12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula Dan Panduannya

Saat ini internet sudah hampir dinikmati oleh semua kalangan. Lebih dari 175 juta orang sudah mempunyai akses internet menurut penelitian WeAreSocial pada awal tahun 2020. Jika dimanfaatkan dengan optimal, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari berbisnis di internet di samping pekerjaan utama. Apa saja ya kira-kira? Simak pembahasan dua belas cara mendapatkan uang dari internet berikut ini.

1. Menjadi kontributor media online

Saat ini, media online sudah menjadi salah satu media utama yang seringkali digunakan oleh mereka yang mempunyai akses internet. Agar tak melewatkan peluang ini, Anda bisa mulai menulis tentang sesuatu yang Anda sukai lalu mendaftarkan diri sebagai kontributor di media online seperti Mojok.coMedium.comKumparan.com, atau IDNTimes.com. Selain menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet, hasil tulisan juga nantinya bisa digunakan sebagai portfolio, lho!

2. Jual Foto dan Video secara Online

Jago dalam fotografi dan bisa menghasilkan gambar-gambar yang bagus? Atau punya skill untuk memproduksi video-video klip? Ternyata dari foto ataupun video, Anda bisa mendapatkan uang. Sebab ada yang bersedia membayar untuk foto ataupun video yang terpasang di internet.

- Advertisement -

Jika berminat memajang foto atau video untuk dijual, beberapa situs penyedia foto atau video berikut bisa Anda gunakan jasanya. Mulai dari Shutterstock.com, Stockfresh.com, Alamy.com, Fotolia.com, Dreamstime.com, Istockphoto.com, FreeDigitalPhotos.net, Bigstockphoto.com, hingga DemandMedia.com.

Uang yang Anda dapat nanti dihitung dari persentase komisi yang ditetapkan platform penyedia berdasarkan setiap foto atau video yang di-download. Komisi setiap platform bervariasi, mulai dari 15-70%. Ya, hitung-hitung lumayan sebagai uang tambahan.

3. Mengelola channel YouTube 

Ya, mengelola channel YouTube juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Bagaimana tidak, berdasarkan penelitian dari WeAreSocial dan Hootsuite per Januari 2020, YouTube saat ini menduduki peringkat pertama sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Beberapa ide konten yang bisa Anda buat adalah tutorial, Do-It-Yourself (DIY), atau video blogging tentang traveling. Tapi ingat, buatlah konten yang sesuai dengan minat ya, karena Confucius pernah mengatakan, “Choose a job you love and you will never work a day in your life.”

4. Menjadi Tutor Online

Jika kalian jago di mata pelajaran tertentu, kalian bisa menjajal jadi tutor online. Dengan cara ini, kalian bisa membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah mereka secara online. Saat ini layanan les online seperti Ruang Guru dan Quipper banyak membuka lowongan untuk tutor online. Kalau memang sudah jago, kalian bisa mendapatkan uang dari internet tanpa modal apa-apa kecuali keahlian kalian.

5. Social Media Evaluator 

- Advertisement -

Serupa dengan survei online, tapi menjadi social media evaluator akan sedikit berbeda pengalamannya. Dengan menjadi social media evaluator, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang ada kaitannya dengan iklan-iklan atau ads yang tayang di media sosial.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda diminta kesediaan waktunya selama 4 jam sehari. Sebab sebagai social media evaluator, Anda dikirimi 20 iklan setiap harinya. Setiap iklannya ada pertanyaan yang harus Anda jawab dan harus selesai dalam satu hari.

Jika berhasil menyelesaikan tugas tersebut, Anda akan mendapatkan uang US$5 yang kalau dirupiahkan mengikuti kurs sekarang kira-kira menjadi Rp65 ribu. Itu berarti dalam sebulan Anda bisa mendapatkan uang  Rp1.950.000 dengan menjadi social media evaluator. Tertarik mau mencoba? Buka saja Appen.com dan  daftarkan diri Anda sebagai social media evaluator.

6. Bekerja sebagai online freelancer

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet adalah bekerja sebagai online freelancer. Anda bisa mengirimkan lamaran secara online untuk menjadi proofreader, desainer, penulis artikel, atau evaluator media sosial. Namun, pekerjaan yang satu ini terkadang membutuhkan orang-orang yang sudah cukup ahli di bidangnya. Jadi, baca persyaratannya terlebih dulu, ya!

7. Menjadi blogger/influencer

Sebelum memutuskan untuk menjalani cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini, sebaiknya Anda mempersiapkan modal terlebih dulu. Contohnya adalah blog, akun media sosial, serta email yang cukup professional. Pasalnya, ketiga hal ini dapat memberi pengaruh pada image ketika Anda dikenal oleh banyak orang. Tentu Anda ingin terlihat kredibel ‘kan di mata para pengikut?

- Advertisement -

Selanjutnya, tentukan niche atau kegiatan apa yang hendak Anda lakukan untuk membangun opini netizen. Apakah Anda ingin dikenal sebagai seorang food blogger, kritikus seni, atau seorang penyanyi? Apapun yang Anda inginkan, pastikan Anda menjadi blogger/influencer yang berprestasi tanpa sensasi, ya! Jika konsep sudah siap, kini Anda harus memahami bagaimana cara membuat blog dan segera eksekusi rencana!

Jika ingin naik kelas dari blogging, kalian bisa mencoba untuk membuat website sendiri. Isi website kalian bisa bermacam-macam, tergantung dari relevansi dan ketertarikan kalian. Jika website kalian sudah jadi, daftarkan ke Google AdSense agar bisa mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di website kalian. Semakin banyak orang yang mengunjungi website kalian, semakin besar potensi untuk mendapat uang yang banyak dari Google.

8. Menjual produk yang hanya dijual secara online 

Menjadi kreatif tak melulu ketika seseorang berhasil menciptakan hasil karya seni. Tapi, Anda juga bisa menciptakan produk yang dapat berfungsi bagi banyak orang. Contohnya adalah ebook bagi Anda yang suka menulis, aplikasi bagi Anda yang menyukai coding, komik bagi Anda si ilustrator, atau foto professional bagi Anda yang bisa menangkap gambar dari perspektif unik.

Selain kemudahan, ide berbisnis ini juga tak memerlukan ruang untuk menyimpan barang dan Anda tak perlu memikirkan jumlah stok barang karena produk ini tidak diperjualbelikan secara fisik.

9. Mengikuti giveaway atau lomba

Last but not least, cara mendapatkan uang dari internet ini adalah salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan. Namun, Anda harus pintar-pintar mencari informasi. Pasalnya, tak semua giveaway memberikan hadiah yang Anda butuhkan atau inginkan.

Di sisi lain, tak semua lomba juga bisa Anda ikuti. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan setiap persyaratan yang ada. Tapi jika Anda sudah menemukan lomba atau giveaway dengan hadiah incaran, jangan ragu untuk melakukan yang terbaik, ya!

10. Isi survei online

Saat ini ada beberapa situs yang menawarkan survei online berbayar. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang ingin mengetahui opini tentang produk terbaru mereka.

Tapi kalian harus berhati-hati karena ada beberapa layanan yang meminta detail rekening bank terlebih dahulu saat pendaftaran. Jika ragu dengan keamanan dan reputasi situs yang ingin kalian gunakan, sebaiknya riset lebih dalam lagi. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu mengisi survei-survei yang ingin diisi. Setelah itu, ada poin sebagai reward karena Anda telah menyelesaikan survei online tersebut. Poin-poin yang Anda kumpulkan ini nantinya bisa ditukarkan dengan uang. Cocok bukan buat jadi kerja sampingan?

Berminat untuk berpartisipasi dalam survei online? Anda bisa mendaftarkan diri ke beberapa situs survei online yang dijamin memberikan bayaran, seperti ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, OpinionWorld, GlobalTestMarket, Mobrog, dan SurveyOn.

11. Buat Artikel SEO Friendly yang Populer di Internet

Tahukah Anda beberapa situs atau website bisa begitu populer dikarenakan adanya artikel atau content? Bukan sembarang artikel yang buat situs online dilihat banyak pengunjung, melainkan artikel yang SEO friendly yang memicu terjadinya peningkatan traffic kunjungan.

Perlu Anda tahu pada era digital yang kian pesat saat ini banyak perusahaan atau individu yang ingin punya situs sendiri. Selain menonjolkan visualisasi yang bagus, mereka juga membutuhkan artikel untuk mengisi situs mereka dengan tujuan mendatangkan traffic. Sudah tentu situs atau website dengan traffic tinggi selalu muncul di halaman pertama Google.

Bagi Anda yang punya bakat, gemar, dan mampu menulis, membuat artikel SEO friendly bisa jadi pilihan untuk mendapatkan uang di internet. Harga artikel SEO friendly bervariasi. Mulai dari Rp50.000 per artikel untuk 600 kata hingga Rp100.000 per artikel. Rata-rata perusahaan asing mau membayar mahal ketimbang perusahaan lokal.

Untuk memahami bagaimana membuat artikel SEO friendly, Anda bisa cari tahu di blog-blog situs yoast.com, kissmetrics.com, atau dengan menelusuri di Google. Kalau berminat mendapatkan uang dari buat artikel SEO friendly, Anda bisa ambil proyek-proyek freelance di Freelancer.co.id, Upwork.com, Guru.com, Projects.co.id, dan Sribulancer.com.

12. Dropshipping

Jika ada yang belum mengenal dropshipping, ini merupakan istilah keren untuk kegiatan membantu menjual barang orang lain. Nah, ini juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet yang menarik. Di era online shop yang semakin menjamur ini, Anda bisa banget membuka toko tanpa harus memiliki barang yang akan dijual. Intinya seperti Anda mempromosikan barang milik toko lain di akun sosial media Anda, atau bahkan di akun online shop sendiri. Nah, jika ada pembeli yang masuk ke Anda, tugas Anda hanya menghubungi seller agar mengirimkan barang ke konsumen yang membeli tadi. Mudah, bukan? Melakukan dropshipping ini Anda bisa menggunakan perangkat smartphone Android.

Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan

1. Siapkan perangkat pendukung

Pertama, persiapkan terlebih dulu berbagai perangkat yang akan Anda butuhkan, seperti laptop, komputer, atau smartphone. Ingatlah untuk menyesuaikan perangkat pendukung dengan situasi Anda, jika ingin melakukan kegiatan mencari uang dari internet secara mobile, Anda bisa menggunakan smartphone.

2. Pastikan ada koneksi internet

Namanya juga cara mendapatkan uang dari internet, tentu saja Anda memerlukan koneksi internet untuk melaksanakannya. Pastikan Anda mempunyai koneksi internet yang cepat dan stabil agar tak menghambat performa kerja. Tentunya, jika performa kerja bisa tetap dalam kondisi terbaik, keuntungan akan semakin bertambah, ‘kan?

3. Buatlah email untuk profil di internet

Banyak orang yang mungkin belum menyadari, bahwa menciptakan profil baru ketika melaksanakan cara mendapatkan uang dari internet itu penting. Agar Anda tak sama dengan kebanyakan orang, Anda perlu membuat email profil terlebih dulu sebelum mencari uang dari internet. Selain berguna sebagai profil, email baru ini juga bisa Anda gunakan untuk memisahkan kotak masuk dengan email utama.

4. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin

Jika sudah siap, Anda bisa lanjut ke langkah yang satu ini. Informasi bisa Anda dapatkan dari mana saja asal Anda mencari. Asah kemampuan hingga Anda jeli melihat peluang yang ada. Jika Anda ingin menjadi kontributor media online, menjadi influencer, blogger, atau membuat konten untuk YouTube, carilah informasi terkait fenomena yang sedang terjadi agar kontenmu up-to-date. Jika Anda ingin menjual produk secara online, juallah produk yang dibutuhkan oleh khalayak, dan jika Anda ingin mengikuti lomba atau giveaway, pastikan hadiah yang Anda dapatkan nantinya setara dengan usaha yang Anda keluarkan.

5. Eksekusi ide

Hampir selesai, sekarang adalah waktunya untuk mengeksplorasi ide yang telah Anda pikirkan ketika menerima tantangan yang ada. Carilah ide sekreatif mungkin. Jangan berpikir out of the box, tapi cobalah berpikir as if there’s no box agar Anda pun tak membatasi ide.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

0
Di artikel ini kami menjelaskan cara update macOS Big Sur di Mac Anda - dan apa yang harus Anda lakukan sebelum mengklik tombol instal. Cara...
Fitur Terbaru macOS Big Sur

Fitur Terbaru macOS Big Sur

0
Dengan macOS 11.01 Big Sur, Apple telah menggunakan perubahan arsitektur CPU Mac sebagai kesempatan untuk mendesain ulang macOS dari awal dengan interface yang hidup dan disempurnakan serta...
Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

0
Menu bar Mac tidak berubah, selalu tersedia di bagian atas layar, dengan menu, Pusat Kontrol, dan utilitas. Tapi tampilan Menu Bar Mac tidak harus begitu. Berikut...
10 Aplikasi Running dan Jogging terbaik HP Android

10 Aplikasi Running dan Jogging terbaik HP Android

0
Olahraga sangatlah penting. Berlari adalah salah satu cabang olahraga yang paling mudah dilakukan. Dibutuhkan sedikit peralatan dan memanfaatkan trotoar sudah terbangun dengan rapi dan bersih. Orang-orang berlarian...
10 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

10 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

0
IR blaster (Infrared) secara resmi merupakan fitur langkah pada hari ini. Blaster inframerah ( IR blaster ) adalah perangkat yang mengemulasi remote control inframerah untuk mengontrol perangkat secara mandiri yang...

Artikel Populer

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

6
Mengadakan meeting di Zoom dengan banyak peserta kadang bisa jadi ada masalah baru seperti login peserta, mute audio peserta dsb. Menambahkan co-host dalam meeting...
Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

6
Mungkin bagi sebagian dari kalian jarang mendengar pekerjaan bernama data entry. Pekerjaan ini sangat sederhana. Kenapa bisa dibilang sangat sederhana? Karena pekerjaan ini hanya...
Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

3
Di dunia bisnis online, orang bebas memasarkan bebagai jenis produk dan jasa, selama tidak melanggar hukum. Tidak semua produk dan jasa itu kita hasilkan...
Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

7
Aplikasi Zoom memungkinkan pengguna untuk meminta peserta mendaftar sebelum mengikuti meeting di Zoom. Dengan cara ini host bisa mendapatkan data peserta lebih detail untuk...
Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

0
Menurut Google, webinar adalah "seminar yang diadakan melalui Internet." Sementara definisi webinar lebih dari itu. Ketika webinar dilakukan dengan benar, dapat menjadi cara untuk melakukan pemasaran...