5 Cara Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Jika saat ini kita belum memiliki pelanggan yang rutin datang untuk membeli produk kita, maka kita harus berusaha menemukan mereka. Apa yang harus kita lakukan agar bisa menemukan mereka? Berikut 5 Cara Menciptakan Loyalitas Pelanggan yang wajib kita lakukan.

1. Mencari Tahu

Lakukan observasi terhadap permasalahan yang kita hadapi menggunakan sudut pandang baru. Catat setiap hal yang bisa ditemukan, yang dapat menjadi bahan analisis kita untuk memecahkan permasalahan.

Contoh kasus, produk sudah menjawab kebutuhan pelanggan, tetapi masih tidak ada pelanggan loyal. Maka, yang harus kita lakukan adalah berpikir dari sudut pandang pelanggan. Apakah pelayanan penjualan kita kurang memuaskan? Bagaimana ekspresi pelanggan ketika berada di lokasi bisnis kita? Apakah mereka gembira atau kecewa?

Amati ketika mereka menggunakan produk kita. Adakah keluhan yang mereka sampaikan setelahnya? Perhatikan pula produk apa yang terakhir mereka beli, kemudian tidak lagi? Pertanyaan-pertanyaan di sini hanya sebagian kecil. Kita bisa menyesuaikannya dengan permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini.

2. Investigasi

Bertanyalah pada tim kerja kita, bagaimana praktik penerapan pelayanan terhadap konsumen yang telah dilakukan? Catat semuanya. Jika masih ada hal yang kurang, beri tanda dan pikirkan solusi terbaik untuk mengatasinya. Setelahnya, kita juga perlu bertanya pada konsumen mengenai pelayanan yang telah mereka dapatkan. Buat survei, angket, atau polling, untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan, penjualan, ataupun pada saat menggunakan produk kita.

3. Membuat Perencanaan

Identifikasi permasalahan utama dan membutuhkan penanganan dan perhatian khusus, terutama yang kita anggap sebagai penyebab tidak adanya pelanggan loyal dalam bisnis kita. Misalnya, ada beberapa masalah yang ternyata terungkap setelah melakukan investigasi.

  • Pelayanan dari bagian penjualan kurang ramah.
  • Suasana toko/kedai/kafe/rumah makan—kita bisa menyesuaikan dengan bidang bisnis yang kita jalankan—panas dan pengap sehingga membuat pelanggan tidak betah.
  • Tampilan website yang buruk sehingga pelanggan malas berkunjung, apalagi berbelanja di toko online milik kita.
Baca juga  8 Hal Penting Yang Selalu Diinginkan Oleh Konsumen

Setelah menyusun masalah yang ada berdasarkan urutan prioritas, rancanglah sebuah rencana untuk mengatasinya.

Pelayanan dari bagian penjualan kurang ramah.

  • Memberi peringatan maupun pengarahan untuk memperbaiki sikap dalam melayani pelanggan kepada karya wan yang bertanggung jawab.
  • Mengganti posisi-posisi tertentu dengan orang baru yang lebih potensial.
  • Suasana tempat usaha kurang nyaman.
  • Memasang penyejuk ruangan.
  • Memperbaiki penerangan dan tampilan perabot.
  • Mendesain ulang interior

Tampilan website buruk.

  • Mencari tenaga ahli yang bisa memperbaiki tampilan website yang buruk.
  • Membentuk tim IT yang bertugas menangani semua permasalahan yang muncul berkaitan dengan website dan teknologi informasi.

4. Analisis

Lakukan analisis terhadap rencana yang telah kita susun. Untuk karyawan yang kurang mampu melayani pelanggan dengan ramah maka ada baiknya kita mengambil keputusan untuk mengganti karyawan itu. Karyawan yang kurang potensial akan sangat merugikan jika terus dipertahankan. Jika masalah ruangan yang panas, sebenarnya penambahan beberapa penyejuk ruangan sudah bisa mengatasi masalah ini.

Karena penerangan dan perabot sudah tertata baik, mungkin yang perlu dilakukan berikutnya adalah mendekorasi ruangan agar lebih menarik atau menambahkan fasilitas lain yang diperlukan pelanggan.

Misalnya, kedai kopi yang banyak dikunjungi profesional muda biasanya menyediakan stop kontak di setiap meja sehingga para pelanggan bisa bekerja sambil menikmati kopi, nongkrong dengan teman dalam waktu yang lama, dan lain sebagainya.

5. Bertindak

Setelah mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal, segeralah bertindak. Semakin lama kita mengulur waktu, semakin besar peluang pelanggan berpindah ke pesaing, dan hal ini tentu akan sangat merugikan kita. Tindakan lain yang juga bisa di lakukan untuk mendapatkan pelanggan potensial, di antaranya sebagai berikut.

  • Membentuk komunitas berkaitan dengan produk yang kita tawarkan.
  • Menyediakan berbagai fasilitas atau kondisi yang memungkinkan terjadinya repeat order.
  • Menjalin hubungan yang lebih dekat dengan sesekali kita menyapa pelanggan.
  • Meminta karyawan yang bertugas untuk mengenal profil pelanggan yang sering berkunjung. Hal ini membuat pelanggan merasa diingat dan dihargai.
Baca juga  Cara Memasuki Zona Persaingan Dengan Produk Yang Sama

Sumber: 101 Problem Solving for Entrepreneur

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan