Tips Membangun Relasi dan Pesona dalam Bisnis

Bagikan Artikel ini:

Terkadang bantuan justru dibutuhkan, dari orang yang tidak kita anggap penting. Perlu disadari bahwa kunci kesuksesan suatu bisnis adalah relasi yang kuat dengan berbagai macam orang. Memiliki jaringan relasi yang banyak, ibarat Anda memiliki bantuan pasukan dari berbagai kera­jaan. Ketika bantuan diperlukan Anda bisa langsung membuka daftar kartu nama atau kontak media so­sial Anda. Berikut adalah tips-tips bagi Anda dalam membangun relasi jangka panjang:

1. Keep in Touch

Pada jaman sekarang ini berb­agai media sosial dapat membantu Anda untuk tetap saling berhubungan. Baik melalui Birthday reminder, Status, Comment dan Chat. Manfaat­kan hal tersebut.

2. Tawarkan sesuatu sebelum meminta

Di dalam berhubungan terkadang muncul perasaan, “kalau ada maunya aja baru baik-” Untuk menghindarkan perasaan seperti itu, ada baiknya sebelum meminta bantuan bangun kedekatan terlebih dahulu, tanyakan kabar, kesibukan atau hobi. Tawarkan sesuatu yang dapat menguntungkannya, baru perlahan-lahan dengan sopan Anda meminta bantuan.

3. Jadilah teman yang profesional

Konsistenlah dengan perkataan Anda. Hormati batasan-batasan dalam berkomunikasi. Perhatikan bu­daya dan karakter orang lain.

4. Berikan apresiasi

Dengan mengapresiasi, Anda membuat orang lain merasa senang ber­hubungan dengan Anda. Ucapkan terimakasih dan apresiasi dengan pujian setelah Anda meminta bantuan. Katakan selamat apabila Anda mengetahui orang tersebut telah berhasil mencapai atau memiliki sesuatu. Carilah 3 orang rekan yang minimal sudah 6 bulan tidak berhubungan dengan Anda, sapa orang terse­but, tanyakan kabar dan pekerjaannya, dan apresiasi orang tersebut.

Pesona  dalam Bisnis

Charm/pesona adalah suatu kemampuan un­tuk menciptakan hubungan yang luar biasa sehingga orang lain di sekitar merasa luar biasa. Sebanyak 85% kesuksesan dalam bisnis dan kehidupan pribadi sepenuhnya ditentukan oleh ke­mampuan dalam komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Kemampuan Anda untuk menjadi orang yang me­mesona, disukai secara tulus dan menyenangkan akan membuka lebih banyak peluang bagi Anda dibanding kualitas lainnya. Di tempat kerja, per­forma kerja Anda bukanlah satu-satunya hal utama buat Anda menjadi seorang STAR diperusahaan, tetapi bagaimana membuat orang-orang di sekitar Anda menyukai dan mendukung Anda, akan sangat membantu jalan Anda menuju kesuksesan.

Maka mulai berlatihlah untuk menjadi memesona di tempat kerja, Anda akan menjadi seorang leader yang sangat berpengaruh dan mendapatkan banyak dukungan dari anak buah Anda. Memang tidak mudah menjadi memesona, tetapi kecerdasan sosial ini dapat dilatih. Berikut adalah tipsnya.

Buatlah semua orang di dekat Anda merasa ber­harga. Berikan perhatian, sapa mereka, berikan senyum hangat pada mereka. Menjadi pendengar yang baik, dengarkan pendapat mereka, hargai, dan berikan apresiasi Anda, sehingga mereka sangat nyaman berbicara dengan Anda. Jangan sungkan memuji orang lain untuk kesuksesan mereka, mere­ka akan mengingat pujian Anda, dan suatu saat akan membalasnya.

Mulailah untuk menjadi memesona di tempat kerja, buat orang-orang disekitar Anda merasa berhar­ga, dengarkan, apresiasi, dan jangan sungkan puji mereka dengan tulus.

Source: Panduan Singkat, Inspiratif, dan Aplikatif untuk Mencapai Kesuksesan di Tempat Kerja (Alvin Wibowo)

Bagikan Artikel ini:

Tinggalkan Balasan