7 Pola Pikir Yang Harus Dimiliki Pengusaha

1. Selalu Mencari dan Melihat Kesempatan

Menjadi entrepreneur artinya harus mau selalu berada di depan, mampu memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki, menyukai tantangan, dan terbuka terhadap perubahan.

2. Memahami Bahwa Inovasi Adalah Kunci Sukses

Entrepreneur memahami dengan baik bahwa bisnis dapat berkembang kalau ia terus melakukan inovasi, yang membuatnya dapat menciptakan produk dan jasa yang bisa mengikuti tren dan selera pasar.

3. Selalu Menciptakan Nilai

Entrepreneur tahu kalau kesuksesan bisnis bukan sekadar meluncurkan produk baru, melainkan menciptakan nilai suatu produk (maupun jasa) agar mampu memenuhi kebutuhan pasar, termasuk meningkatkan nilai jual.

4. Menerima Diri Apa Adanya

Entrepreneur harus mengenal dan menerima dirinya apa adanya, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Hal itu akan sa ngat membantu dalam menghadapi rasa takut, khawatir, bahkan menghadapi kegagalan.

5. Membangun Jaringan

Entrepreneur akan mengelilingi diri mereka dengan orang-orang positif, yang mampu memberi masukan, dukungan, dan menginspirasi. Semakin besar jaringan yang dibangun, semakin banyak peluang-peluang terbaik yang bisa mereka dapatkan.

6. Memiliki Rencana dan Tujuan Jangka Panjang

Entrepreneur mempersiapkan diri dengan rencana-rencana yang sistematis dan terukur, yang telah disusun dengan matang. Kemudian, ia akan fokus menjalankan setiap rencana, satu per satu, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

7. Optimis dan Berani

Kebanyakan orang senang berpikiran negatif yang jauh lebih mudah, sementara entrepreneur tidak membiarkan pikiran tersebut memenuhi kepalanya. Ia lebih memilih berpikiran positif yang dapat membangkitkan rasa optimis di dalam dirinya sehingga ia bisa menjalani hidup dan bisnisnya dengan lebih berani, termasuk berani menerima dan menghadapi tantangan, risiko, dan kegagalan sekaligus mencari solusi untuk meng atasinya.

Fakta yang tak bisa dipungkiri, segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita berasal dari pola pikir kita sendiri. Pada saat berpikir bisnis yang dijalani akan mencapai kesuksesan maka kesuksesan itu bisa benar-benar kita raih. Sebaliknya, saat kita berpikir bisnis itu akan gagal, itulah yang benar-benar terjadi. Para entrepreneur mengetahui tentang kekuatan pikiran ini. Itu

sebab nya, mereka sangat berhati-hati dalam berpikir. Hanya pikiran baik, positif, dan optimis saja yang akan memenuhi kepala dan hati mereka.

Hidup Anda merupakan cerminan dari apa yang Anda yakini di dalam batin. Dan apa yang Anda yakini di dalam batin akan berada di bawah kontrol Anda.” Rhonda Byrne, penulis buku The Secret.

Sumber: 101 Problem Solving for Entrepreneur

Tinggalkan Balasan