Tips Pencegahan dan Merawat Kulit yang Berminyak dan Berjerawat

Kebanyakan orang mungkin berpikir telah melakukan segala pencegahan maupun perawatan pada kulit berminyak dan berjerawat, namun tahukah faktanya bahwa kebiasaan kecil yang salah tanpa disadari oleh diri kita dapat menyebabkan  kulit wajah menjadi berminyak dan berjerawat? Berikut beberapa kebiasaan yang harus dihindari agar kulit terbebas dari minyak dan jerawat:

1. Menggosok Kulit Wajah

Handuk banyak digunakan untuk mengeringkan wajah. Namun, sering kali penggunaan tekstur handuk yang dipakai dapat memengaruhi perkembangan jerawat pada kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Tekstrur handuk yang kasar untuk mengeringkan wajah setelah mencuci muka dengan menggosok-gosokkan secara tidak sadar pada wajah dapat mengiritasi kulit wajah. Selain itu, penggunaan handuk yang berulang-ulang serta dalam keadaan lembap merupakan sarang timbulnya jamur dan bakteri.

Tips:

  • Pilih handuk dengan tekstur yang lembut.
  • Gunakan handuk khusus untuk wajah dan jangan gunakan handuk yang sama dengan badan.
  • Pada saat menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah cukup tepuk-tepukkan sisa air di wajah dengan lembut.
  • Jangan menggunakan handuk berulang-ulang. Maksimal pemakaian tiga kali handuk harus diganti. Untuk hasil terbaik gunakan handuk satu kali pakai.
  • Pastikan handuk tidak dalam keadaan lembap namun kering dan bersih.

2. Menyentuh Wajah

Sadar maupun tidak dalam satu hari terkadang seseorang dapat lebih dari 10 kali menyentuh wajahnya. Tanpa sadar kebiasaan kecil ini disertai dengan memencet bagian jerawat yang dapat memperburuk peradangan dan perkembangan jerawat. Meskipun tangan dalam keadaan bersih, kebiasaan ini membuat bakteri penyebab jerawat akan semakin menyebar ke bagian lain di wajah.

Tips:

  • Kontrol diri dalam menyentuh wajah harus disadari penuh oleh individu.
  • Jika harus menyentuh kulit wajah yang berminyak dan berjerawat gunakan kertas minyak yang higienis. Kertas minyak adalah alat paling mudah digunakan dan dianjurkan jika memiliki kulit yang berminyak. Kertas ini dapat digunakan kapan pun pada area wajah yang berminyak, seperti jidat, hidung, dan dagu. Tempelkan kertas pada area wajah berminyak dan cukup ditepuk-tepukan pada area yang dirasa berminyak, angkat kertas setelah 15-20 detik dan minyak akan menempel pada kertas. Pada beberapa kertas minyak dilengkapi dengan taburan bedak, sehingga dapat membuat wajah Anda kembali bersinar dan segar.

3. Menekan atau Memencet Jerawat

Mencungkil atau menekan jerawat bukanlah ide yang baik. Itu bisa merusak bagian atas kulit Anda, jaringan parut, bahkan sampai masalah yang lebih serius dari itu.

4. Penggunaan Layar Handphone yang Kotor

Handphone adalah benda wajib yang bisa jadi menggantikan fungsi uang dalam kedudukannya. Maksudnya? Orang lebih baik ketinggalan dompet dibandingkan handphone. Betapa dekatnya kehidupan manusia dengan gadget komunikasi yang satu ini yang tanpa kita sadari pada penggunaannya dapat menyebabkan hal buruk pada wajah.

Kulit wajah memproduksi minyak dan keringat setiap hari. Pada saat menggunakan panggilan atau menerima panggilan telepon, mau tidak mau layar handphone didekatkan pada wajah. Apabila kulit wajah sedang tidak bersih akibat aktivitas seharian maka debu, keringat, dan minyak akan menempel pada layar handphone. Pada panggilan berikutnya minyak/keringat yang menempel pada layar handphone tersebut akan menempel kembali pada kulit wajah yang tanpa disadari layar tersebut mungkin telah terkontaminasi oleh tumbuhnya bakteri pada layar tersebut.

Tips:

  • Ikuti instruksi cara membersihkan layar handphone sesuai dengan merek masing-masing mengingat bahan layar pada satu handphone berbeda satu dengan yang lainnya.
  • Sebaiknya ketika mengangkat/menggunakan handphone gunakan headset atau fasilitasi dengan menggunakan speaker phone (hands free).
  • Jika tidak ada, jangan terlalu mendekatkan atau bahkan menekan layar handphone pada pipi pada saat melakukan/ menerima panggilan telepon.
  • Selain, untuk menghindari bakteri yang telah disebutkan, hal ini juga baik dilakukan untuk menghindari infeksi maupun iritasi akibat radiasi elektromagnetik yang dihasilkan pada saat menggunakan handphone.

5. Penerapan Produk Rambut

Kebiasaan yang sering tidak diperhatikan adalah pada saat aplikasi produk rambut yang secara tidak sadar sering mengenai wajah kita. Pemakaian gel, maupun hairspray atau produk kimia lainnya akan menyentuh wajah dan membuat keadaan kulit semakin buruk.

6. Mencuci Wajah Terlalu Sering

Beberapa orang menganggap, wajah berjerawat disebabkan oleh kotoran. Itulah mengapa, mereka terlalu sering mencuci wajahnya. “Mencuci wajah terlalu sering dapat mengangkat minyak esensial wajah. Hal itu justru malah akan merespons wajah untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Itulah yang menyebabkan wajah menjadi lebih berjerawat,” kata dokter kulit Whitney Bowe, MD, Advanced

Dermatology PC di Westchester, New York. Mencuci wajah cukup dua kali sehari namun dilakukan secara rutin dan teratur.

7. Teknik Mencuci Wajah

Kebanyakan orang setelah mencuci wajah langsung mengeringkannya dengan handuk atau bahkan hingga menggosok-gosoknya berulang-ulang pada wajahnya. Tanpa disadari pula kondisi handuk tersebut yang mungkin telah dipakai berulang-ulang sehingga kotor dan dalam keadaan lembap akan menyebabkan perawatan yang dilakukan menjadi sia-sia.

Bakteri pada handuk dapat berpindah ke wajah. Selain itu, hindari penggunaan spons kasar atau loofah, produk berpasir, dan produk lain yang merespons pengelupasan kulit mati untuk menghindari iritasi dan peradangan.

8. Penggunaan Sarung Bantal

Secara teknik, sebaiknya sarung bantal dicuci seminggu sekali. Namun, banyak yang tidak melakukannya. Ketika seseorang menginginkan kulit wajah yang bersih dan sehat, maka penggantian sarung bantal walaupun hal kecil harus menjadi kebiasaan yang harus dilakukan. Jika sarung bantal dicuci lebih dari seminggu, kotoran maupun minyak yang menempel pada sarung bantal tersebut akan bersentuhan kembali dengan wajah kita sekalipun kita sudah membersihkannya.

Menurut penelitian, setidaknya orang menggosokkan wajahnya ke sarung bantal pada saat tidur paling sedikit 6-8 kali. Hal ini yang akan menyebabkan penyebaran jerawat pada wajah secara tidak sadar kita lakukan. Menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita dan apa yang kita kenakan menjadi hal penting. Ketika kita menyadari aksi kecil kita akan berdampak di masa yang akan datang maka pikiran positif akan selalu menyertai hidup kita setiap hari.

9. Penggunaan Pelembap

Orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat sudah tentu tidak harus menggunakan pelembap. Wajah secara alami mengeluarkan pelembap alami yakni minyak. Jadi, belum lagi penggunaan pelembap kimia yang belum tentu sesuai dengan sensitivitas kulit kita, hal ini akan menyebabkan kulit akan semakin parah.

10. Penataan Rambut

Perhatikan gaya rambut para putri maupun ratu cantik kerajaan di dunia. Jarang para wanita cantik tersebut memiliki potongan rambut ponytail atau layer yang rumit yang bersentuhan dengan wajah. Mereka memilih gaya rambut sederhana yang rata-rata tidak menggunakan poni di wajahnya. Hal ini tentu untuk menghindari kontak rambut dengan wajah. Selain itu, sadarkah potongan rambut yang mempunyai layer rumit terkadang memaksa kita secara tidak sadar menggunakan tangan agar rambut tersebut tidak mengganggu penglihatan kita? Maka secara tidak langsung penataan rambut ini akan membuat tangan sering menyentuh wajah. Hal ini tentu bukanlah hal yang bijak yang dilakukan bagi orang yang memiliki kondisi wajah berminyak dan berjerawat.

11. Kurang Tidur

Tidur adalah suatu berkah dari Tuhan yang mengizinkan tubuh secara alami untuk beristirahat dan secara alami melakukan detoksifikasi pengeluaran racun secara cuma-cuma. Sering kali karena sibuknya rutinitas pekerjaan, kita mengabaikan kebutuhan alamiah kita yang satu ini. Tidur yang cukup selama 8 jam terbukti membantu perkembangan hormon insulin dalam memecah gula pada tubuh. Insulin adalah hormon yang mampu mengendalikan stres. Stres telah terbukti dan diyakini para dermatolog di seluruh dunia merupakan faktor yang dapat menyebabkan jerawat.

Ketika stres, kadar insulin dalam tubuh manusia akan mencapai titik rendah. Untuk itu, ketika tiba-tiba kita mengalami stres dan sulit untuk tidur, hal yang perlu dilakukan adalah “mendengarkan” tubuh kita dengan relaksasi dan meditasi minimal 15-20 menit. Waktu yang sedikit itu telah terbukti akan memberikan pengaruh positif pada tubuh kita.

Source: 500 Rahasia Cantik Alami Bebas Jerawat

Tinggalkan Balasan