10 Hobi yang Menghasilkan Rupiah dan Menjadi Potensi Bisnis Menguntungkan

Melakukan pekerjaan yang disenangi dapat membuat pekerjaan berjalan prima, ketika mood hati baik apapun yang dikerjakan akan berjalan dengan lancar.  Perkembangan teknologi yang begitu pesat menghasilkan dampak positif bagi banyak pihak, terutama bisnis yang bergerak di bidang teknologi komunikasi.

Manfaat ini juga bisa kita rasakan, yaitu ketika teknologi sudah bisa mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari memesan tiket pesawat melalui handphone, melakukan reservasi hotel melalui aplikasi, sekadar membeli makanan, bahkan menjalankan hobi untuk menghasilkan uang di era digital kini bisa kita lakukan dalam beberapa sentuhan di aplikasi pada HP.

1. Hobi Fotografi

Hobi yang satu ini memang salah satu hal yang menyenangkan dan sekaligus bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Fotografi atau sering kita kenal dengan hobi memotret, merupakan hobi yang paling menjanjikan baik itu dari penghasilan yang di dapatkan maupun dari segi pengerjaannya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjual hasil jepretan Anda nantinya, salah satu alternatifnya dengan cara menjualnya dengan online. Dimana Anda bisa memanfaatkan online stock photo agency sperti 123rf, ShutterStock, Dreamstimes atau untuk situs lokalnya ada AyoFoto.

- Advertisement -

Di situs yang telah disebutkan tadi satu persatu Anda hanya perlu mendaftar terlebih dahulu dan langkah selanjutnya mengunggah foto hasil jepretan tadi yang akan dijual. Jika nantinya ada pihak dari konsumen yang membelinya, maka dana dari hasil penjualan tersebut akan secara otomatis masuk ke dompet virtual. Dan setelah mencapai batas minimum untuk melakukan pembayaran, nantinya Anda bisa melakukan PayOut.

2. Hobi Dalam Bidang Kuliner

Memasak memang merupakan hobi dan keahlian ini bukan hanya dimiliki oleh kaum wanita lagi, seperti halnya membuat kue, masak makanan sehari-hari dan yang lainnya. Memasak pun sekarang telah menjadi salah satu kebutuhan yang wajib ada untuk memenuhi kebutuhan pasar seperti halnya tempat yang biasa dikunjungi orang banyak yaitu hotel, restoran dan lainnya.

Dengan mempunyai hobi dan keahlian di bidang kuliner, maka kita bisa menciptakan ide bisnis seperti membuka warung makanan di depan rumah, atau menawarkan jasa katering bagi acara-acara besar seperti syukuran, pernikahan, dan lainnya.

3. Gaming

Sejak kemunculannya pertama kali pada perangkat teknologi, permainan elektronik selalu menjadi mainan favorit setiap orang dari berbagai kalangan usia. Saat ini, hobi bermain game alias gaming acap kali digunakan sebagai ajang kompetisi, meski fungsi utamanya tetap sama, yaitu menawarkan hiburan di kala senggang. Namun sekarang, bermain game sudah bisa kamu lakukan melalui perangkat sama yang kamu gunakan untuk membaca artikel ini. Tak hanya mempermudah, tapi permainan online kini juga menawarkan keuntungan.

- Advertisement -

Bagaimana tidak, kamu bahkan sudah bisa mengambil keuntungan dari hobi gaming dengan memberikan jasa joki menaikkan level karakter pada game online. Selain itu, hobi yang melibatkan kemampuan berpikir, mengatur strategi, dan menggerakan kursor atau game controller ini sudah berhasil menyatukan berbagai macam orang dari berbagai latar belakang untuk bisa bekerja sama dalam satu tim. Bahkan, tak menutup kemungkinan kamu dan tim gaming-mu bisa berkompetisi dalam sebuah pertandingan e-sport.

4. Hobi Menggambar dan Editing

Untuk Anda yang memiliki hobi corat coret di atas sehelai kertas, seperti menggambar sketsa atau apapun itu, kini bisa menyalurkan hobi tersebut sekaligus bisa meraup penghasilan dari kegiatan tersebut. Baik itu yang terbiasa menggambar manual maupun yang memakai media aplikasi seperti InkScape. Sama halnya seperti hobi mendesain web, seorang pelukis dan editing pun mampu berbicara banyak di kancah dunia bisnis. Apalagi jika disinggung mengenai berapa banyak penghasilan yang bisa di dapatkan dari hobi yang satu ini ? maka jawaban paling tepatnya tentu bisa meraup keuntungan besar.

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika memiliki hobi satu ini ialah, menjual hasil karya yang Anda buat biasanya ke orang yang membutuhkan jasa menggambar, atau bahkan ke skala lebih besar seperti perusahaan film yang membutuhkan skill editing Anda. intinya disini Anda harus pandai-pandai menjual diri disini berarti kemampuan yang dimiliki demi memenuhi hasrat dan kebutuhan si calon konsumen tadi.

Beberapa produk dan jasa yang bisa ditawarkan oleh para ahli gambar dan editing adalah membuat sketsa denah rumah atau bangunan, editing video, editing film, dan masih banyak lainnya. Bahkan jika Anda hanya terfokus pada satu keahlian saja misalnya Anda hanya menonjol di dunia editing nantinya Anda bisa menjadi editor film atau video sendiri, dan akan menjadi sosok penting di industri perfilman tanah air maupun sampai ke mancanegara.

5. Make-up

Macam-macam hobi yang dapat menghasilkan uang di era digital juga menguntungkan kamu yang suka make-up. Mulai dari mempelajari peralatan make-up dan membuat tutorial make-up untuk dirimu sendiri, hobi make-up bisa mengantarkanmu ke pintu kesuksesan online yang mungkin belum pernah terpikirkan. Tak hanya berlaku untuk perempuan, para pria juga bisa menjadi seorang make-up artist jika itu memang hobi yang ingin digeluti.

- Advertisement -

Tapi, kamu tak boleh lupa untuk menyiapkan peralatan make-up yang mumpuni jika ingin mengembangkan make-up untuk mencari keuntungan. Selain itu, jangan ragu juga untuk mengikuti kelas make-up yang saat ini sudah menjamur. Maksimalkan juga penggunaan media sosial, yaitu dengan mempromosikan dirimu, plus menampilkan testimoni serta hasil make-up yang kamu buat.

6. Hobi Mendesain Web

Ini adalah salah satu hobi yang bisa memperluas ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Bayangkan saja dengan hobi ini apabila digunakan sebagai pekerjaan utama Anda akan sangat banyak uang yang bisa didapatkan lewat tangan dingin Anda. Buatlah desain-desain berbeda dari yang telah ada sebelumnya, dan paling penting memiliki banyak makna dan curahkan kreativitas yang Anda miliki sehingga nantinya Andalah yang paling banyak dicari oleh konsumen.

Jangan dilupakan untuk membuat sebuah website atau tempat apa pun itu, agar mempermudah Anda untuk menjalankan bisnis tersebut dan yang paling penting untuk bertemu dengan konsumen Anda nantinya. Unggah seluruh karya dari tangan dingin Anda yang pernah dikerjakan dan konsumen mana saja yang pernah bekerja sama dengan Anda. Hal tersebut bisa menjadi referensi dan acuan bagi konsumen baru untuk menggunakan jasa-jasa Anda ke depannya, serta membuktikan bahwa Anda bisa menghasilkan maha karya yang luar biasa.

7. Membuat Video

Jika kamu mempunyai hobi merekam video dan mengeditnya hingga menjadi sebuah sequence yang mampu menyampaikan pesan tertentu, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan video untuk berbagai keperluan alias menjadi videografer. Sebab, saat ini videografer sudah menjadi profesi yang cukup menjanjikan, asal kamu bisa menawarkan hasil video dengan kualitas pengambilan gambar dan editing yang baik. Latih terus dirimu hingga bisa mencapai kualitas yang dirimu harapkan.

Kamu juga bisa ikut dalam organisasi videografer atau perfilman untuk memahami lebih dalam terkait hobi yang satu ini. Selain menambah pengetahuan, kamu juga bisa memanfaatkan organisasimu untuk saling berbagi informasi mengenai tawaran pekerjaan sebagai videografer. Setelah itu, bagikan portfolio-mu melalui media sosial atau buatlah website yang didedikasikan sebagai portfolio videografi.

8. Suka Belanja

Hobi belanja ternyata bisa mendatangkan keuntungan buat kamu juga, lho! Apakah kamu salah satu orang yang hobi melakukan perjalanan ke luar negeri lalu berbelanja? Jika ya, kamu bisa menciptakan peluang bisnis melalui hobimu ini melalui jasa titip barang.

Jangan hanya gunakan media sosialmu untuk berbagi foto atau video perjalanan, tapi manfaatkan sebaik mungkin dengan menawarkan jasa titip barang dari daerah atau negara yang kamu kunjungi. Cara lainnya, kamu bisa membuat akun baru yang khusus dibuat untuk mempromosikan jasa titip jika kamu memang sering bepergian ke luar negeri. Tapi siap-siap ya, dedikasikan waktu setidaknya satu hari untuk berburu belanjaan jasa titip!

9. Blogging

Kamu suka jalan-jalan dan foto lalu ditulis? Suka review makanan sampai tempat makan yang lagi hits? Atau kamu suka bahas hal-hal mistis? Apapun hobimu, kalau kamu suka membagikannya di blog, kamu bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis.

Yap, menulis blog juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapat keuntungan. Tapi sebelumnya, kamu perlu menggunakan website terlebih dulu agar lebih mudah dibaca oleh mesin pencari Google. Setelah itu, pastikan kamu bisa menyajikan konten yang sesuai dengan niche-mu sekaligus dicari oleh banyak orang, dan ketika kamu sudah mendapatkan “pemirsa” di website, kamu bisa memonetisasi website-mu dengan memasang iklan pada halaman artikel.

10. Hobi Menulis

Anda suka melakukan kegiatan menulis dan merasa bahwa aktivitas tersebut seperti bernafas? Jika demikian yang terjadi, maka gelutilah pekerjaan di bidang tersebut dengan serius. Misalnya cobalah untuk mengirimkan tulisan Anda kepada media yang baik seperti media cetak atau pun media yang berbasis online. Pastikan juga pada perusahaan tersebut jika tulisan yang Anda buat akan dibaca oleh semua orang sehingga nantinya akan memberikan keuntungan bagi diri Anda dan perusahaan di mana tempat Anda bekerja sekarang.

Selain mengirimkan tulisan ke perusahaan dan mendapatkan uang, cobalah untuk membuat sebuah blog atau website dimana nantinya akan menjadi tempat Anda untuk melakukan kegiatan menulis tersebut. Buatlah semenarik mungkin, dan buatlah tema tulisan seperti mengenai bisnis, teknologi, atau bahkan tentang fashion. Promosikanlah beberapa produk di dalam blog Anda, dimana dengan hal tersebut akan membuat perusahaan tempat Anda bekerja menjadi senang dan akan terus menggunakan Anda sebagai penulisnya.

Kamu juga bisa kok ngembangin hobi buat dapetin uang. Malah hobimu itu bisa jadi mata pencaharian sehari-hari. Gak percaya? Nah, berikut ini lima hal yang perlu kamu lakukan kalau mau dapat uang dari hobimu.

1. Kenali potensi diri

Setiap orang punya hobi berbeda-beda. Kalau seseorang ditanya tentang hobinya, dia akan jawab. “Wah hobi saya banyak. Makan, tidur, olahraga, menggambar, dan menulis. Itulah hobi saya.”

Oke. Dari sekian hobi yang sering kamu lakukan setiap hari, coba kenali betul potensi apa yang benar-benar kamu miliki. Kalau misalnya hobi kamu kuat di gambar, kamu harus gali terus hobimu itu.

Di zaman sekarang ini, hobi menggambar bisa mendapatkan banyak uang. Apalagi bisa mengoperasikan program-program komputer yang berkaitan dengan gambar buat bikin desain. Hmm… hobi kamu pasti pasti banyak dicari perusahaan-perusahaan tuh.

Nah, mengenal potensi diri inilah hal yang paling penting. Kalau kamu sudah yakin hobi kamu tertuju di satu hal, maka jangan pernah malas untuk mengembangkannya.

2. Cari tahu peluang

Kalau kamu sudah menyadari hobimu terfokus pada satu hal, kamu harus mulai cari tahu peluang apa saja dari hobimu itu yang bisa mendapatkan uang.

Hobi yang berkaitan dengan industri kreatif saat ini paling banyak dicari. Hobi menulis, menggambar, main games, fotografi hingga main media sosial adalah peluang yang bisa diberdayakan menjadi sumber uang.

Di luar sana, banyak perusahaan yang butuh pekerjaan-pekerjaan kreatif seperti di atas. Kamu bisa dibayar dari hobi menulis. Kamu juga bisa dapat uang dari hobi menggambar. Bahkan kalau kamu mahir main media sosial, hobimu itu juga bisa jadi sumber pendapatan buat jadi admin.

3. Cek ombak

Punya hobi fotografi bisa jadi duit lho, tapi gak harus sampai kayak foto di atas ya, bikin tajut aja (baomoi) Taruhlah kamu sudah yakin dengan satu hobimu yang bisa dijadikan pundi-pundi rupiah. Fotografi misalnya. Dengan hobi satu ini, kamu bisa mulai menjadi fotografer profesional.

Kamu bisa tes kemampuan fotografi kamu menjadi fotografer nikahan teman, saudara, atau kerabat. Kamu juga bisa coba-coba untuk menjual hasil jepretanmu melalui situs foto berbayar. Sekarang ini banyak situs-situs jual beli foto yang bisa kamu coba untuk menjualnya.

4. Buka peluang bisnis

Kalau hobimu sudah diyakini bisa menjual, maka jangan takut atau malu untuk narsis. Kamu bisa beritahukan banyak orang bahwa kamu memiliki bakat yang bisa mereka manfaatkan.

Hobi menulis, melukis, menggambar, fotografi, benerin ponsel rusak, benerin komputer atau hobi-hobi lainnya bisa kamu promosikan. Bilang ke mereka jika butuh jasa-jasa seperti di atas, jangan ragu menghubungimu.

Coba deh kamu gunakan dengan baik tuh media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram buat bikin poster jasamu buat promosi. Kasih tahu orang-orang kalau kamu membuka usaha jasa yang bisa mereka gunakan.

5. Ciptakan pelanggan

Sesekali narsis bolehlah buat promosiin kemampuan kamu di media sosial (brandignity). Kalau hobimu udah bisa menghasilkan uang dan banyak orang percaya akan kinerjamu, maka sudah saatnya kamu ciptakan pelanggan.

Kamu harus buktikan bahwa dengan hobimu itu, orang-orang akan terus menggunakan jasamu. Jangan lupa asah terus kemampuan hobimu agar hasil yang diberikan bisa memuaskan pelanggan.

Berikan pelayanan dan kualitas terbaik pada pelanggan. Tempel terus pelanggan. Bikin mereka gak bisa menggunakan jasa orang lain selain dirimu. Jadikan hobimu sebagai solusi bagi orang lain dan menyenangkan buat dirimu.

Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan hobimu menjadi pendapatan yang menjanjikan. Kamu bisa mulai dari sekarang agar hobimu bisa menghasilkan uang.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

0
Di artikel ini kami menjelaskan cara update macOS Big Sur di Mac Anda - dan apa yang harus Anda lakukan sebelum mengklik tombol instal. Cara...
Fitur Terbaru macOS Big Sur

Fitur Terbaru macOS Big Sur

0
Dengan macOS 11.01 Big Sur, Apple telah menggunakan perubahan arsitektur CPU Mac sebagai kesempatan untuk mendesain ulang macOS dari awal dengan interface yang hidup dan disempurnakan serta...
Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

0
Menu bar Mac tidak berubah, selalu tersedia di bagian atas layar, dengan menu, Pusat Kontrol, dan utilitas. Tapi tampilan Menu Bar Mac tidak harus begitu. Berikut...
10 Aplikasi Running dan Jogging terbaik HP Android

10 Aplikasi Running dan Jogging terbaik HP Android

0
Olahraga sangatlah penting. Berlari adalah salah satu cabang olahraga yang paling mudah dilakukan. Dibutuhkan sedikit peralatan dan memanfaatkan trotoar sudah terbangun dengan rapi dan bersih. Orang-orang berlarian...
10 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

10 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

0
IR blaster (Infrared) secara resmi merupakan fitur langkah pada hari ini. Blaster inframerah ( IR blaster ) adalah perangkat yang mengemulasi remote control inframerah untuk mengontrol perangkat secara mandiri yang...

Artikel Populer

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

6
Mengadakan meeting di Zoom dengan banyak peserta kadang bisa jadi ada masalah baru seperti login peserta, mute audio peserta dsb. Menambahkan co-host dalam meeting...
Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

6
Mungkin bagi sebagian dari kalian jarang mendengar pekerjaan bernama data entry. Pekerjaan ini sangat sederhana. Kenapa bisa dibilang sangat sederhana? Karena pekerjaan ini hanya...
Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

3
Di dunia bisnis online, orang bebas memasarkan bebagai jenis produk dan jasa, selama tidak melanggar hukum. Tidak semua produk dan jasa itu kita hasilkan...
Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

7
Aplikasi Zoom memungkinkan pengguna untuk meminta peserta mendaftar sebelum mengikuti meeting di Zoom. Dengan cara ini host bisa mendapatkan data peserta lebih detail untuk...
Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

0
Menurut Google, webinar adalah "seminar yang diadakan melalui Internet." Sementara definisi webinar lebih dari itu. Ketika webinar dilakukan dengan benar, dapat menjadi cara untuk melakukan pemasaran...