Tips-tips Agar Pekerjaan Anda Lebih Ringan dan Menyenangkan

Bagikan Artikel ini:

Dalam bekerja, sangat wajar bila Anda sesekali mengalami kebosanan. Berikut ada beberapa tips-tips sederhana yang bisa Anda coba, untuk membuat bekerja lebih menyenangkan.

  1. Mendekorasi tempat kerja jadi lebih menarik. Anda dapat membeli pot tanaman kecil untuk meja Anda, atau hiasan-hiasan yang membuat Anda senang. Selama berkala Anda juga bisa mengganti hiasan tersebut untuk suasana baru.
  2. Memasang foto di meja. Anda dapat memasang foto bersama rekan kerja, foto keluarga, atau momen-momen berharga, selain untuk memotivasi, sesekali Anda dapat merefresh pikiran dengan melihat foto tersebut.
  3. Meminum teh atau kopi. Selain dapat membuat Anda relaks, hal ini dapat meningkatkan konsentrasi Anda dan menyegarkan kembali tubuh.
  4. Tidur sejenak setelah makan siang. Tidur selama 30 menit dapat membuat tubuh Anda lebih segar, dan mengistirahatkan mata yang lelah.
  5. Makan siang bersama. Semua orang makan saat jam makan siang, kenapa tidak mencoba makan bersama. Selain menambah keakraban, dapat menambah pengetahuan di luar pekerjaan seperti hobi dan tempat makan yang enak.
  6. Membuat acara bersama rekan kerja. Sebagai contoh: menonton bioskop, berenang, makan malam bersama dengan mengajak keluarga, jalan-jalan mall, dan lain-lain.
  7. Kelilingi diri Anda dengan kata-kata positif. Sebagai contoh ganti nama folder dalam komputer dengan kata “Bersyukur/ Semangat/ Bisa/ SUKSES!!!
  8. Bertukar tempat dengan rekan kerja. Bertukar tempat dapat memberikan Anda suasana baru dalam bekerja, pemandangan yang baru dan terkadang seakan Anda bisa mengingat pengalaman senangnya pertama kali bekerja.
  9. Rayakan kesuksesan bersama. Hal ini penting selain menjaga kekompakan tim Anda dapat meningkatkan semangat kerja bersama untuk mencapai target-target selanjutnya. Cobalah memesan makanan pesan antar bersama rekan kerja atau pergi keluar untuk merayakannya.
  10. Mintalah fleksibilitas. Ini mungkin tidak bisa diterapkan di semua jenis pekerjaan, namun beberapa pekerjaan mungkin bisa dikerjakan di rumah atau di cafe. Hal tersebut dapat memberikan penyegaran pikiran bagi Anda.

Semoga dengan hal-hal kecil untuk menikmati pekerjaan dapat menyegarkan, membuat Anda merasa nyaman dan menikmati pekerjaan dengan baik. Lakukanlah beberapa tips di atas dan nikmatilah momen-momen Anda bekerja saat ini.

Orientasi Prestasi

Orientasi Berprestasi adalah suatu dorongan atau keinginan yang muncul dalam diri untuk meraih sesuatu,serta mendapatkan hasil terbaik bahkan memuaskan, melalui berbagai usaha, seperti bekerja dengan cepat, belajar lebih giat, melakukan inovasi, dan memberikan lebih dari yang diharapkan. Orientasi berprestasi ini merupakan keinginan atau dorongan yang harus Anda kembangkan dalam diri Anda, bukan karena perintah atasan, target, maupun customer.

Orientasi berprestasi ini penting bagi Anda, untuk membantu meningkatkan kemampuan Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, mengukur kemampuan Anda, melakukan evaluasi hasil pekerjaan Anda, dan melakukan perbaikan maupun pengembangan.

Tentunya yang pertama, Anda harus menyusun goal terlebih dahulu. Beberapa perusahaan memiliki target indikator pengukuran kinerja (KPI), tetapi dalam hal ini Anda harus punya target sendiri, bahkan melebihi KPI perusahaan. Buatlah target yang menantang diri Anda, meningkatkan kinerja Anda, dan meningkatkan kemampuan serta pengetahuan Anda. Lakukan Evaluasi secara berkala terhadap pencapaian Anda, cari titik lemah Anda dan lakukan perbaikan, cari titik keunggulan Anda dan lakukan peningkatan.

Selain itu susun kembali strategi Anda untuk menunjukan peningkatan. Ingatlah bahwa saat Anda hanya melakukan pekerjaan yang sama rutin dan tanpa peningkatan, maka ada kemungkinan kompetitor Anda telah meninggalkan Anda jauh 5-10 langkah dari Anda.

Tips

  1. Buatlah goal yang menantang Anda, terkait pekerjaan Anda!
  2. Apa saja strategi Anda untuk mengembangkan goal tersebut!
  3. Tentukan reward apabila Anda bisa mencapai goal tersebut!
  4. Tentukan punishment apabila Anda tidak mencapai goal tersebut!

Source: Panduan Singkat, Inspiratif, dan Aplikatif untuk Mencapai Kesuksesan di Tempat Kerja (Alvin Wibowo)

Bagikan Artikel ini:

Tinggalkan Balasan