Tips Bisnis Online Travel Agent seperti Traveloka

Kebutuhan rekreasi adalah kebutuhan semua orang. Tidak peduli siapa pun dia. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut orang-orang bisa melakukan sendiri atau dengan jasa travel. Semakin banyaknya para orang-orang yang ingin berwisata membuat bisnis ini tidak pernah redup. Bahkan menjadi salah satu bisnis yang “seksi”.

Dunia yang semakin cepat dan terhubung dengan koneksi internet menyentuh bisnis travel. Banyak perusahaan travel yang membuat website agar konsumennya bisa mengakses dan memesan di sana. Hal ini juga membuat orang-orang mencoba bisnis ini, online travel agent. Minimal adalah menjual tiket perjalanan, maksimal? Kamu bisa mengambil untung banyak dari paket wisata.

Memulai  Bisnis Online Travel

1. Jangan Takut Bersaing

Sudah banyak memang orang-orang yang berbisnis ini. Tetapi mereka semua tetap mendapatkan untung, bukan? Rahasianya? Karena semua orang ingin jalan-jalan dan menghamburkan uangnya. Jadi, kamu jangan takut mendapatkan untung yang sedikit.

2. Mencari Link Tiket & Tempat Wisata

Ini susah-susah gampang. Sebenarnya semua tiket dan tempat wisata telah terbuka di internet. Kamu bisa mencarinya di sana dan memperkirakan berapa harga yang akan kamu patok. Mudah, bukan?

3. Buatlah Website

Semuanya butuh melihat melalui website kamu. Mereka juga akan melihat portofolio kamu di sana. Selain menjual paket-paket travel kamu. Foto dan testimoni mereka yang menggunakan jasamu tidak salah untuk dimasukkan.

4. Siapkan Promosi Kamu

Setelah 3 hal tersebut sudah siap, saatnya kamu promosi besar-besaran. Mulailah dari yang terdekat, seperti keluarga, tetangga, dan teman. Nantinya kalau mereka puas, mereka akan menyebarkan travel online milik kamu.

Tips Menjalankan Bisnis Online Travel

Menjalankan bisnis online travel membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Setelah persiapan awal kamu selesai, saatnya melangkah ke langkah selanjutnya. Apa saja langkah selanjutnya?

  • Peka terhadap keadaan. Dunia wisata tidak selalu sama setiap bulan, bahkan minggu. Bisa saja saat ini sedang musim naik gunung tetapi bisa saja langsung berubah menjadi musim wisata ke daerah candi.
  • Buatlah paket perjalanan yang menjangkau banyak tempat. Orang-orang tentunya tidak hanya berwisata ke sebuah tempat. Ketika ada paket yang menjangkau banyak tempat, mereka akan memilih tersebut.
  • Respons secepat dan seefektif mungkin keinginan pelanggan. Jika mereka kurang suka dengan paket yang kamu jualan. Segera berikan alternatif lain. Jangan kehabisan akal untuk menggaet pelanggan kamu.
  • Berikan servis terbaikmu. Kuncinya dalam usaha travel walaupun kamu online. Jangan sampai kecewakan pelanggan.
  • Tawarkan objek wisata baru. Kalau kamu tahu sebuah tempat dan itu belum pernah terjamah tetapi memiliki potensi tinggi. Rekomendasikan ke pelangganmu. Banyak pelanggan yang menginginkan sebuah pengalaman baru. Ini bisa menjadi nilai positif untuk kamu.

Menjadi online travel agent tidak sulit dan tidak membuang waktu yang banyak. Kamu bisa mengerjakan ketika pulang kerja atau weekend. Kamu tinggal tunggu pertanyaan dari calon pelanggan masuk ke dalam gadgetmu.

Menggunakan media sosial juga menjadi salah satu nilai tambah dalam penjualanmu. Sudah bukan rahasia, kalau banyak bisnis berhasil melejit karena media sosial. Apalagi banyak orang juga sekarang mencari online travel melalui media sosial.

Kantongmu juga perlahan akan semakin tebal. Apalagi ketika memasuki musim liburan. Minimal adalah dari penjualan tiket perjalanan. Kamu bisa meraup keuntungan yang lebih, bahkan sembari kamu liburan. Menarik sekali bukan bisnis ini?

Kisah Sukses Umur 23 Tahun Keluar Dari Pekerjaannya dan Sukses di Bisnis Online Travel Agent

Namanya adalah Mark Trim, penemu website roundabouttravel.com.au. Dari bisnis tersebut, dia mendapatkan 6 miliar dolar selama setahun. Cukup menarik, bukan? Apalagi di usianya yang masih mudah sudah mendapatkan penghasilan sebanyak itu.

Dia berhasil mengubah pendapatan yang sebelumnya hanya $900.000 menjadi $6 miliar dalam waktu yang singkat. Kuncinya dia adalah menggunakan fasilitas yang ada di internet, seperti Google AdWord, Twitter, dan Facebook.

Bagi Trim, Facebook adalah media sosial yang cocok untuk “berteman” dengan pelangganmu setelah mereka memakai jasamu. Pertemanan ini yang nantinya akan membesarkan produkmu. Sedangkan Twitter, dia gunakan ketika orang-orang lain kebanyakan menggunakannya untuk terkoneksi dengan teman-temannya. Kisah yang inspiratif, bukan? Mark Twin saja bisa, apalagi kamu? Di mana kondisi sekarang berbeda dengannya di tahun 2008. Jadi, jangan pikir lama-lama. Yuk, berbisnis di bidang ini.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan