Enam Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Enam Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

“Dari mata turun ke hati”. Karena peribahasa di atas, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan penampilan yang maksimal. Beragam cara rela ditempuh, salah satunya dengan rutin melakukan perawatan tubuh dan wajah di klinik kecantikan. Nah, dari sekian banyak masalah kulit yang diadukan, tipe wajah berminyak memang sering kali jadi problematika tersendiri; khususnya bagi kaum hawa. Bagaimana tidak, wajah berminyak dipercaya sebagai faktor utama munculnya beberapa gangguan kulit wajah, seperti pori-pori besar, komedo, hingga jerawat.

Sebenarnya, ada cara lain untuk menangani wajah berminyak selain dengan pergi ke klinik kecantikan. Kamu bisa membuat masker alami buatan sendiri demi mengurangi produksi minyak di wajah. Yuk, cobain masker-masker berikut!

1. Masker Lemon

Lemon mampu melembutkan serta mengurangi produksi sebum. Ini dia tiga pilihan masker berbahan dasar lemon yang dapat kamu coba:

  • Perasan air lemon. Masker ini terbuat dari perasan air lemon. Kamu bisa menambahkan air secukupnya bila khawatir kulit akan mengalami iritasi karena terlalu tingginya kandungan vitamin C dalam buah lemon.
  • Masker lemon dan putih telur. Untuk membuat masker ini, kamu perlu mencampurkan dua butir putih telur dengan satu sendok air lemon. Aduk sampai rata, lalu oleskan pada wajah selama 10 – 20 menit.
  • Masker lemon dan oatmeal. Demi mendapatkan kulit wajah yang halus dan lembut, kamu dapat mencampurkan satu cangkir oatmeal, satu sendok makan yoghurt, dan satu sendok teh air lemon. Aduk sampai rata untuk kemudian diaplikasikan pada wajah selama 10 – 15 menit.
2. Masker Tomat

Tingginya kandungan vitamin A dan C pada tomat membuat buah yang satu ini dapat kamu manfaatkan sebagai bahan dasar masker wajah. Caranya, haluskan beberapa buah tomat, lalu tambahkan perasan air jeruk secukupnya. Setelah itu, baru aplikasikan ke wajah selama beberapa menit. Mudah, bukan?

3. Masker Nanas

Meskipun terdengar janggal, namun masker nanas terbukti dapat mengecilkan pori-pori serta mengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan nanas yang sudah dihaluskan dengan air kelapa; atau santan. Lalu, oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas sampai bersih dengan air hangat.

4. Masker Semangka

Jarang yang mengetahui bahwa selain menyegarkan, semangka juga berkhasiat untuk mengurangi produksi minyak wajah. Tertarik mencoba? Kamu cukup menyediakan daging buah semangka, gel lidah buaya, serta beberapa iris mentimun. Haluskan ketiga bahan tesebut, lalu oleskan pada wajah. Diamkan masker sampai benar-benar menyerap ke kulit wajah sebelum dibilas dengan air dingin, ya!

5. Masker Mentimun

Mentimun yang kaya akan zat anti-inflamasi ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya, blender mentimun dengan 4 – 5 lembar buah mint dan satu cangkir air. Lalu, saring sampai air patinya didapat. Barulah celupkan kapas ke dalamnya untuk kemudian ditempelkan ke wajah.

6. Masker Stroberi

Untuk membuat masker ini, kamu membutuhkan satu sendok air lemon, dua butir putih telur, 3 sendok makan madu, dan beberapa butir stroberi. Campur semua bahan tersebut hingga benar-benar halus. Lalu, aplikasikan ke wajah selama 10 menit sebelum dibilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat.

Sumber: Beautyclopedia 110 rahasia kulit cantik alami (Go Dok)

Tinggalkan Balasan