Cara Memulai Bisnis Jual Beli Domain

Kalian pasti sering membuka www.google.com atau www.facebook.com. Apa persamaannya? Mereka memerlukan domain untuk membuat sebuah website. Apakah domain itu susah untuk didapatkan? Jawabannya tidak. Buktinya? Banyak sekali website dari yang berkonten baik hingga buruk. Bahkan yang berkonten buruk dan dihapus oleh pemerintah setempat pun akan segera hadir lagi. Begitu mudahnya kan membuat sebuah website?

Dalam pembuatan sebuah website, kita membutuhkan seseorang atau institusi penjual domain. Hal ini yang mendorong banyak sekali situs-situs yang menjual domain. Dari yang biasa saja hingga mereka yang menyediakan domain dengan spesifikasi premium. Lantas, apakah kamu bisa menjadi penjual domain? Jawabannya sangat bisa.

Bagaimana Memulainya?

1. Pahami Dunia Website

Pelajarilah banyak hal di dunia ini. Lihat-lihatlah banyak website buatan orang. Terutama website yang populer. Dari sana kamu bisa mengetahui bagaimana kebutuhan orang terhadap sebuah domain.

2. Intiplah Penjual Domain Lain

Dalam dunia usaha ini bukan hal yang salah. Kamu bisa meriset bagaimana kondisi orang-orang dalam menjual domain. Apalagi kamu masih buta dalam dunia domain ini.

3. Jangan Gaptek

Dunia jual beli domain menuntut kamu tahu banyak hal. Dari masalah kecepatan, isi domain, atau bentuk domain harus kamu pelajari. Kondisi ini menuntuk kamu agar tidak gagap terhadap hal seperti ini. Bisa-bisa nanti calon customer kamu kabur karena kamu tidak tahu hal-hal seperti ini.

4. Website Fortopolio Domain Kamu

Ini hal penting lainnya, kalau kamu masih awal mungkin kamu belum memiliki fortopolio banyak. Kamu bisa menggunakan contoh website yang menggunakan domain milik kamu. Sehingga calon customer kamu ada gambaran jika mereka membeli domain dari kamu.

Dunia jual beli domain masih belum tersentuh banyak orang di Indonesia. Kesempatan untuk berkarier masih sangat-sangat terbuka lebar. Apalagi di Indonesia banyak orang memilii ide kreatif untuk memulai bisnis yang memerlukan domain. Ditambah pertumbuhan dunia usaha yang terus meningkat dari masa ke masa.

Selanjutnya jika kamu sudah memulai dan mulai menikmati hasil dari jual beli domain. Kamu juga harus terus meningkatkan beberapa hal untuk melanggengkan bisnis kamu ini. Caranya?

  • Terus tingkatkan cara penjualan domain kamu. Tidak sepeti awal-awal, sekarang kamu harus memikirkan teknik lain. Entah memberikan promo atau menambahkan beberapa fitur.
  • Perbarui keadaan domain yang kamu jual. Orang-orang akan beralih jika tidak ada peningkatan dalam usahamu ini. Apalagi ada seseorang yang menjual domain lebih “enteng” dari punyamu.
  • Jika kamu mempunyai tim. Tanyakan kepada mereka atau kamu bisa membuat survei di lingkup tim kamu tentang keadaan bisnis ini. Apakah sudah memuaskan customer atau belum. Jika tidak, kalian bisa mengevaluasi dan meningkatkan produk kalian.
  • Memberikan pelayanan secepatnya terhadap calon pembeli. Di dunia jual beli domain ini, jika kamu tidak cepat menanggapi customer Mereka akan langsung beralih ke tempat lain dan itu akan merugikanmu.
  • Kembangkan usahamu tidak hanya di Indonesia. Banyak orang-orang di luar sana juga membutuhkan domain. Bahkan domain yang kamu jual bisa saja dibeli oleh mereka. Tetapi kamu harus melakukan peningkatan, salah satunya adalah bisa melakukan percakapan bahasa Inggris.

Bagaimana Pendapatannya?

Jual beli domain adalah sebuah wilayah penjualan yang masih sangat basah. Kamu bisa mendapatkan untung yang banyak. Apalagi kamu bisa mematok harga bukan dengan rupiah tetapi dolar. Apalagi kamu bisa menjual banyak domain dalam satu hari.

Jika kamu menjual harga termurah adalah 100.000 dan berhasil menjual 10 domain dalam satu hari, berapa yang kamu dapat? Cukup besar bukan untuk usaha dalam satu hari? Apalagi jika ini hanya usaha sampinganmu.

Itu keuntungan dari dalam Indonesia. Jika kamu telah dipercaya untuk mengurus pasar internasional? Keuntunganmu tidak lagi sedikit, apalagi kamu dibayar menggunakan dolar. Kamu bisa menjadi miliarder dalam semalam.

Tips Kerja Jual Beli Domain

  • Perbanyak menggali ilmu sampai kamu benar-benar menguasai dunia ini. Jual beli domain bukanlah sebuah perkara yang gampang. Tidak bisa langsung jadi seketika. Sederhananya, kamu harus melakukan banyak perbaikan di sana sini untuk mencapai keuntungan maksimal.
  • Buatlah sebuah tim. Kamu bisa saja sendiri mengerjakan ini. Kamu nantinya akan bekerja seperti calo. Tapi kamu tentu tidak ingin mendapatkan keuntungan kecil terus-menerus, bukan? Buatlah tim, bagi tugas dan jaga irama tim kamu.
  • Buatlah banyak promo di tiap bulannya. Atur pengelolaan uang di tim kamu. Sewaktu-waktu berikan promo pembelian domain, agar usahamu terlihat keren dan berpihak pada konsumen.
  • Buatlah target penjualan per hari, per minggu, dan per bulan. Ini akan membantu diri kamu untuk meraih untung yang maksimal. Tingkatkan juga melalui teknik marketing yang baik.
  • Buatlah alur marketing di dunia online yang baik. Kamu bisa menggunakan promosi melalui media sosial, iklan, atau buzzer.

Kisah Sukses Mike Mann, Pria yang Menjual 14.962 Domain Sehari

Jika ada pria yang yang kaya dalam semalam karena menjual domain, dia adalah Mike Mann. Dia adalah seorang pria yang beruntung berbisnis di internet. Mike Mann membangun segalanya dari tahun 1990-an hingga sekarang.

Awalnya dia memiliki sebuah domain bernama menus.com yang pada saat itu ditawar $25.000. Hal ini yang mendorong Mann untuk berbisnis di bidang jual beli domain ini. Dia terus-menerus mengembangkan usahanya dari hari ke hari.

Pada tahun 2012, Mann mencetak salah satu rekor dalam kehidupannya. Dalam sehari dia berhasil menjual hampir 15.000 domain. Salah satu cara dia untuk mencapai level tersebut adalah dengan bekerja keras. Sisanya adalah mencari orang yang sesuai dengan visinya.

Perusahaannya yang bernama NameMedia terus-menerus menjadi besar. Ini semua berkat jual beli domain. Sebuah usaha yang belum terlalu terdengar di Indonesia. Walau pun sudah ada beberapa yang tergerak berusaha di bidang ini, bukan berarti menciutkan nyali kamu untuk menjadi seperti Mike Mann, bukan?

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan