Tips Menjadi Buzzer Twitter Dengan Bayaran Jutaan Rupiah

Istilah buzzer sangat identik dengan Twitter. Padahal aktivitas ini bukan hanya berlaku di Twitter saja, melainkan semua platform media sosial. Tapi memang setiap kali orang mendengar kata buzzer, akan langsung terhubung dengan Twitter. Sebab buzzer berasal dari “buzz”, artinya percakapan atau obrolan. Di Twitter lah banyak terjadi obrolan atau percakapan singkat antar penggunanya. Buzzer berarti orang yang diharapkan punya kemampuan untuk menentukan topik obrolan ke pengguna lain, sehingga pesan titipan pihak tertentu dapat menyebar dengan baik. Profesi ini banyak diincar para pengguna Twitter, khususnya mereka yang punya follower banyak. Perusahaan, organisasi, atau personal, membutuhkan jasa buzzer untuk menciptakan viral bagi produk, jasa, atau program-program mereka. Dan tentu saja, bayarannya cukup lumayan. Kamu orang biasa, bukan selebtweet atau artis? Tenang, tetap dibutuhkan sebagai buzzer, sebab justru sosok “orang biasa” lah yang dianggap lebih mampu menyampaikan pesan secara “alami”.

Bagaimana Memulainya?

  • Menguasai Twitter

Yang dimaksud menguasai di sini bukan sekadar rajin berkicau di Twitter, melainkan juga paham seluk-beluk Twitter. Kalau sudah punya akun Twitter, kamu bisa mulai mengamati, isu apa saja yang paling seru di tiap harinya. Ini dapat dilihat dari trending topic. Kenali pula akun apa saja yang tergolong influencer atau punya pengaruh besar di Twitter. Mereka berpengaruh di isu apa saja, siapa yang tweet-nya paling sering dikutip media? Mana akun yang banyak di-retweet, sering menjadi leader dalam tranding topic? Tagar atau hashtag apa saja yang layak diikuti? Apa guna tagar? Dan sebagainya. Semua informasi teknis seputar Twitter bisa dengan mudah didapat di internet, dengan cara googling.

Banyak web yang mengupas serba-serbi media sosial, misalnya www.socialmediatoday, www.mashable.com, dan banyak lagi. Follow juga akun-akun mereka, juga akun official Twitter, @twitter, @support, dan @twitterID.

  • Efektif berkomunikasi

Menyampaikan pesan efektif dalam 140 karakter itu tidak mudah. Kemampuan komunikasi tertulis sangat dituntut. Berlatihlah mem-posting sesuatu dalam kalimat pendek, tanpa banyak singkatan tak jelas, dan tetap komunikatif. Pelajari bagaimana akun-akun para influencer dapat sedemikian komunikatif pada follower-nya. Ingat, kamu bukan selebriti top yang akan langsung mendapat follower berjibun atau retweet membanjir. Untuk bisa meraih banyak follower, kamu harus punya ketrampilan dalam menyampaikan pesan.

  • Kicauan yang informatif

Orang lebih suka mem-follow akun yang informatif ketimbang sekadar galau atau curhat. Apalagi jika informasi itu akurat, eksklusif, dan unik. Tak heran jika akun-akun, seperti @hotradero, @nukman, @unilubis, punya banyak follower dan kicauannya pun sering di-retweet, reply, atau dikutip. Mereka bukan selebriti seperti @radityadika, namun bisa punya pengaruh besar ke follower. Sebab kicauan mereka informatif, tak sekadar berisi galau dan obrolan random semata.Jadikan dirimu akun informatif, dan itu butuh kreativitas tersendiri. Kicauan informatif dapat dibangun dengan cara:

Update isu terkini

– Rajin membaca, menonton, mendengar

– Membuat opini yang menarik

– Senang berbagi informasi yang didapat dari sumber lain

– Pastikan informasi itu bukan hoax (cerita palsu)

  • Berinteraksilah

Mustahil bisa mendapatkan banyak follower dan teman kalau kamu tidak berinteraksi dengan akun-akun lain. Kunci utama dari media sosial adalah bersosialisasi, bergaul. Follow-lah akun-akun yang sesuai dengan bidangmu, passion-mu, hobimu, keahlianmu. Dari mereka kamu akan mendapat banyak hal berguna, inspirasi, dan teman-teman baru. Bukan sekadar mem-posting tweet, kamu juga wajib me-retweet,  reply, mention, mengutip, atau memfavoritkan, sebab itu bagian dari interaksi timbal balik antar sesama pengguna Twitter.

