Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Marketing Blogging 5 Platform Blogging Gratis Terbaik

5 Platform Blogging Gratis Terbaik

- Advertisement -

Saat ini sudah banyak usaha kecil dan pengusaha internet memulai blogging tanpa mengeluarkan banyak uang alias gratis. Ada kelemahan menggunakan platform blog gratis, yaitu Anda memiliki kontrol yang sangat terbatas terhadap konten dan mungkin sulit untuk mengunduh atau mengekspor jika ingin beralih ke platform blogging yang di-host-sendiri. Penting untuk memutuskan skala prioritas: harga atau fleksibilitas.

Secara umum jika Anda hanya mencari tempat untuk mengekspresikan pikiran Anda dan tidak memiliki niat komersial, maka platform blogging gratis adalah pilihan tepat. Namun, jika Anda memiliki niat untuk menghasilkan uang secara online  maka Anda harus menggunakan solusi dengan blogging berbayar.

Pertimbangan besar lainnya adalah apakah Anda memulai blog untuk menghasilkan uang secara online atau tidak. Jika Anda berencana memiliki blog dengan maksud komersial, banyak platform blog gratis dengan fungsi terbatas atau tidak cukup fleksibel untuk mendukung semua alat yang diperlukan untuk memasarkan dan menjual secara online.

- Advertisement -

Beberapa platform ada yang gratis dan ada juga yang menawarkan layanan premium dengan biaya. Berikut adalah lima platform paling populer yang digunakan oleh Blogger seluruh dunia.

1. WordPress

Platform blogging terpopuler di dunia, WordPress menawarkan platform blogging gratis dan premium. Meskipun WordPress gratis, Anda harus membeli  hosting web  jika Anda mengunduh dari WordPress.org. Untuk membuat blog versi gratis, kunjungi WordPress.com. WordPress.com menawarkan serangkaian besar tema gratis dan kemampuan untuk menyesuaikan situs / blog Anda.

Manfaat Platform WordPress.com:

  • Kemampuan untuk menggunakan domain khusus (meskipun ada biaya tahunan)
  • Semua perawatan diurus Anda: keamanan, peningkatan, filter spam, dan cadangan
  • Satu set tema blog gratis
  • Platform yang familiar dengan banyak blogger, sehingga banyak yang membahas tutorial WordPress.

Cara memulai WordPress.com

- Advertisement -

Kunjungi WordPress.com dan buatlah akun gratis Anda. Anda harus memikirkan nama domain Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan versi yang sepenuhnya gratis, URL situs Anda akan terlihat seperti ini: yourdomain.wordpress.com. Pemilihan nama domain adalah bagian penting dari brand Anda dan Anda harus mempertimbangkan saat  memilih nama domain Anda.

Setelah blog Anda aktif, Anda harus mulai mengarahkan traffic ke blog Anda dengan konten yang menarik dan berkualitas.

Sekali lagi, jika Anda memiliki niat komersial atau ingin menghasilkan uang dengan blog Anda, Anda harus menggunakan WordPress.org yang di-hosting sendiri. Ini berarti bahwa Anda akan membeli paket hosting pemula yang biasanya dapat Anda peroleh di bawah $ 10,00 sebulan dan menginstal WordPress di host Anda sendiri.
Keuntungan memiliki WordPress versi self-host adalah Anda memiliki aset, sehingga Anda dapat mengumpulkan kontak dalam bentuk alamat email atau menempatkan iklan bergambar jaringan iklan premium di situs Anda saat Anda mendapatkan lebih banyak traffic website.

2. Blogger

Blogger adalah platform blog gratis milik Google. Jutaan blog dijalankan melalui platform gratis ini.

Manfaat Blogging dengan Blogger.com:

  • Pengaturannya yang mudah
  • Banyak template dan desain gratis
  • Tidak perlu tahu atau menggunakan kode khusus

Cara memulai dengan Blogger

Kunjungi Blogger.com dan siapkan akun gratis Anda. Jika Anda sudah memiliki akun Google (Gmail, YouTube, dll), gunakan akun Google tersebut untuk menautkannya dengan blog Anda.

Setelah membuat akun gratis, Anda bisa langsung mendesain blog Anda. Dalam beberapa jam, Anda akan dapat mempublikasikan postingan pertama Anda.

Blogger paling cocok untuk blog informasi dan untuk orang yang menginginkan platform tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Fungsi e-commerce terbatas pada platform ini dan bukan solusi yang tepat untuk aktivitas bisnis.

3. Tumblr

Blogging menggunakan Tumblr mungkin salah satu cara termudah untuk memulai blogging. Fungsionalitasnya cukup terbatas sehingga Anda dapat mulai blogging segera. Karena cara pengaturan platform ini gabungan antara Twitter dan WordPress sehingga dianggap sebagai platform micro-blogging, Anda bisa membuat blog hanya berupa kalimat atau disertasi lengkap – terserah Anda. Banyak blog Tumblr fokus pada berbagi (me-reblog) foto dengan tema tertentu.

Manfaat Blogging di Tumblr.com:

  • Menggunakan domain khusus
  • Blog langsung dari perangkat seluler, desktop, atau melalui email
  • Nikmati traffic bersama dari jaringan Tumblr – membuka konten Anda ke dalam audiens yang sangat besar

Cara memulai Blogging dengan Tumblr.com

Kunjungi Tumblr.com dan siapkan akun gratis Anda. Klik “Daftar” untuk memulai blogging. Akan lebih baik untuk meluangkan waktu mempelajari cara kerja situs.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Tumblr untuk blog Anda, saya merekomendasikan menggunakan situs web terpisah untuk halaman bisnis utama Anda. Pada dasarnya Anda akan memiliki situs web utama untuk keperluan bisnis dan menggunakan Tumblr blog sebagai sumber lalu lintas (traffic) ke situs web utama Anda.

4. Wix.com

Wix biasanya dianggap sebagai pembangun situs web (website builder), dan memiliki program premium berlangganan setiap bulan. Selain paket premium, Wix memiliki platform blog gratis yang didukung oleh iklan Wix.

Cara memulai Wix.com

Buka Wix.com/start/blog dan klik ” create your own blog.” Anda dapat membuat akun dengan email Anda atau Facebook atau akun Google Anda. Setelah itu akan diarahkan ke halaman pertanyaan untuk Anda lengkapi.
Anda dapat memilih berbagai opsi penyesuaian antarmuka yang mudah digunakan. Untuk keperluan bisnis Anda bisa meningkatkan menjadi Wix premium dengan menghubungkan nama domain Anda sendiri dan menghapus iklan. Tetapi Anda tidak harus melakukannya untuk membuat blog Anda bisa online.

5. Medium.com

Medium.com adalah platform blogging yang relatif baru yang tumbuh dengan cepat dan makin popular. Platform Medium sangat minimalis dengan fokus pada kualitas konten dan sudut pandang yang ditulis.

Cara memulai Medium.com

Cukup buka Medium.com dan klik tombol Masuk / Daftar. Anda dapat membuat akun menggunakan akun media sosial yang ada termasuk Twitter, Facebook, dan Google.

Saat Anda mendaftar menggunakan akun Facebook atau Twitter, secara otomatis mengimpor followers Anda ke jaringan di Medium. Mirip dengan Tumblr, saya tidak akan merekomendasikan penggunaan Medium sebagai tempat utama bisnis online Anda, tetapi mempertimbangkan sebagai sumber lalu lintas (traffic); ngeblog untuk menjangkau pemirsa baru yang tidak tahu tentang bisnis Anda – dan arahkan mereka kembali situs web Anda.

Artikel ini berfokus pada platform blogging paling populer / terbaru, padahal ada ratusan bahkan ribuan pilihan platform blogging lainnya. Beberapa opsi lain yang ingin Anda lihat meliputi SquareSpace.com, Web.com, Yola, Weebly, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU