Memilih dan Membangun Platform Website Bisnis Online

Banyak orang yang tanpa disadari sudah menjalankan bisnis online secara tak sengaja. Misalnya menawarkan jasa atau produk melalui pesan instan WhatsApp, Line, atau BlackBerry Messenger. Banyak pula yang sukses menggolkan transaksi melalui Facebook atau Twitter. Tidak sedikit orang yang melakukan jual beli jasa atau produk di forum-forum online seperti Kaskus. Semua aktivitas itu tetap tergolong bisnis online, walau sifatnya tidak intens. Apabila ditekuni secara serius, bisa lebih berkembang lagi. Pesan instan maupun media sosial sebenarnya hanya sebagian dari fitur penunjang dalam bisnis online.

Ada 4 platform web bisnis online:

1. Web/blog personal

Platform ini berupa web atau blog yang kita bangun sendiri. Web seperti ini sangat pas bagi pebisnis online bidang jasa dan manufaktur. Sebab mereka bisa melakukan personalisasi secara optimal, sesuai dengan bidang bisnisnya. Web jenis ini hanya menampilkan produk atau jasa milik satu pihak, bisa perusahaan atau individu. Tidak ada produk lain yang akan muncul di web ini, kecuali sudah bekerja sama dalam bentuk sponsorhip atau iklan. Sekarang nyaris semua organisasi, perusahaan, atau individu yang berbisnis online, mempunyai web official semacam ini. Bahkan yang tidak berbisnis online pun membangun web resmi, sebagai representasi mereka di dunia maya.

Kalau kamu seorang pebisnis yang menawarkan jasa (copywriting, desain grafis, konsultasi, pengembang aplikasi, dan sejenisnya) akan sangat pas dengan web jenis ini. Begitu juga jika kamu seorang seniman lukis, ilustrator, pematung, pembuat kerajinan tangan, atau memproduksi suatu karya yang ingin dijual, maka web jenis ini menjadi pilihan yang cukup ideal. Sebab di sini kamu dapat menampilkan karya-karyamu tanpa ada batasan space. Karena ini adalah web yang dibangun sendiri, maka kamu harus menentukan sendiri aturan main, metode transaksi, sampai eksekusi jasa atau pengiriman barang.

Contoh:

http://yolanderprinzel.com, web milik copyrwiter.

http://www.wescoatfineart.com, web milik ilustrator.

http://www.libertytravel.com, web milik agen perjalanan.

2. Online shop untuk seller

Bingung dengan kerumitan membuat web personal? Tenang, tersedia online shop yang memfasilitasi semua fitur penjualan bagi penjual perorangan. Web jenis ini menyediakan laman khusus bagi seller yang ingin bergabung dan menawarkan produknya dalam kategori khusus. Sangat pas bagi para pekerja seni seperti pelukis, pematung, perancang perhiasan, ilustrator, atau penjual benda-benda unik dan antik. Dengan menjadi anggotanya, kamu bisa berjualan, mendisplai, menikmati aneka fitur dan fasilitas yang tersedia.

Web jenis ini cukup menguntungkan, sebab memfasilitasi penjual dengan aneka fitur untuk berpromosi (ada yang berbayar, ada yang gratis), serta fasilitas bertransaksi yang aman. Kamu tidak perlu repot-repot merancang web sendiri, atau memikirkan bagaimana metode transaksinya. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana mengoptimalkan promosi dan servis. Ada biaya yang harus dibayar, bisa bulanan, bisa pula sistem komisi.

Contoh:

Etsy.com, online shop khusus kerajinan dan produk antik.

3. Online shop untuk retailer

Berupa toko online milik pihak lain yang menyediakan laman untuk para penjual. Jenis produknya beragam, tapi dalam kategori yang nyaris sama. Misalnya, khusus produk fashion, maka mereka khusus menyediakan produk-produk yang berkaitan dengan fashion, seperti pakaian, sepatu, tas, kosmetik, dan aksesorinya. Tidak sembarang penjual bisa bergabung dengan web ini, sebab ada kriteria khusus, seperti kualitas produk, rekam jejak, reputasi, dan sejenisnya. Maka hanya penjual tertentu saja yang bisa bekerja sama dengan pengelola web. Bahkan sebagian produk memang dimiliki oleh pemilik online shop yang bersangkutan.

Web jenis ini cocok bagi kamu yang ingin berjualan produk yang ada di satu kategori. Misalnya kamu memang menyukai dunia fashion, maka bisa memilik web yang memang spesifik menjual produk fashion beserta aksesorinya. Bagi yang suka dengan gadget, bisa bergabung di online shop yang khusus menjual aneka gadget. Namun kamu harus bisa memenuhi kriteria dan mematuhi aturan online shop ini.

Contoh:

– Berrybenka.com, khusus pakaian, sepatu, tas, serta aksesorinya.

– Bhinneka.com, khusus produk komputer, smartphone, beserta aksesorinya.

4. Online marketplace

Populer juga dengan sebutan online mall, sebab menyerupai mall yang menyediakan gerai-gerai bagi penjual. Jenis produk yang dijual sangat bervariasi dan luas cakupannya, selama itu berupa produk yang bisa dikirim melalui jasa kurir. Beda dengan web online shop, tidak ada seleksi khusus bagi penjual yang ingin bergabung di web ini. Tapi tetap saja mereka harus mematuhi semua kriteria dan peraturan yang ditetapkan pengelola web. Keanggotaannya tidak terbatas hanya bagi penjual, pembeli pun bisa menikmati layanan serupa, dan sewaktu-waktu bisa menjadi penjual juga. Kalau kamu berminat untuk menjual beraneka macam produk tanpa batasan kategori, maka online marketplace cocok buatmu. Kamu juga bisa menikmati banyak fasilitas untuk promosi dan transaksi.

Contoh:

Bukalapak.com dan Tokopedia.com

Memilih dan Membangun Platform Website Bisnis Online by pexels.com

Tips Praktis Membangun Web

Berminat untuk membuat web yang sangat merepresentasikan bisnismu sendiri? Idealnya, walau lebih tertarik bergabung dengan online shop atau online marketplace, memang sebaiknya tetap punya web khusus tentang bisnis yang kamu tawarkan. Kehadiran web sama dengan sebuah kantor virtual yang mewakili eksistensimu di dunia maya. Kini, membangun web bukan hal sulit lagi. Pada dasarnya ada 3 cara membuat web yang bisa kamu pilih.

  1. Do It Yourself

Tersedia banyak perusahaan hosting yang menawarkan tools untuk membangun webmu sendiri. Software ini sudah mencakup image library, payment gateway, inventory tracking, dan fitur lain yang mempermudah pengelolaan web. Mulai dari desain sampai jenis fitur pendukung bisa kamu pesan sesuai kebutuhanmu. Biasanya mereka sudah menyediakan paket beserta hosting dan domain. Dalam hitungan jam, kamu sudah dapat memiliki web, dan siap dioperasikan.

  1. Membayar desainer profesional

Cara lain yang mudah adalah membayar seorang desainer web profesional untuk mengkostumisasi template. Dengan cara ini biasanya kamu bisa mendapat akses lebih besar untuk memilih template. Bahkan ditambah juga dengan jasa lain seperti audio, video, atau copywriting. Memang harus ada penambahan bujet untuk ini, tapi bisa dipastikan pilihan desain web jauh lebih banyak dan bervariasi.

  1. Web online store yang dipersonalisasi

Kalau kamu sangat serius ingin punya web online store yang khas, dengan fitur sangat lengkap, maka inilah jawabannya. Kamu bisa membangun online store dengan template yang memang khusus didesain untuk bisnismu. Tidak ketinggalan semua fitur pendukung untuk melakukan transaksi, inventori, dan sejenisnya. Semua akan disesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu. Tapi tentu saja ini membutuhkan bujet lumayan besar dibanding dua pilihan sebelumnya.

Sumber: 99 Langkah Sukses Berbisnis E-Commerce

2 tanggapan pada “Memilih dan Membangun Platform Website Bisnis Online”

Tinggalkan Balasan