20 Pertanyaan Interview yang Perlu Disiapkan Jawabannya

  1. Ceritakan tentang diri Anda

Ini pertanyaan yang umumnya ditanyakan untuk memulai wawancara. Anda tidak perlu menguraikan cerita hidup Anda. Berikan jawaban ringkas yang merangkum gambaran siapa Anda, kualifikasi kunci, kekuatan-kekuatan dan skills Anda. Kemudian, jalin jawaban itu sebagai pernyataan penawaran diri untuk posisi pekerjaan yang Anda inginkan.

  1. Mengapa Anda ingin bekerja di sini?

Pewawancara ingin tahu antusiasme Anda dan yang terpenting adalah seberapa jauh Anda mencari informasi mengenai perusahaan/organisasi itu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memberikan contoh-contoh yang spesifik mengapa Anda tertarik pada perusahaan itu. Lalu, hubungkan ketertarikan tersebut dengan kekuatan/kelebihan Anda, prestasi, skills, dan keyakinan Anda jika pekerjaan tersebut cocok dengan Anda.

  1. Apa kekuatan dan kelebihan Anda?

Pewawancara ingin tahu apa yang Anda bisa dan apakah Anda sesuai dengan posisi yang tersedia. Persiapkan beberapa kekuatan kunci Anda yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan itu. Berikan pula contoh-contoh bagaimana Anda telah sukses di masa lalu. Kekuatan bisa termasuk kemampuan untuk belajar sesuatu dengan cepat, ketenangan saat berada di bawah tekanan, kemampuan mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu, kemampuan bekerja sama dalam tim, atau kemampuan bekerja sendirian.

  1. Apa kelemahan terbesar Anda?

Pewawancara ingin mengukur kesadaran diri Anda. Pada dasarnya, semua orang memiliki kelemahan. Jadi, sebaiknya jangan katakan jika Anda tidak punya kelemahan. Anda bisa juga menghindari penggunaan kata “kelemahan” dan menggantinya dengan “bidang yang perlu ditingkatkan” atau menganggapnya sebagai “tantangan” yang berusaha Anda atasi. Tunjukkan pula kesediaan Anda untuk mengembangkan diri dan menghadapi tantangan. Ubah jawaban Anda menjadi positif.

  1. Apa prestasi terbesar yang pernah Anda capai?

Pewawancara ingin tahu apakah Anda seorang pengejar prestasi dan memastikan kemampuan itu bermanfaat bagi mereka. Pilih dan persiapkan satu atau dua prestasi yang langsung berhubungan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Sebutkan situasinya, tindakan yang Anda ambil, skills yang Anda gunakan, dan hasilnya. Sebutkan hasilnya dalam angka, jika bisa. Kemudian, tunjukkan manfaat yang Anda peroleh bagi posisi itu.

  1. Situasi sulit apa yang pernah Anda hadapi dalam pekerjaan?

Pewawancara ingin tahu apa definisi Anda mengenai “situasi sulit.” Apakah Anda dapat memperlihatkan pendekatan yang logis untuk menyelesaikan masalah? Pilih salah satu situasi sulit yang tidak disebabkan oleh Anda. Jelaskan pendekatan-pendekatan yang Anda lakukan dalam menyelesaikan masalah, termasuk tindakan dan solusi yang Anda terapkan untuk mengatasi masalah itu.

  1. Apa yang Anda suka/tidak suka berkaitan dengan jabatan terakhir Anda?

Pewawancara mencoba mencari tahu apa minat utama Anda. Apakah ada tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan yang ditawarkan ternyata tidak Anda sukai? Fokuslah pada hal-hal tertentu yang Anda sukai dan apa yang Anda pelajari dari hal itu. Cari kesamaannya dengan pekerjaan baru yang sedang Anda lamar. Ketika menyebutkan hal-hal yang tidak Anda sukai, jangan sampai Anda mengkritik atasan di perusahaan lama. Pilihlah contoh yang tidak mencerminkan skills Anda, misalnya ukuran perusahaan. Anda bisa pula menunjukkan sisi positif yang Anda miliki, misalnya tidak suka penyelesaian masalah yang berkepanjangan.

  1. Mengapa Anda ingin meninggalkan atasan Anda yang sekarang?

Ini harus terus terang. Ungkapkan secara positif atasan Anda yang sekarang, tetapi berikan pernyataan bahwa Anda mencari tantangan, tanggung jawab, pengalaman, dan perubahan lingkungan. Jelaskan bagaimana jabatan Anda sekarang tidak lagi menyediakan hal-hal tersebut, sementara posisi yang ditawarkan sekarang memperlihatkan kesempatan untuk berkembang sehingga Anda dapat memaksimalkan potensi dan kekuatan-kekuatan yang Anda miliki.

  1. Apa tujuan Anda untuk masa yang akan datang?

Tujuan adalah bagian yang menarik dari pelamar kerja. Pertanyaan ini didesain untuk menyelidiki ambisi dan rencana pengembangan karier Anda. Komitmen Anda juga diperlukan. Oleh karena itu, jelaskan tujuan Anda, kemampuan untuk belajar dengan cepat, nilai tambah yang Anda miliki, dan niat Anda mengambil tanggung jawab dalam posisi yang ditawarkan demi kemajuan bersama. Hindari pernyataan, “Saya ingin bekerja di perusahaan ini.”

  1. Bagaimana Anda merespons bekerja di bawah tekanan?

Pewawancara ingin melihat apakah Anda memiliki ketenangan, kemampuan menyelesaikan masalah, dan tetap fokus dalam situasi-situasi yang sulit. Berikan contoh ketika Anda menghadapi suatu situasi yang membuat Anda tertekan (yang bukan disebabkan oleh Anda) dan bagaimana Anda menangani situasi itu dengan sikap tenang. Gambarkan konteksnya, bagaimana pendekatan Anda, tindakan yang Anda ambil, dan hasil positifnya. Tunjukkan jika Anda tetap tenang, tetap terkontrol, dan menyelesaikan pekerjaan dengan hasil memuaskan.

  1. Anda menulis di dalam resume bahwa Anda sangat cocok untuk bekerja dalam industri ini. Mengapa?

Pewawancara ingin memeriksa apakah Anda sudah mempertimbangkan keputusan Anda dan punya pengetahuan yang cukup mengenai industri yang akan Anda masuki. Sebutkan sejak kapan dan sudah berapa lama Anda tertarik.

  1. Mengapa Anda memutuskan beralih ke profesi ini?

Pewawancara ingin melihat kemampuan Anda dalam pengambilan keputusan. Ini adalah kesempatan Anda untuk memperlihatkan kemampuan Anda dalam melakukan riset, menceritakan pengalaman kerja Anda, menjelaskan latar belakang pendidikan, menyatakan minat, skills, dan gelar-gelar yang Anda miliki. Anda juga dapat menceritakan satu momen saat Anda menyadari kalau profesi ini adalah profesi yang tepat bagi Anda.

  1. Anda akan memulai dari awal lagi di sini, hampir dalam segala hal.

Bagaimana perasaan Anda menghadapi situasi ini? Pewawancara ingin melihat apakah Anda senang mendapat perintah-perintah atau Anda lebih senang memerintah mereka? Nyatakan bahwa Anda tidak keberatan dan Anda membuka diri untuk belajar serta mengembangkan diri dengan pengetahuan baru dalam industri ini. Tekankan pula bahwa Anda adalah orang yang cepat belajar dan akan menikmati pelatihan (training).

  1. Karena Anda masih kurang berpengalaman di bidang ini, kami tidak dapat membayar Anda setinggi pekerjaan sebelumnya. Bagaimana Anda akan mengatasi penurunan gaji ini?

Pewawancara ingin menilai bagaimana komitmen Anda terhadap pekerjaan ini. Apakah Anda sudah punya pertimbangan dan perencanaan akan perubahan situasi  keuangan? Untuk menjawab pertanyaan ini seharusnya persiapan sudah dilakukan sebelum Anda dipanggil interview. Pewawancara tentu saja tidak mau memperkerjakan orang yang memiliki kemungkinan meributkan masalah gaji dan memiliki kemungkinan besar melakukan resign hanya gara-gara gaji. Jika Anda sudah mempertimbangkan dan merencanakan dengan matang masalah penurunan gaji maka katakan jika Anda mengerti dan sudah mempersiapkan diri. Anda bisa menekankan bahwa gaji pertama Anda akan menjadi insentif agar Anda bekerja lebih keras demi mendapatkan pengalaman serta gaji yang lebih baik di kemudian hari.

  1. Bidang profesi ini sangat berbeda dengan latar belakang Anda (Misalnya, Anda berasal dari organisasi nonprofit, sedangkan profesi ini sangat kompetitif dan berorientasi pada profit). Apa yang membuat Anda berpikir akan sukses dalam profesi ini?
  2. Bagaimana kami bisa yakin Anda tidak sekadar menjadikan pekerjaan/ posisi ini sebagai “batu loncatan” sementara?
  3. Berikan satu contoh ketika hasil pekerjaan Anda dikritik.
  4. Berikan satu contoh ketika Anda tidak sejalan dengan rekan kerja atau atasan Anda. Apa yang Anda lakukan?
  5. Apakah Anda lebih suka bekerja sendirian atau berkelompok? Mengapa?
  6. Bagaimana Anda mengukur performance Anda sendiri?

Source: SEGERA RESIGN & MULAI BISNIS!

Tinggalkan Balasan