10 Hal yang Harus Anda Ketahui Mengenai Facebook Marketing

Ada beberapa alasan mengapa pendekatan melalui sosial media di era digital ini menjadi salah satu yang penting dan cenderung primadona bagi banyak perusahaan mass production dalam berbagai lini dan jenis industri. Selain dapat menjangkau berbagai macam tipe calon konsumen yang ingin diraih, sosial media juga dipandang oleh beberapa ahli pemasaran sebagai cara berpromosi yang efektif dan efisien.

Sejak tujuh sampai sepuluh tahun belakangan ada banyak sekali berbagai platform sosial media bermunculan seiring dengan pesatnya pertumbuhan teknologi pada gadget atau yang sering disebut dengan ponsel pintar (smartphone).

Salah satu alasan mengapa Facebook Ads digemari banyak pelaku bisnis selain karena pengguna Facebook yang banyak juga karena biaya untuk menjangkau beragam konsumen dengan lebih targeted jauh lebih murah.

Media Sosial dengan Pengguna Aktif Terbesar di Indonesia 2017

Dibandingkan dengan melakukan kegiatan menyebarkan flyer di pinggir jalan yang belum tentu akan efektif, Facebook Ads memberikan efektifitas dan efisiensi tanpa batas bagi para pelaku usaha untuk mengiklankan produk barang/jasa miliknya. Bila dihitung, untuk membuat satu flyer Anda butuh sekitar 350 perak sedangkan jasa Facebook Ads hanya mengenakan tarif sekitar 10 perak per-kliknya. Hal ini jelas sangat menguntungkan perusahaan sebagai pelaku bisnis karena Facebook Ads memberikan efektifitas dan efisiensi dalam iklan.

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya kapan waku yang tepat bagi Social Media Marketing bekerja dengan baik dan cepat menghasilkan?

SEARCH ENGINE VS SOCIAL MEDIA

Salah satu kelebihan adanya social media dibandingkan dengan search engine adalah space iklan di social media yang jauh lebih banyak. Iklan social media juga tidak perlu menunggu para calon konsumen untuk mencari karena mereka langsung muncul sesuai dengan kesukaan dan behavior yang telah terekam baik dalam cookie komputer atau perangkat pribadi Anda. Namun bukan hanya social media, iklan yang digunakan pada search engine terkenal baik dalam hal konversi karena biasanya orang yang telah mencari keyword yang berkaitan telah mengerti maupun berminat untuk membeli. Berikut penjabaran perbedaan antara Search Engine dibandingkan Social Media, yakni:

  1. BEST SCENARIO

Kapan social media marketing bekerja dengan baik dan cepat menghasilkan? Sebagai pelaku bisnis Anda harus menentukan skenario yang terbaik bagi seluruh target pasar produk barang/jasa Anda. Usahakan untuk memasang iklan dengan sangat cermat dan targeted demi mendapatkan revenue di hari yang sama seperti hari dimana Anda memasang iklan. Seperti contoh Anda berbisnis dalam ranah sejenis makanan-makanan berat, otomatis iklan yang Anda pasang haruslah menyesuaikan jam makan siang atau jam makan malam agar dapat lebih menjangkau banyak konsumen.

  1. FUNNEL

Funnel Marketing’ adalah salah satu teknik pemasaran online yang membantu mengubah dari orang tidak kenal produk kita hingga menjadi pembeli. Funnel juga membantu kita untuk mempengaruhi pelanggan kita di setiap peringkat. Sebagai contoh, email susulan atau bagi review yang positif. Funnel memiliki empat tahap dalam eksekusinya, yakni sebagai berikut:

Stage 1: Generating Leads – merupakan proses pengumpulan nama & identitas pribadi para potential customer. Proses ini dapat melalui berbagai cara antara lain seperti email marketing, social media marketing atau search engine marketing. Semakin banyak database yang kita peroleh, semakin banyak pula leads yang dapat kita generate. Berbagai cara untuk mendapatkan database potential customer kita, seperti melalui pertandingan, networking, online store database kita dan masih banyak lagi.

Stage 2: Improve conversion – Pastikan website kita user friendly. Kita harus selalu membantu customer jika mereka mengalami kesulitan untuk pembelian dari website kita. Pastikan konten website Anda senantiasa di-update.

Stage 3: Repeat Business – Terdapat banyak cara untuk follow up calon customer kita salah satunya melalui email marketing atau mobile marketing. Sistem ini akan membantu perusahaan kita pada jangka masa yang panjang. Lebih bagus lagi jika Anda dapat menganalisa perilaku konsumen Anda untuk mengetahui apakah minat mereka. Dari situlah kita tentukan strategi pemasaran yang sesuai untuk pelanggan Anda. Jika produk barang/jasa yang Anda jual merupakan barang non impulsive atau barang yang tidak spontan dibelinya, Anda harus mengenali temperatur tragc sebelum menentukan tindakan promosi apa yang tepat bagi produk barang/jasa Anda.

Stage 4: Increase Revenue – Hal ini merupakan tujuan utama kita, yakni menghasilkan penjualan sebanyak-banyaknya sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan.

  1. TRAFFIC TEMPERATURE

Jika produk barang/jasa yang Anda jual merupakan barang non impulsive atau barang yang tidak spontan dibelinya, Anda harus mengenali temperatur tragc sebelum menentukan tindakan promosi apa yang tepat bagi produk barang/jasa Anda.

Terdapat tiga tahapan dalam setiap pelanggan sesuai dengan temperatur tragcnya.

  • Cold Leads

Yang dimaksud dengan cold leads adalah orang-orang yang baru mencapai tahap awareness pada produk barang atau jasa yang kita tawarkan melalui iklan. Biasanya orang-orang tipe ini hanya menghabiskan kurang dari satu menit untuk melihat-lihat iklan atau website kita.

  • Warm Leads

Warm Leads adalah sekumpulan orang-orang yang cukup tertarik dengan produk barang/jasa yang Anda tawarkan serta tampilkan dalam iklan dan sedang mempertimbangkan untuk membeli. Pada tahap ini para calon pelanggan memasuki tahap pertimbangan dalam perjalanan pembelian (consumer journey) mereka. Social object yang dimaksud disini adalah bahan pembicaraan antara Anda dengan target Anda. Hal ini menjadi penting untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda dengan cepat dan dapat tercermin dari konten yang Anda sediakan dalam video dan website bisnis Anda. Seperti contoh misalnya Anda berjualan berbagai jilbab bagi para kaum muslimah. Alangkah lebih baik bila Anda juga menyediakan cara tutorial berhijab dengan berbagai macam gaya, memadu mix & match warna hijab dengan baju yang dikenakan hingga tips-tips singkat untuk para wanita muslimah yang mengenakan hijab pada website bisnis Anda.

  • Hot Leads

Tahap ini merupakan tahap terakhir dari consumer journey yang ada pada setiap calon pelanggan. Orang-orang pada tahap hot leads adalah orang-orang yang telah tertarik dan ingin membeli produk barang/jasa Anda. Pada tahap ini calon pelanggan harus dengan cepat didekati dan di-follow up perihal ketertarikannya mengenai produk barang/jasa Anda.

  1. CARI SOCIAL OBJECT YANG BAIK, COCOK DAN MAINSTREAM

 Social object yang dimaksud disini adalah bahan pembicaraan antara Anda dengan target Anda. Hal ini menjadi penting untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda dengan cepat dan dapat tercermin dari konten yang Anda sediakan dalam video dan website bisnis Anda. Seperti contoh misalnya Anda berjualan berbagai jilbab bagi para kaum muslimah. Alangkah lebih baik bila Anda juga menyediakan cara tutorial berhijab dengan berbagai macam gaya, memadu mix & match warna hijab dengan baju yang dikenakan hingga tips-tips singkat untuk para wanita muslimah yang mengenakan hijab pada website bisnis Anda.

  1. PERBANYAK LIKE FANPAGE

 Memperbanyak likes fanpage dengan berencana membangun konten yang konsisten dan terlibat dalam social object yang tepat. Pada saat ini penting untuk mengubah brand menjadi brand direct yang pada akhirnya menjadi intentional tragc.

  1. COPYWRITING

 Selain Funnel, hal lainnya yang penting bagi pemasaran online adalah content marketing. Dalam content marketing, copywriting memegang peranan yang penting. Copywriting adalah sebuah teknik penulisan teks dengan tujuan mempromosikan atau bahkan memasarkan sebuah produk serta jasa. Copywriting sekarang ini telah marak digunakan oleh para pebisnis, marketeer, atau siapapun yang ingin menjamah lebih banyak konsumen target pasarnya lewat tulisan. Copywriting yang baik memperhatikan beberapa komponen penting dalam penulisannya, seperti: spesifikasi, masalah yang akan timbul bila customer tidak membeli (customer’s pain), kelebihan dan keuntungan dari produk barang/jasa Anda, harga, value lain yang dimiliki seperti misalnya gratis ongkir dan konsultasi bila calon konsumen berminat membeli atau bertanya lebih lanjut mengenai produk Anda. Copywriting dalam iklan Facebook, juga mencakup caption. Buat caption iklan seminimal mungkin. Di FB Ads, caption di 3 baris awal akan menentukan apakah iklan tersebut menarik untuk dibaca orang atau tidak.

  1. TARGETING

Jika perusahaan Anda mengejar konversi, maka tumbuhkan banyak passionate fans dengan metode targeting yang benar. Pernahkan Anda mendengar isilah bahwa “Sebuah bisnis yang baik bukan bisnis yang menargetkan siapa saja orang menjadi konsumennya namun menargetkan serinci-rincinya sekelompok orang yang menjadi target pasarnya.” Pendekatan Anda melalui sosial media yang sering disebut Facebook Marketing alangkah lebih baik menyesuaikan target pasar dari produk barang/jasa yang Anda tetapkan. Bila Anda memiliki data mengenai kebiasaan target pasar Anda mengenai waktu online di Facebook akan lebih baik dan mudah bagi Anda untuk menaruh iklan secara lebih spesifik dan terukur.

  1. VIDEO

 Video secara konsisten menimbulkan hasil yang lebih baik. Konten video yang Anda gunakan dalam membuat iklan atau kampanye viral di media online maupun sosial media harus seragam dengan konten video yang sebelumnya. Konsisten dari segi tema dan penyampaiannya diperlukan dalam memproduksi video iklan Anda agar menghasilkan hasil yang baik dan bahkan lebih baik dari video-video sebelumnya. Misalnya Anda membuat

bisnis restoran kue pancong, alangkah lebih baik bila Anda membuat video iklan yang menunjukkan kelezatan kue pancong Anda dalam berbagai balutan rasa dan topping yang beragam, ramainya kedai Anda, terjangkaunya harga yang Anda berikan kepada para konsumen dan cantiknya tempat yang Anda sediakan bagi para pengunjung untuk mengabadikan momen kebersamaan mereka untuk sekedar mengabadikan momen dengan orang-orang terdekat yang dikasihi. Video beriklan ini terbukti dapat membuat calon pelanggan mengetahui spesifikasi dan keuntungan membeli produk/jasa Anda dibandingkan produk kompetitor Anda.

  1. MULTIPLE ANGLE

Iklan yang baik menganut banyak angle atau yang seringkali dimaksud dengan banyak sisi/sudut pandang. Beberapa angle yang dimaksud yakni long copy text (copywriting panjang), short copy text (copywriting pendek),

photo post (foto), link ads (iklan berupa link), video ads iklan berupa video berdurasi), carousel ads (foto yang akan menyentuh target pasar. Iklan yang dikombinasi tersebut dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan atau lini bisnis Anda. Bila ada perusahaan dengan banyak macam iklan yang berbeda angle akan lebih baik dan efektif untuk mendapatkan konsumen. Semakin banyak kombinasi angle dan budget iklan yang dipasang maka semakin banyak peluang bagi bisnis Anda untuk mendapatkan konsumen melalui iklan di sosial media terutama Facebook.

  1. MAKE PEOPLE FEEL SPECIAL SPECIFIC TARGETING

Banyak cara membuat iklan Facebook atau media sosial Anda yang lain menarik untuk dilihat dan dibaca banyak orang, salah satunya dengan membuat mereka secara tidak langsung merasa spesial ketika membacanya. Caranya? Iklan Anda spesifik menargetkan target konsumen dan hal personal di dalam hidupnya, seperti event pribadi (hari ulang tahun, anniversary) dan lokasi (Tangerang, Jakarta, dsb). Wording yang menarik seperti “Jangan ngaku anak Jakarta kalo belum nyobain martabak ini!” atau “Anak Tangerang harus nyobain mie super pedas satu ini nih!” akan membuat produk barang/jasa yang Anda tawarkan dalam iklan lebih memiliki daya tarik ketika dibaca.

(eBook Dewaweb)

Tinggalkan Balasan