  • Berkontribusilah

Sama seperti pergaulan di dunia nyata, kamu dituntut punya kontribusi dalam suatu komunitas. Ketika ada peristiwa luar biasa seperti ben­cana alam, serangan terorisme, kampanye pemilu, dan sebagainya, akan muncul beragam tagar atau hashtag sebagai suatu penanda isu yang tengah gencar digaungkan. Ikutlah meramaikan isu-isu itu, se­bagai bukti bahwa dirimu punya perhatian pada sekitar. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan jumlah follower, sebab pada saat terjadi suatu peristiwa penting, animo pengguna Twitter di atas rata-rata. Ingat pula, media massa sering mengutip tweet-tweet menarik untuk melengkapi beritanya. Sekali tweet-mu dikutip, bisa punya pengaruh besar pada populeritasmu.

  • Perbanyak follower asli

Menambah follower membutuhkan waktu, tidak bisa instan. Kecuali kalau kamu menggunakan jasa membeli follower, dan ini sangat tidak direkomendasikan. Follower yang didapat dari membeli hanyalah akun-akun bot, spam, akun yang kena hack, dan bisa berimbas buruk pada reputasimu. Orang yang paham bisa dengan mudah mengetahui apakah follower kamu itu asli atau bukan.

Memang ada sebagian online shop atau public figure yang membeli follower untuk memancing follower asli. Namun jika tidak terpaksa benar, sebaiknya jangan. Semakin aktif kamu di Twitter, follower akan bertambah secara alami. Kian informatif dan berguna akunmu, kian banyak pula yang akan mem-follow dan me-retweet-mu.

  • Analisis pengaruhmu

Berapa jumlah minimal follower sebuah akun agar bisa menjadi buzzer? Sangat variatif. Ada brand atau vendor yang mensyaratkan minimal 2000, 5000, atau 10.000. Ada pula yang hanya mau berurusan dengan selebtweet alias pemilik akun yang sudah sangat kondang dan berpengaruh besar. Tetap saja ada pihak yang membutuhkan buzzer dengan jumlah follower masih kisaran ribuan, untuk mendukung buzzer utama mereka.

Jumlah follower bukan satu-satunya kriteria untuk menjadi buzzer. Seberapa pengaruh kita, seberapa banyak retweet, kutipan, mention, reply, favorit yang kita dapat, juga sangat menentukan. Apalah artinya follower berjibun, apabila pesan yang disampaikan tidak menyebar dengan baik? Agensi atau konsultan media sosial yang sering mencari buzzer untuk perusahaan punya pertimbangan khusus untuk menilai layak tidaknya suatu akun menjadi buzzer. Cara paling simpel untuk menilai sejauh mana pengaruhmu adalah dengan mengeklik https://analytics.twitter.com. Laman ini berisi analisis tweet mana yang paling berpengaruh, berapa banyak orang yang me-retweet, dan seterusnya.

  • Jalin kerja sama

Sudah punya jumlah follower lumayan dan kicauanmu cukup banyak mendapat respons? Inilah saatnya menawarkan diri untuk menjadi buzzer. Caranya:

  1. Berteman dengan sesama buzzer. Ada circle tertentu yang memang terdiri dari buzzer. Tak sulit memasuki circle ini selama kamu cukup interaktif dan punya pengaruh yang diperhitungkan. Pastikan kamu ada di circle buzzer yang sesuai dengan minatmu. Misalnya, kamu ingin menjadi buzzer film, bergaullah dengan circle orang-orang film, production house, dan sebagainya.
  2. Dekati selebtweet dengan cara sealamiah mungkin, sebab biasanya selebtweet sering menjadi buzzer leader yang membutuhkan buzzer pendukung. Jangan sok akrab saat ada maunya saja. Carilah selebtweet yang pas dengan bidangmu. Misalnya, kamu ingin jadi buzzer bidang sosial, follow-lah selebtweet yang aktif di bidang itu.
  3. Menjadi brand ambassador tak berbayar juga salah satu jalan perintis sebagai buzzer. Kamu tidak dibayar untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, tapi setidaknya kamu bisa menikmati produk atau fasilitasnya secara cuma-cuma. Kamu dapat menawarkan jasamu ke startup, LSM, atau organisasi-organisasi yang memerlukan buzzer. Jika kamu punya kenalan yang sedang merintis bisnis, kamu dapat menawarkan jasamu ke dia, secara cuma-cuma. Setidaknya aktivitas ini bisa menambah portofolio dan reputasimu sebagai buzzer.
  4. Bergabunglah dengan beberapa web yang menyediakan jasa penyedia buzzer bagi mereka yang membutuhkan, misalnya http://idbuzznetwork.com dan http://www.goviral.co.id.
Kenali berbagai aplikasi pendukung Twitter by pixabay.com

Tips Kerja

  • Kenali berbagai aplikasi pendukung Twitter, sebab ada banyak aplikasi yang memudahkan kita mengoperasikan Twitter. Tweetdeck dan Hoousuite merupakan dua aplikasi yang populer di kalangan buzzer. Kedua aplikasi ini bisa membantu kita:
  • Membuat jadwal tweet
  • Mengintegrasikan Twitter dengan Facebook
  • Membuat list atau kategori akun dan topik
  • Menganalisis pengaruh tweet
  • Menyingkat link
  • Menghindari spam, dan banyak lagi
  • Kapan waktu-waktu ideal? Ini layak dipahami seorang buzzer agar tweet-nya tidak sia-sia. Waktu yang dianggap efektif untuk menyampaikan pesan adalah saat jam sibuk antara pukul 4 hingga 8 pagi dan 7 hingga 10 malam. Namun ada pula yang menganggap jam setelah makan siang, yaitu jam 1 siang sampai jam 3 sore adalah waktu yang oke untuk berkicau. Semua akan sangat tergantung pada segmen dan klien.
  • Variasikan konten kicauanmu, sebab orang akan jenuh dengan tweet yang hanya berisi teks semata. Sesekali unggahlah foto, gambar, atau video, agar lebih eyecatching. Kemampuan desain grafis dasar akan sangat membantumu menciptakan tweet yang lebih kreatif. Meme dan infografis adalah dua jenis konten desain yang banyak diminati pengguna Twitter.
  • Hindari hard selling alias “berjualan” secara to the point, sebab ini terkesan kasar. Cobalah untuk membuat kultweet yang enak disimak, misalnya testimoni setelah mencoba suatu produk/jasa. Dengan begitu kamu tidak sekadar mempromosikan sesuatu, melainkan juga berbagi cerita yang menarik ke follower.
  • Jangan jadi spammer, terlebih lagi memakai jasa bot untuk mempromosikan suatu produk/jasa. Sebab bot atau spam sangat mengganggu, dan bisa-bisa kamu di-block dan di-unfollow massal.

Bagaimana Pendapatannya?

Untuk follower di bawah 5000, sekali tweet saja sudah bisa dihargai 200.000-250.000. Tanpa harus memikirkan konten, dan sudah diberi briefing oleh agensi. Jika punya blog, akan menjadi nilai plus, sebab konten blog bisa mendukung tweet dan tentu saja bayarannya di atas itu. Bayangkan, jika kamu punya puluhan ribu follower dengan pengaruh yang cukup besar. Metode pembayaran buzzer juga tergantung kesepakatan, ada pula yang dibayar per proyek. Misalnya saat ada Pilkada, launching gadget, rilis film baru, dan sejenisnya. Dengan hanya bekerja di akhir pekan atau hari libur, kamu bisa mengantongi ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tertarik?

3 Tools Analisis Gratis untuk Twitter by pexels.com

Tips Seru; 3 Tools Analisis Gratis untuk Twitter

  • Tweeroid

Memberimu petunjuk jam per jam siapa saja follower yang paling banyak online selama 24 jam. Tersedia juga grafik terpisah untuk hari-hari tertentu. Dengan begitu kamu bisa tahu kapan saat yang tepat untuk mem-posting sesuatu, disesuaikan dengan siapa saja follower yang sedang online.

  • Klout

Selain bisa membuat jadwal tweet, juga bisa mengukur performa kita di Twitter. Ada yang namanya skor Klout, yaitu skor atau nilai yang merupakan hasil pengukuran dari pengaruh yang kita hasilkan selama di Twitter. Skor Klout ini berubah per periode tertentu. Selain mengukur skor akun kita, kita juga bisa melihat skor akun-akun lain yang sudah pernah mendaftarkan akunnya ke Klout. Tool ini terintergrasi ke Facebook, LinkedIn, Instagram, Google+.

  • Twilert

Inilah versi Twitter dari Google Alerts. Fungsinya hampir sama, memberi tahu atau memperingatkan pengguna setiap ada pengguna lain yang membahas topik tertentu yang kita program. Twilert akan mengirimkan notifikasinya ke email kita. Dengan tool ini kita juga bisa memeriksa arsip lama Twitter berdasar keyword yang sudah dipesan. Tersedia 15 hari free trial untuk versi profesional dengan jumlah alert tanpa batas.

Sumber: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

1 tanggapan pada “Tips Menjadi Buzzer Twitter Dengan Bayaran Jutaan Rupiah”

Tinggalkan Balasan