Tidak Ada Kata Terlambat Menjadi Pengusaha

Akhir-akhir ini kita dijejali dengan banyak sekali kisah para entrepreneur yang berhasil meraih kesuksesan di usia muda, seperti Mark Zuckerberg (Facebook), Evan Burn (The Odyssey), Jack Dorsey (Twitter), dan masih banyak lagi. Belum lagi entrepreneur muda Indonesia, seperti Elang Gumilang (Elang Group), Andrew Darwis (Kaskus), Achmad Zaky (Bukalapak), dan lain-lain.

Apakah dengan melihat kenyataan itu yang berusia lebih dari 35 tahun sudah sangat terlambat jika baru mulai berbisnis sekarang? Faktanya, ada banyak sekali entrepreneur yang baru mulai berbisnis di usia lebih dari 35 tahun dan berhasil meraih kesuksesan. Hal ini dibuktikan pula dengan hasil penelitian yang dilakukan Kauffman Foundation. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa pemilik start-up yang berusia di atas 35 tahun memiliki lebih banyak pengalaman yang bisa dijadikan modal utama untuk menjalankan bisnis. Richard Branson (CEO Virgin Group) juga mengatakan hal yang sama, bahwa entrepreneur berusia matang lebih memungkinkan untuk mencapai ke suksesan dalam menjalankan bisnis karena kaya akan pengalaman dan lebih bijaksana dalam mengambil berbagai keputusan penting.

Berikut beberapa alasan lain calon entrepreneur berusia di atas 35 tahun belum terlambat mulai berbisnis.

  1. Banyaknya pengalaman di masa lalu akan membuat kita cenderung lebih praktis dalam mengelola pengeluaran, bijak menyusun budgeting, juga tahu mana peluang bagus dan manayang tidak, berkaitan dengan kesepakatan bisnis ataupun negosiasi lainnya.
  2. Semakin tua, jaringan pertemanan kita semakin luas. Dengan adanya media sosial saat ini, teman-teman semasa sekolah dulu (mulai dari SD, SMP, hingga di perguruan tinggi) kembali terhubung dengan kita dan memungkinkan kita men jalin kerja sama dengan orang-orang yang minatnya sama dengan kita, mencari investor, mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan, dan mendapatkan daftar klien dan calon konsumen yang panjang, bahkan bisa meminta referensi untuk mendapatkan karyawan yang berbakat dan memiliki kemampuan terbaik.
  3. Dalam upaya pengadaan dana, para entrepreneur berusia matang lebih banyak mendapatkan kemudahan. Seperti pada poin sebelumnya, jaringan pertemanan yang luas memungkinkan kita lebih mudah mendapatkan investor. Ketika mengajukan pinjaman di bank besar pun prosesnya jauh lebih mudah karena biasanya di usia 35 tahun ke atas ini kita sudah memiliki aset yang bisa dijadikan jaminan.
  4. Ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki juga telah terasah dengan baik dan bisa digunakan sebagai modal dasar untuk memulai bisnis, meski dalam prosesnya tetap di perlukan upaya untuk mempelajari hal-hal baru, terutama yang berkaitan dengan bisnis.

Dengan banyaknya alasan bagi kita untuk mulai berbisnis di usia yang sudah tidak muda lagi masa kita mau membuang kesempatan untuk memiliki bisnis sendiri dan mencapai sukses berikutnya?

Entrepreneur sukses yang berbisnis di usia lebih dari 35 tahun

  • Jan Koum mendirikan WhatsApp.
  • Michael Arrington memulai TechCrunch.
  • Tim Westergren memulai Pandora.
  • Jimmy Wales mendirikan Wikipedia
  • Mark Pincus mendirikan Zynga.
  • Robert Noyce mendirikan Intel.
  • Robin Chase mendirikan ZipCar.
  • Craig Newmark mendirikan CraigsList.
  • Ray Kroc memulai McDonald.
  • John Pemberton menciptakan Coca Cola.
  • Harland Sanders memulai KFC.

Sumber: 101 Problem Solving for Entrepreneur

Tinggalkan Balasan