Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Technology Support Online  

Kamu kesulitan dengan problematika teknologi? Seperti laptop nge-hang, printer tidak berfungsi, handphone kamu mati total atau laptop kamu blue screen. Ketika dalam keadaan sulit tersebut, kamu malas datang ke gerai servis terdekat. Kamu mencari di mesin pencari tetapi bingung untuk melakukan apa.

Saat kamu mengalami hal tersebut, kamu bisa menghubungi technology support online. Kebanyakan perusahaan besar memiliki divisi ini. Tetapi masih ada yang tidak memiliki. Terlebih, jawaban mereka bisa jadi menambah kamu bingung. Alasan-alasan tersebut menjadi dasar orang-orang membuka startup di bidang technology support. Sebenarnya, banyak juga yang bekerja secara freelance dan online. Sehingga kamu bisa mencoba pekerjaan ini.

Bagaimana Memulainya?

1. Memiliki Ketertarikan Tinggi Terhadap Dunia Gadget

Jika kamu adalah gadget freak, kamu sangat cocok untuk pekerjaan ini. Tetapi bagaimana dengan kamu yang tidak terlalu mengerti? Kamu bisa belajar melalui buku atau internet. Bergabung bersama forum dan komunitas gadget. Pelajari secara perlahan. Intinya kamu memiliki ketertarikan yang baik terhadap dunia ini.

2. Mempunyai Sifat Solutif

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk menyelesaikan sebuah masalah. Banyak orang akan menganggap kamu bisa memberikan solusi. Kalau kamu berada dalam kondisi tidak bisa membantu apa pun, kamu harus bisa memberikan mereka berbagai pilihan lain yang bisa membantu. Biasakan menjadi orang yang solutif sebelum mencoba pekerjaan ini.

3. Membuat Website

Orang mungkin akan mencari diri kamu di website penyedia jasa freelance. Tetapi akan lebih baik jika kamu memiliki website. Dengan memiliki website, orang-orang akan lebih percaya kepada diri kamu dibandingkan mereka yang hanya menyediakan jasa secara pribadi.

4. Terbiasa Berbicara Dengan Orang yang Tidak Dikenal

Pekerjaan kamu nanti tidak menuntut kamu bertemu dengan orang-orang. Kebanyakan mereka akan menghubungi melalui instant messaging atau email. Tetapi bukan berarti kamu menjadi lebih mudah. Kamu juga harus mampu menghadapi mereka. Kamu dituntut bisa memberikan solusi dalam bentuk kalimat. Tentunya semua itu karena kamu terbiasa berinteraksi dengan orang-orang.

Baca juga  Tips dan Trik SEO Untuk Meningkatkan Traffic Toko Online

5. Mengambil Sertifikat

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa pekerjaan ini memiliki sertifikasi. Tetapi faktanya memang technology support memiliki sertifikasi yang sangat ketat. Sebisa mungkin kamu mendapatkan sertifikat A+. Kamu bisa mengambil sertifikasi tersebut di  https://certification.comptia.org/certifications/a.

Pekerjaan ini sangat menyenangkan, khususnya bagi kamu gadget freak. Kamu bisa menolong orang dan menyalurkan kemampuan kamu di sini. Technology support juga tidak memaksa kamu memiliki jam kerja tertentu. Kamu bisa saja online saat malam hari atau kapan pun sesuka kamu.

Technology support juga bisa menjadi saran kamu untuk belajar segala macam gadget. Dari yang terbaru hingga yang terakhir. Kamu juga bisa mempelajari berbagai macam orang dan permasalahan dengan gadget mereka. Beruntung jika kamu bertemu dengan orang yang mengerti gadget dan saling bertukar pikiran.

Tips Memulai Kerja

1. Belajar Menjadi Ahli AntiVirus

Semua orang yang berkonsultasi masalah gadget dengan diri kamu, kebanyakan adalah karena virus. Salah satu cara tercepat adalah membeli antivirus tersebut. Siapa pun tahu bahwa harga antivirus sangat mahal. Dengan membuat sendiri antivirus atau ahli di bidang ini, kamu bisa mendapatkan kepercayaan customer kamu dalam mengatasi masalah ini.

2. Buatlah Konten & Desain Web yang Bagus

Di atas kami telah menyuruh kamu untuk memiliki website. Tetapi percuma jika website kamu tidak memanjakan mata para pengunjung. Ada banyak website technology support yang bisa kamu tiru, yaitu:

  • www.help.247techies.com
  • www.gotoassist.com
  • www.zopim.com
  • www.techguy.com
  • www.onguardonline.com

3. Membuat Bisnis di Bidang Ini

Suatu saat nanti, ketika kamu sudah memiliki jam terbang tinggi, kamu pasti bosan bekerja sendiri. Kamu juga akan memiliki reputasi yang tinggi. Jika kamu sudah ada di kondisi tersebut, kamu harus memikirkan untuk memulai bisnis atau startup di bidang ini. Lima website yang kami sebutkan sebelumnya adalah contoh mereka yang berbisnis di bidang ini. Sebut saja TechGuy yang menjadi salah satu perusahaan terpercaya di bidang ini. Keuntungan lain adalah tidak semua technology support resmi di Indonesia mampu melayani customer mereka dengan baik. Sehingga kamu bisa mengambil pasar tersebut.

Baca juga  Bagaimana Memulai Bekerja Sebagai Konsultan SEO?

4. Punya Marketing yang Baik

Ketika kamu memulai bisnis atau berusaha sendiri secara freelance, kamu harus belajar marketing. Salah satu cara marketing yang paling murah adalah menggunakan media sosial. Kamu bisa mempromosikan kemampuan di sana. Apalagi banyak sekali pengguna media sosial di Indonesia. Saran dari kami adalah kamu memanfaatkan Facebook. Di sana kamu bisa membuat fan page dan bisa langsung menjawab pertanyaan mereka melalui fitur message.

Bagaimana Pendapatannya?

Kamu sudah melaksanakan semua tips kami. Kamu juga pasti akan bertanya berapa yang didapatkan dari pekerjaan ini? Tenang. Kami memiliki jawabannya. Menurut website payscale.com kamu bisa mendapatkan sekitar $33.000 – $68.000.

Berbeda dengan PayScale, www1.salary.com menginformasikan pendapatan seorang technology support adalah sekitar $33.000. Gaji tertinggi bisa mencapai $49.430. Referensi lainnya berasal dari www.itcareerfinder.com. Menurut situs tersebut kamu bisa mendapatkan penghasilan sekitar $43.000 – $58.000.

7 Rahasia Menjadi Five Star Technology Support dari DataMation.com

  1. Komunikasi yang Clear

Kamu harus mampu menjadi seorang komunikator ulung. Kamu harus pandai memilih kata walaupun dunia gadget penuh istilah yang membingungkan. Kamu harus merangkai dan menjelaskan semuanya dengan sederhana ke customer kamu.

  1. Jangan Membuang Waktu

Kamu akan memiliki banyak customer. Kamu harus mampu menyelesaikan solusi mereka semua. Satu-satunya cara adalah jangan pernah membuang waktu. Jika kamu sudah menjelaskan dengan baik tetapi customer kamu belum mengerti. Jelaskan sekali lagi dengan padat lalu pindah ke customer lain.

  1. Mendapatkan Feedback Baik

Ketiak kamu selesai memberikan solusi atas masalah customer kamu, jangan lupa untuk menyuruh mereka mengisi kolom feedback. Di dunia bisnis, feedback dari orang lain adalah penting.

  1. Membuat Semuanya Sederhana

Kamu tahu kalau mereka pasti mencari solusi di internet sebelum bertemu kamu. Hal ini menjadi tantangan bagi kamu. Bagaimana mereka menjadikan kamu sebagai solusi pamungkas. Sebagai solusi pamungkas kamu harus bisa menjadi lebih sederhana daripada solusi di internet.

  1. Tidak Berasumsi Apa pun
Baca juga  Mengenal Pasar Online (eCommerce) dan Manfaatnya

Jangan pernah berasumsi apa pun terhadap customer kamu. Selalu jadikan customer sebagai orang biasa. Jangan anggap remeh mereka. Sering kali jika orang menganggap remeh, mereka akan kesulitan untuk mengatasi sebuah masalah.

  1. Edukatif

Setelah kamu mencapai tahap solutif, kamu harus mencapai tahap edukatif. Di mana tidak hanya menyelesaikan masalah, tetapi mampu membuat customer kamu bisa mengaplikasikan solusi kamu terhadap kehidupan gadget mereka.

  1. Follow Up

Coba sesekali menanyakan kabar customer kamu. Follow up apakah mereka sudah nyaman dan tenang dengan solusi dari kamu. Hal ini akan menjadi nilai tambah pasca-servis kamu.

Source: 60+ Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan