5 Langkah Menjadi Desainer Website Profesional

Website sekarang menjadi salah satu representasi utama dari sebuah perusahaan. Orang akan cenderung mencari tahu tentang perusahaan melalui website resminya. Hal ini disadari betul oleh banyak perusahaan. Mereka pun berlomba-lomba untuk membuat website perusahaan sebagus mungkin. Demi mendapatkan hasil website yang maksimal banyak perusahaan mempekerjakan desainer website paruh waktu. Ini adalah kesempatan bagus yang harus kamu manfaatkan.

Bagaimana menjadi desainer website?

  1. Memiliki minat dan kemampuan tentang programming

Ini adalah syarat jika kamu ingin menjadi desainer website. Selain kamu harus memiliki minat tentang bahasa programming yang menurut mayoritas orang rumit, kamu juga harus menguasai bahasa pemrograman tersebut. Ada beberapa bahasa pemrograman dasar yang sering digunakan untuk mendesain website, antara lain HTML, CSS, Javascript, Ajax, JQuery, PHP, Adobe Photoshop, dan yang lainnya.

  1. Kreatif

Seorang desainer website harus memiliki kerativitas yang tinggi. Sebab mereka selalu dituntut untuk menyajikan sebuah desain-desain baru yang tidak dipikirkan oleh orang lain. Untuk menjadi sosok yang kreatif, setiap orang memiliki caranya masing-masing. Misalnya rajin membaca buku, menyaksikan pertunjukan, menonton film, berlibur, dan lain sebagainya. Namun perlu kamu ingat, jangan pernah takut mengkritik diri sendiri atau dikritik oleh orang lain.

  1. Mengetahui proses pembuatan website

Pekerjaan desainer website yang utama adalah membuat sebuah website. Untuk itu, jika kamu ingin menjadi seorang desainer website kamu harus mengetahui bagaimana proses pembuatan website. Pelajarilah cara termudah dalam membuat website, mulailah dengan cara membuat website gratis terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Banyak-banyaklah membaca buku panduan membuat website, selain itu kamu bisa mencari tutorial membuat website di internet, terutama di Youtube yang dilengkapi video step by step.

  1. Buat portofolio

Jika sudah mengetahui cara membuat website, mulailah mempraktikannya. Sebagai pemula, mulailah membuat website untuk dirimu sendiri. Gunakan domain yang bisa kamu pakai secara gratis terlebih dahulu, misalnya blogspot.com atau wordpress.com. Jika hasilnya sudah cukup membuatmu puas, kamu bisa merambah website dengan domain berbayar, seperti .com atau .co.id. Pastikan betul kamu menguasai praktik pembuatan website ini dan pastikan juga bahwa hasilnya sudah semaksimal mungkin yang kamu mampu. Sebab, website yang telah kamu buat itu adalah portofolio yang kamu jadikan modal dalam menggaet klien.

  1. Gabung dengan komunitas

Untuk mendapatkan klien dengan lebih mudah ada baiknya kamu bergabung dengan komunitas, seperti www.freelancer.co.id atau www.ruangfreelance.com. Di sana kamu bisa bertemu dengan sesama desainer website freelance bahkan menemukan klien yang cocok dengan kamu.

Tips menjadi desainer website profesional

  • Selalu ikuti tren teknologi. Ini akan sangat berguna bagi desainer website untuk meng-update terus pengetahuan tren teknologi apa yang sedang diminati, sehingga desainer website bisa saja mengadopsi tren tersebut ke dalam website yang dimuat untuk menimbulkan kesan masa kini.
  • Secara kepribadian, seorang desainer website juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan ini diperlukan untuk menghindari kesalahpahaman antara desainer website dengan kliennya. Sebab, desainer website harus bisa memahami betul apa yang diinginkan dan diharapkan klien terhadap website- Desainer website juga harus mampu menjelaskan kepada klien apa yang perlu dan tidak perlu dihadirkan dalam website tanpa mengesampingkan keinginan dari klien itu sendiri. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik, kesepahaman akan hal tersebut akan sangat sulit tercapai.
  • Dalam membuat sebuah website mungkin desainer website mampu mengerjakannya seorang diri. Namun tentunya setelah membuat website, selanjutnya akan dikelola, inilah yang rasanya belum tentu bisa dilakukan desainer website seorang diri. Diperlukan bantuan seorang administrasi website untuk mengelolanya. Untuk itu, seorang desainer website juga harus mampu bekerja secara tim.
  • Seorang desainer website dituntut untuk selalu kreatif dan juga inovatif dalam menciptakan sebuat desain website yang dapat merepresentasikan perusahaan yang bersangkutan. Sebelum membuat website, desainer website harus merencanakan terlebih dahulu desain seperti apa yang akan dibuat. Yang terpenting adalah desain website harus mampu merepresentasikan tentang perusahaan tersebut. Jadi, desainer website harus mengetahui detail tentang perusahaan klien mulai dari apa yang diinginkan klien, siapa target klien, siapa pesaing klien, produk apa yang jual, dan lain sebagainya.
  • Guna meningkatkan kualitas, tidak ada salahnya bagi seorang desainer website mempelajari dasar dari photo editing dan SEO. Ini jelas akan sangat bermanfaat bagi desainer tersebut. Dengan teknik photo editing gambar dalam website akan lebih maksimal. Sedangkan dengan SEO website bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencari seperti google.com.
  • Secara berkala akan lebih baik jika desainer website membuat laporan mengenai hasil kerja website yang telah dibuat. Dengan laporan tersebut klien akan mengerti apakah website tersebut memberikan manfaat atau tidak bagi perusahaan.
  • Jangan lupa untuk bersikap profesional. Usahakan untuk selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas sesuai kesepakatan dengan klien.

Bagaimana pendapatan desainer website?

Desainer website memang banyak dicari baik di luar negeri maupun dalam negeri. Penghasilan yang menjanjikan membuat banyak orang tertarik untuk menjadi desainer website profesional. Pihak perusahaan pun tidak segan-segan merogoh kocek dalam demi terciptanya website yang sesuai harapannya. Desainer website yang berkarier secara internasional rata-rata mampu memiliki penghasilan sebesar US$30.000 – US$70.000 untuk satu buah website. Sedangkan yang berkarier di dalam negeri rata-rata desainer website memiliki pernghasilan dikisaran 5 juta hingga 20 juta setiap satu website.

Sumber: 60+ Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan