Menghafal Al-Quran Membantumu untuk Menemukan Jodoh

Bagikan Artikel ini:

Menghafal Al-Quran mampu mendekatkan kebahagiaan dunia akhirat, apalagi cuma sekadar jodoh buat kamu. Tapi ingat, jangan niat menghafal quran cuma buat dapetin jodoh doang.

Kuncinya tetap harus ikhlas, tulus semata-mata karena Allah karena kalau niatnya salah, bisa jadi petaka di akhirat sana. Jodohnya mungkin bisa aja didapetin, tapi kebahagiaan akhirat malah enggak dapat. kan, sayang.

Menghafal Al-Quran Masa Jomblo Terindah

Masa-masa menghafal Quran memang menjadi masa-masa yang sangat indah. Hampir semua penghafal Quran pasti merasakan betapa indahnya masa-masa yang dulu dilaluinya ketika berjuang menghafal Quran. Bahkan, ada momen-momen tertentu yang sulit terlupakan ketika mereka masih dalam proses menghafal. Tak sedikit juga yang meskipun sudah bertahun-tahun, dari pertama kali menghafal, mereka selalu ingat di mana ayat-ayat tertentu dihafal, di masjid atau kamar, termasuk kapan pertama kali ayat-ayat tersebut dihafal, bagaimana suasana hati ketika itu, semuanya kadang tak bisa terlupakan.

Kalau kamu memang mau—atau barangkali sudah mulai—mengisi masa-masa jomblo dengan menghafal Quran, masa-masa jomblo kamu akan menjadi masa-masa yang sangat berkesan. Masa-masa ini bisa bermanfaat jika diceritakan kepada anak-cucu kamu nanti. Mereka akan merasa bangga memiliki ayah atau ibu seorang penghafal Quran sehingga mereka juga bisa saja termotivasi untuk menjadi penghafal Quran seperti kamu.

“Masa-masa indah menghafal Quran ini bukan hanya akan dirasakan saat di dunia saja. Saat tua nanti, terlebih di akhirat sana, kita akan benar-benar sadar betapa masa-masa yang kita tempuh bersama Quran di dunia menjadi salah satu penentu kebahagiaan kita di sana.”

Jomblo-jomblo lain bisa saja bangga karena bisnis, bangga karena karier yang sukses, tetapi apa yang mereka capai itu belum tentu jadi jaminan kebahagiaan mereka di akhirat nanti yang abadi.

Tapi dengan menghafal Quran, Insya Allah akhirat ada di dalam genggaman. Apalagi kalau kuliahnya sukses, bisnisnya sukses, hafiz Quran pula, wah jomblo top markotop itu namanya.

Manfaat Menghafal Al-Quran untuk Jomblo

Manfaat menghafal Quran untuk para jomblo via pexels.com

Sebenarnya, banyak sekali manfaat manfaat bagi siapa pun yang menghafal Quran, tanpa terkecuali buat para jomblo ini. Apalagi menghafal Quran adalah salah satu bentuk amal ibadah yang sangat jelas pahalanya. Di samping itu, Quran juga mampu memberikan pengaruh-pengaruh positif, baik terhadap mental maupun fisik.

Dengan menghafal Quran, diharapkan tumbuh karakter-karakter yang positif dalam diri para jomblo sehing ga mereka dapat menjadi manusia-manusia yang berakhlak mulia.

Berikut ini manfaat menghafal Quran untuk para jomblo.

Pertama,

biar hati selalu merasakan kesejukan dan ketenangan. Quran memang memiliki pengaruh yang sangat hebat terhadap hati seseorang. Mereka yang benar-benar beriman akan merasakan energi yang luar biasa ketika membaca atau mendengar ayat-ayat Quran. Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwa di antara ciri orang beriman itu adalah apabila dibacakan ayat-ayat Allah, bergetar hatinya sekaligus bertambah pula keimanannya.

Kedua,

biar waktu kosong selalu terisi dengan bacaan Quran. Berapa banyak waktu kosong yang sudah disia-siakan kemarin? Berapa banyak waktu yang hanya diisi dengan tidur atau mengurung diri di dalam kamar? Kalau kamu menghafal Quran, selain waktu kosong menjadi penuh dengan pahala kebaikan, kamu juga enggak akan merasakan kejenuhan karena men-jomblo.

Ketiga,

biar enggak ada kesempatan untuk berpikiran hal-hal yang negatif. Seseorang yang enggak punya banyak kegiatan, khususnya yang jomblo, biasanya pikirannya suka ke mana-mana, bahkan enggak sedikit yang kerjaan melamun mulu. Dengan menghafal Quran, kita berarti mengusir pikiran-pikiran negatif itu dari pikiran kita sehingga selalu optimis dan bahagia.

Keempat,

meningkatkan kecerdasan karena otak selalu terlatih dengan menghafal ayat-ayat Quran. Otak yang semakin dilatih akan semakin cerdas. Sebaliknya, jika jarang-jarang dilatih, otak bukan tidak mungkin menjadi tumpul.

Kelima,

salah satu cara mempersembahkan kemuliaan untuk kedua orang tua. Kalau yang pacaran kerjaannya cuma ngabisin duit orang tua maka yang jomblo justru harus bisa menyenangkan mereka. Karena kalau sama-sama bikin jengkel orang tua, enggak ada bedanya sama yang pacaran. Menghafal Quran itu salah satu cara agar kita bisa bikin senang orang tua. Bahkan di akhirat nanti—sebagaimana hadits Nabi saw.—kedua orang tua penghafal Quran itu akan diberikan pakaian kehormatan yang harganya sangat mahal sehingga kalau digambarkan dunia dan seisinya digunakan buat beli tuh pakaian, niscaya enggak akan terbeli.

Mereka nanti akan bertanya,

“Kenapa kami diberi kemulia an yang sangat besar seperti ini?”

maka dijawab,

“Karena anakmu hafal Quran.”

Saat itulah, puncak kebahagiaan kedua orang tua karena anaknya.

Orang tua mana yang enggak mau anaknya menjadi hafiz, mertua mana yang enggak mau mantunya hafal Quran, perempuan mana yang enggak mau dapat jodoh lelaki hafiz Quran, atau lelaki mana yang enggak mau dapat jodoh perempuan seorang hafizah Quran. Itulah salah satu contoh kemuliaan dunia yang Allah berikan buat para penghafal Quran. Bahkan walaupun enggak diminta, Allah akan memberi sesuatu yang lebih baik untuk para penghafal Quran.

Barangsiapa yang disibukkan oleh Quran sehingga tidak sempat meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan kepadanya sesuatu yang justru lebih baik daripada apa yang Aku berikan kepada mereka yang selalu meminta kepada-Ku.” (H.R. At-Tirmidzi)

Orang lain bisa aja berdoa minta dikasih jodoh yang cantik atau ganteng, kemudian Allah mengabulkan doanya. Tapi untuk para penghafal Quran, karena sibuknya ia bersama Quran sehingga enggak sempet berdoa minta jodoh cantik atau ganteng, Allah bukan hanya sekadar bisa ngasih yang cantik dan ganteng, bahkan bisa jadi jauh lebih cantik dan jauh lebih ganteng dari yang dimintanya. Bahkan lebih dari itu, bisa jadi orangnya juga kaya, keturunannya baik, dan kesalehannya luar biasa.

Bagikan Artikel ini:

1 tanggapan pada “Menghafal Al-Quran Membantumu untuk Menemukan Jodoh”

  1. Bagaimana solusi bagi gadis yg sulit diajak segera menikah, sebab ia takut hafalan Alqurannya hilang padahal ia sudah selesei hafalan Alquran? Trimakasih banyak jika dijawab, lebih baik jika ada artikel yg memotivasi gadis yg sulit menikah setelah selesei hafal Alquran

Tinggalkan Balasan