Kiat Sukses Menjadi Ilustrator Online

Banyak perusahaan di berbagai bidang yang membutuhkan jasa seorang ilustrator, entah itu agensi, penerbitan buku atau bahkan media massa. Ilurstrasi sendiri memiliki fungsi memperjelas maksud dari narasi yang ada, sekaligus digunakan untuk mempercantik narasi. Untuk memenuhi kebutuhan ilustrasi banyak perusahaan yang mempekerjakan tenaga freelance.

Dengan menjadi ilustrator freelance kamu hanya perlu sesekali bertemu dengan klien untuk membicarakan hal-hal yang krusial, seperti konsep ilustrasi. Selebihnya kamu hanya perlu mengirimkan hasil ilustrasimu kepada klien. Tidak terlalu sulit untuk menjadi seorang ilustrator online, ikuti saja langkah-langkah ini.

Bagaimana memulainya?

Pastikan kamu memiliki ketrampilan menggambar. Untuk menjadi seorang ilustrator hal utama yang kamu butuhkan adalah ketrampilan menggambar. Jadi pastikan kamu memiliki ketrampilan menggambar baik secara manual maupun digital. Jika kamu sudah memilikinya, asah terus kemampuanmu hingga kamu percaya diri untuk menjadi ilustrator yang profesional.

1. Spesifikasi bidang

Dunia ilustrasi memiliki bidang yang beragam tergantung berkolaborasi dengan bidang apa. Jika kamu gemar membuat ilustrasi buku maka kamu bisa fokus pada bidang itu. Jika kamu menyukai ilustrasi fashion kamupun bisa fokus. Pilihlah spesifikasi bidang ilustrasi yang kamu sukai.

2. Buatlah portofoliomu

Jika kamu bingung ilustrasi apa yang harus kamu buat untuk menjadi portofolio sebaiknya mulailah membuat berbagai macam ilustrasi segala sesuatu yang kamu sukai menjadi versi kamu. Misalnya, jika kamu menyukai suatu judul buku maka kamu bisa membuat ilustrasi versi kamu yang berbeda dengan ilustrasi di buku tersebut.

3. Unggah portofoliomu

Selanjutnya kamu bisa mengunggah hasil ilustrasimu ke blog atau media sosialmu. Kamu bisa membuat blog atau pun media sosial yang mengutamakan gambar sebagai fiturnya, seperti Instagram, DevianArt, atau Pinterest. Gunakan blog dan media sosial itu sebagai sarana mempromosikan ilustrasimu.

4. Bergabung dengan komunitas

Apalah gunanya ilustrasi yang bagus bila kamu tidak memiliki jaringan yang luas? Sebaiknya bergabunglah dengan komunitas freelance, seperti www.freelancer.com atau www.ruangfreelance.com untuk mendapat informasi perkerjaan freelance, seperti ilustrator online.

Cara Kerja Ilustrator Online

Meski menggambar adalah ketrampilan utama yang harus dimiliki oleh seorang ilustrator namun itu bukan satu-satunya. Ada beberapa hal yang harus kamu kuasai sebagai seorang ilustrator, antara lain:

1. Miliki pemahaman dan kemampuan tentang proses kreatif

Segala suatu pekerjaan dalam bidang kreatif selalu mewajibkan pekerja memahami proses kreatif, tidak terkecuali profesi ilustrator. Untuk menghasilkan ilustrasi yang menarik dan unik diperlukan ide-ide kreatif pula, ide ini biasanya datang melalui proses kreatif yang dilalui sang ilustrator. Kunci utama melakukan proses kreatif adalah keinginan belajar yang tinggi.

2. Berani mengungkapkan ide kreatif

Jika kamu memiliki berbagai ide kreatif kamu harus berani mengutarakan ide tersebut. Sebab jika hanya dipendam ide kreatif tersebut akan terlupa olehmu. Jika perlu, kamu bisa mencatat ide-ide kreatif yang mungkin saja secara mendadak terlintas dipikiran kamu.

3. Memiliki pengetahuan tentang warna, pola, maupun tekstur visual

Menjadi seorang ilustrator akan sangat akrab dengan tiga hal tersebut. Dengan pengetahuan tentang ketiga kamu bisa memadupadankan dengan tepat berbagai warna, pola ataupun tekstur visual untuk mempercantik ilustrasimu.

4. Kemampuan untuk memahami apa yang diinginkan klien

Ilustrasi yang dibuat oleh ilustrator harus mampu menjelaskan secara garis besar narasi yang ada. Sehingga untuk menghasilkan ilustrasi yang pas seorang ilustrator harus bisa memahami apa yang diinginkan kliennya.

5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang selain memudahkan perkejaanmu juga akan memberikan kesan bahwa kamu bekerja secara profesional. Jika kamu ingin menjadi ilustrator go international, ada baiknya kamu mengasah kemampuan bahasa Inggrismu agar bisa berkomunikasi dengan baik.

6. Mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu

Pertimbangkan dan negosiasikan waktu perkiraan kamu mampu menyelesaikan ilustrasi yang diminta. Ini pun akan menjadi tolak ukur apakah kamu sudah profesional atau belum.

Akan menjadi nilai tambah bagi seorang ilustrator baik online maupun offline jika menguasai berbagai software untuk mendesain. Misalnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrasi, InDesign, dan sebagainya. Jika kamu tertarik untuk menjadi ilustrator online yang profesional ada baiknya kamu mulai belajar dan membiasakan diri menggunakan software seperti itu. Kamu juga harus memanfaatkan teknologi digital dengan hadirnya pena dan tablet digital khusus menggambar interaktif yang semakin mempermudah pekerjaan kamu.

Bagaimana Pendapatannya?

Satu yang pasti jika kamu menjadi seorang ilustrator online, bersabar. Sebab ilustrator online biasanya menerima bayaran per proyek dengan skema diawal akan memperoleh 20%-30% total pembayaran sebagai tanda jadi kerja sama kemudian sisanya dibayarkan saat ilustrasi selesai. Sayangnya, tidak semua klien bisa tepat waktu melaksanakan kewajibannya tersebut.

Meski demikian, profesi yang menuntut kreativitas ini tergolong profesi dengan penghasilan yang menjanjikan. Setidaknya ilustrator mampu mengantongi 7 juta – 10 juta rupiah dari satu proyek. Namun perlu diingat, nilai tersebut tergantung dari kemampuan dan pengalaman ilustrator itu sendiri.

Kisah Sukses Diela Maharanie Akuntan Yang Sukses Jadi Ilustrator

Sedari kecil Diela sudah menyukai menggambar dan melukis. Ia pun sempat mengikuti les menggambar saat sekolah dulu. Hanya saja saat itu Diela masih belum menyadari kemampuan menggambarnya itu. Meski begitu, sejak dulu Diela seperti tidak bisa lepas dari dunia menggambar.

Saat kuliah akuntansi di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Diela dipertemukan dengan teman-temannya yang juga suka menggambar. Diela pun kembali meneruskan kesukaannya menggambar. Setelah lulus kuliah dan bekerja sebagai seorang akuntan, Diela mulai berani mengunggah karyanya di media sosial DevianArt. Saat itu, Diela tanpa sengaja sudah menemukan karakter yang pas untuk ilustrasinya, tokoh perempuan yang penuh warna dan pola serta memiliki ceritanya masing-masing.

Sejak saat itu, Diela mulai menyadari passion-nya pada dunia seni, ilustrasi tepatnya. Berhenti menjadi akuntan dan beralih profesi menjadi ilustrator di sebuah perusahaan adalah jalan yang dipilih Diela. Karena tidak memiliki latar belakang pendidikan sebagai ilustrator, Diela hanya berbekal kumpulan portofolio yang telah dia unggah di akun DevianArt miliknya.

Setelah berhasil menjadi seorang ilustrator di sebuah perusahaan, tahun 2011 Diela memilih hengkang dan mencari jalannya sendiri. Alasan utama Diela adalah keinginan kuat dirinya untuk mempertahankan kebebasan karakter gambar yang ia miliki. Diela pun akhir menjadi seorang ilustrator freelance.

Kini Diela sudah menjadi salah satu ilustrator Indonesia yang berhasil merambah kancah internasional. Tahun 2010 lalu, Diela turut berpastisipasi dalam pameran seni ilustrasi South East South West (SESW) di Austin, Amerika Serikat yang diadakan oleh DevianArt.com. Selain itu, hasil karya Diela berupa poster film Postcards From The Zoo juga pernah diikutsertakan dalam kompetisi di Festival Film Internasional Berlin.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan