Kesalahan Manajemen Top Down

Salah satu tugas entrepreneur adalah menjadi pemimpin dalam tim. Betapapun sedikitnya jumlah orang yang terlibat dalam tim kita sekarang, mengabaikan pendapat bukanlah hal yang bijak.

Richard Greenbury, CEO Marks & Spencer, tidak mengetahui perubahan yang terjadi di pasar. Meski merek Marks & Spencer telah mencapai sukses, generasi muda lebih menyukai barang-barang merek lain yang terlihat lebih menarik. Pada saat bersamaan terjadi pula perubahan gaya berpakaian dalam masyarakat, para dewasa muda yang semula berpakaian meniru orang tua mereka, tiba-tiba ingin berpakaian seperti remaja lagi.

Para manajer toko Marks & Spencer mengetahui perubahan ini, tetapi mereka memutuskan untuk menyembunyikan berita buruk ini dengan alasan Richard Greenbury dikenal sebagai CEO yang susah didekati dan sulit diajak berkomunikasi. Akibatnya, laba Marks & Spencer menurun drastis pada tahun 1998.

Richard Greenbury bukan termasuk pemimpin yang baik karena seorang pemimpin harus turun tangan secara langsung untuk melihat perubahan cepat yang terjadi di pasar. Hal ini berbeda dengan yang dilakukan Sam Walton. Sam terus mengamati apa yang terjadi di lini depan usahanya. Ia mengendarai truk menuju setiap area bongkar-muat Wal-Mart dan berbicara dengan para pekerja tentang berbagai masalah yang dihadapi para pekerja.

Jika saat ini kita baru mau mulai berbisnis, maka bersyukurlah, karena sekarang kita tahu apa yang seharusnya dilakukan untuk kelangsungan bisnis kita. Sementara untuk mencegah kesalahan seperti yang dilakukan Richard Greenbury, ada baiknya kita mempelajari strategi Work Out yang telah diterapkan Jack Welch.

Caranya:

  1. Siapkan satu masalah, agenda bisnis, atau tantangan untuk tim kerja.
  2. Undang tim kerja berdiskusi bersama.
  3. Bila jumlah anggota tim kerja cukup banyak, bagi mereka dalam kelompok-kelompok kecil. Bila hanya beberapa, biarkan mereka mewakili suara mereka sendiri.
  4. Setelah memberitahukan agenda Work Out (masalah, mencari ide baru, atau memberi tantangan), tinggalkan mereka sejenak. Sementara itu, setiap kelompok mulai membuat daftar masalah, saling debat atas masalah tersebut, lalu membuat daftar ide untuk dipresentasikan di hadapan kita.
  5. Setelah waktu yang disepakati habis, minta mereka mempresentasikan ide-ide mereka. Tugas kita membuat keputusan saat itu juga: menerima ide yang diajukan, menolaknya, atau meminta lebih banyak informasi.
Baca juga  Apakah Ada Pacaran Islami? Berikut Solusi Perasaan Cinta Seorang Manusia Kepada Lawan Jenisnya

Work Out adalah rapat internal dalam perusahaan, yang bertujuan membuang kegiatan yang tidak perlu; mengeluarkannya dari sistem.

Manfaat Work Out

  1. Membangun rasa saling keterbukaan dan percaya dalam tim
  2. Ide mengalir lebih cepat dari berbagai sumber
  3. Usaha akan lebih berkembang karena merasa memiliki hak dan tanggungjawab untuk ikut memecahkan masalah
  4. Semua orang dalam tim kerja menjadi lebih produktif

Sumber: 101 Problem Solving for Entrepreneur

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan