasi Zoom untuk meningkatkan produktifitas kerja. Sekarang kita akan melakukan bagaimana Cara Membatalkan Meeting...

POPULER