Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Tekno Aplikasi 5 Tips Mendapatkan Lebih Banyak Views di YouTube

5 Tips Mendapatkan Lebih Banyak Views di YouTube

- Advertisement -

Pada artikel ini, kita akan mempelajari lima tips mendapatkan lebih banyak views di YouTube untuk meningkatkan pendapatan AdSense YouTube Anda.

Dasar-dasar Algoritma YouTube

Dasar-dasar Algoritma YouTube

Mungkin ada ratusan, jika tidak ribuan faktor yang membantu meningkatkan tayangan (views) video Anda di YouTube, tetapi ada dua faktor yang jauh lebih penting daripada yang lain. Ini adalah click-through rate (CTR) dan rata-rata tingkat retensi audiens.

- Advertisement -

Click-Through Rate (CTR) adalah persentase orang yang mengklik video Anda ketika mereka melihatnya di layar. Rata-rata tingkat retensi audiens adalah persentase video yang ditonton audiens Anda, yang dirata-ratakan di semua sesi yang ditonton.

Jika Anda dapat meningkatkan nilai-nilai ini, video Anda akan lebih banyak direkomendasikan. Itu berarti lebih banyak tayangan, lebih banyak klik, lebih banyak tampilan, dan lebih banyak pendapatan.

1. Buat Thumbnail Yang Menarik 

Thumbnail YouTube paling banyak mendorong perhatian dan untuk mendapatkan klik terbanyak dari audiens. Jadi, bagaimana Anda membuat thumbnail yang menarik? Pertama, memasukkan teks. Teks Anda harus mengambil dua pertiga gambar dan unakan kata-kata buzz yang relevan sesuai audiens Anda.

Jangan gunakan clickbait sehingga orang akan langsung meninggalkan video Anda dan berakibat retensi pemirsa menurun. Ambil topik yang menurut Anda menarik perhatian orang, lalu sertakan topik itu ke dalam teks.

Buat Thumbnail Yang Menarik 

Inilah contoh thumbnail yang menarik dari akun YouTube Dedy Corbuzier. 

  • Pilih warna latar belakang yang cerah
  • Pilih warna teks yang kontras
  • Gunakan dua pertiga untuk teks, sepertiga untuk ekspresi wajah atau konteks topik

Dengan membuat thumbnail ini, Anda akan meningkatkan CTR secara drastis. Meningkatkan CTR itu bagus artinya untuk setiap tayangan yang didapat video Anda, Anda akan mendapatkan lebih banyak penayangan.

- Advertisement -

Misalnya, video yang mendapat 100.000 tayangan dengan CTR 5% akan mendapatkan 5.000 penayangan, sementara CTR 12% akan memberi Anda 12.000, peningkatan penayangan sangat besar 140%.

Untuk kiat lainnya, mulailah mencoba pengujian A / B dengan setiap video untuk menguji warna dan latar belakang yang berbeda. Setelah Anda menemukan pilihan yang cocok, tetaplah menggunakannya – sehingga pemirsa menyukai konsistensi konten YouTube Channel Anda.

2. Libatkan Audiens Anda

Untuk memastikan video Anda direkomendasikan kepada lebih banyak orang, waktu tontonan rata-rata penonton harus setinggi mungkin. Video yang berdurasi 5 hingga 12 menit akan tampil lebih baik daripada video yang tayang kurang dari 5 menit. 

Namun, panjang video tidak masalah jika lebih banyak penonton yang melihat YouTube Anda. Jadi, kita perlu memastikan agar orang dapat terlibat secara langsung. Untuk melakukan ini, jangan keluar dari topik. Berikan bukti mengapa video-video Anda dapat dipercaya, lalu langsung ke intinya. Hindari intro yang berbelit-belit, hindari Roll-B yang panjang, dan jangan membuang waktu untuk meminta like dan subscribe.

(Roll-A dan Roll-B adalah kombinasi scene primer dan sekunder untuk men-support mood dan men-delivery pesan secara optimal pada produksi film, video atau multimedia apapun.)

 

Singkatnya:

  • Langsung ke topik ASAP
  • Jelaskan keahlian Anda dengan cepat
  • Goda pemirsa dengan konten yang menarik, lalu arahkan langsung ke dalam video.
  • Lebih sedikit Rolls-B, intro, atau memohon like maupun subscribe.

3. Monitor Retensi Audiens Anda

Kita dapat menggunakan laporan retensi pemirsa (audience retention) untuk mengetahui mengapa orang meninggalkan video Anda. Untuk menemukannya, klik video apapun pada dasbor Anda. Kemudian, klik analytics pada halaman video terpisah. Setelah itu, klik tab engagement.

Di sini kita bisa melihat laporan retensi audiens. Ingat, semakin baik retensi audiens Anda, semakin besar peluang video Anda direkomendasikan. Kita lihat contoh dua laporan berikut – satu untuk video yang berkinerja baik dan satu lagi ada beberapa masalah potensial. Dari pengalaman, video dengan retensi minimal 45% atau lebih tinggi memiliki kinerja yang sangat baik dibandingkan dengan video yang retensi audiens dibawah 45%.

Audience Retention

4. Bangun Audiens Yang Loyal

Setiap audiens adalah manusia nyata. Sematkan komentar dan sarankan kepada audiens Anda untuk berkomentar dan membagikan pendapat mereka. Berinteraksilah dengan mereka dan bicaralah dengan mereka.

Saat Anda lebih banyak menjalin komunikasi dengan audiens, Anda memiliki start yang lebih baik setiap kali Anda memposting video. Audiens Anda akan setia untuk lebih terlibat, sehingga mendorong retensi audiens Anda.

5. Temukan Waktu yang Tepat untuk Memposting Video Anda

Waktu terbaik untuk memposting video Anda adalah waktu dimana Anda memposting video secara konsisten. Konsistensi adalah kunci untuk membangun audines setia yang akan selalu ada untuk menonton video channel YouTube Anda. Biasanya waktu yang tepat untuk mengupload video adalah di sore hari untuk wilayah yang paling populer. 

Terima kasih telah membaca 5 tips mendapatkan lebih banyak views di YouTube. Semoga tips ini membantu mengembangkan channel YouTube Anda lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU