6 Langkah yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Menjadi Calon Entrepreneur Sukses

Banyak di antara kita yang saat ini berprofesi sebagai karyawan atau pekerja dan belum memiliki usaha sendiri. Kita beranggapan, menjadi pekerja jauh lebih aman karena tidak ada risiko besar yang harus kita tanggung, kecuali PHK, gaji pasti setiap bulan, tidak perlu pusing memikirkan strategi pengembangan usaha, cukup men jalankan jobs desk masing-masing agar terhindar dari ancaman PHK, dan berusaha mencapai target dan progress yang ditetapkan perusahaan. Pada akhirnya, semua kenyamanan inilah yang menjadi alasan kita untuk tidak beralih profesi menjadi seorang entrepreneur.

Padahal, kita hanya butuh lima langkah berikut saja untuk menjadi entrepreneur.

1. Hadapi Fakta

Pekerjaan yang Anda tekuni saat ini ibarat bom waktu karena akan selalu ada perubahan yang terjadi tanpa bisa Anda sangka. Akibat perubahan dalam bidang industri dan ekonomi, hidup dan karier cemerlang yang Anda miliki saat ini bisa terjungkir-balik secara mendadak. Sangat tidak ‘aman’ jika penghasilan Anda hanya berasal dari satu sumber.

2. Harus Punya Tujuan

Tentukan tujuan terlebih dahulu, yaitu memiliki bisnis yang terus berkembang dan menguntungkan dengan beberapa pelanggan setia yang terus memberi pemasukan bagi Anda. Tanpa adanya tujuan, Anda bisa ‘tersesat’ di tengah jalan.

3. Pelajari Keterampilan Baru

Ada banyak keterampilan dan kemampuan yang Anda miliki selama menjadi karyawan, tidak lagi bisa digunakan, karena Anda tidak lagi berprofesi sebagai karyawan yang menjual waktu untuk mendapatkan uang. Saat ini, mulailah menjual ide-ide brilian dan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Jadi:

  • Pelajari ilmu leadership dan cara membangun suatu tim kerja yang solid.
  • Tingkatkan kemampuan berkomunikasi dan negosiasi.
  • Cari tahu lebih banyak mengenai hal-hal yang berhubungan dengan entrepreneurship.

4. Miliki Impian Besar dan Passion

Impian besar adalah syarat berikutnya yang harus Anda miliki jika ingin menjadi seorang entrepreneur. Coba pikirkan dengan cermat, apa impian yang hingga saat ini belum terwujud? Kemudian cari tahu, apakah impian itu merupakan suatu ke giatan yang juga menjadi passion Anda? Jika jawabannya ‘YA’ maka inilah saatnya Anda bergegas mewujudkan impian. Salah satu cara agar semuanya bisa terwujud adalah dengan menjadi entrepreneur.

5. Mengambil Risiko dan Tidak Takut Gagal

Saat mengambil keputusan untuk menjadi seorang entrepreneur, Anda pasti dihadapkan pada ketidakpastian. Semua rencana telah tersusun dengan begitu sempurna, tetapi saat merealisasikannya, pasti ada hal-hal yang terjadi di luar prediksi. Inilah yang dinamakan risiko. Akan selalu ada risiko tak terduga dalam setiap pilihan-pilihan hidup yang Anda ambil. Beranikan diri mengambil risiko dan jangan takut gagal. Hasil akhir selalu berbanding lurus dengan usaha dan tekad Anda berjuang mewujudkan setiap rencana yang telah disusun. Ingat pula bahwa kegagalan bukan berarti akhir, melainkan jeda sesaat yang menuntut Anda untuk belajar lebih banyak lagi.

6. Bekerja Keras Pantang Menyerah

Tidak ada jalan tol yang bisa Anda lalui untuk membangun usaha dalam waktu satu malam. Dibutuhkan proses yang tidak mudah dan tidak sebentar demi mewujudkan usaha impian. Oleh karena itu, diperlukan niat yang kuat untuk mau bekerja keras, tahan banting, ulet, dan pantang menyerah, mulai hari pertama merintis usaha hingga kelak usaha sudah berjalan.

Sumber: 101 Problem Solving for Entrepreneur

Tinggalkan Balasan