5 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis

Menurut Bill Gross, pendiri Idealab dan seorang serial entrepreneur, dalam video TED Talk-nya mengatakan ada lima faktor yang menentukan sukses tidaknya suatu bisnis. Faktor-faktor ini perlu diketahui siapa pun yang ingin menjadi entrepreneur agar tidak mengalami kegagalan.

Untuk menemukan faktor-faktor tersebut, Bill Gross melakukan survei pada 200 perusahaan. Hasil survei itu menemukan bahwa faktor pertama dan utama yang menentukan kesuksesan suatu bisnis dipengaruhi pemilihan waktu yang tepat saat meluncur kannya. Faktor kedua dengan hasil 32 persen ditentukan tim kerja dan eksekusi bisnis. Selanjutnya secara berurutan diikuti dengan kekuatan ide bisnis, perencanaan yang matang dan ketersediaan modal.

Jika diuraikan secara lengkap faktor-faktor tersebut maka berikut penjelasannya.

1. Pemilihan Waktu yang Tepat

Contoh yang diangkat Bill Gross adalah Airbnb yang lahir pada masa resesi ekonomi di Amerika Serikat. Pada waktu itu ada pertumbuhan ekonomi masyarakat di sana mengalami pe nurun an. Ketika itu ada anggapan bahwa tidak ada orang yang mau menyewakan rumahnya untuk ditempati orang asing. Faktanya, ada banyak pemilik rumah yang mau me nye wa kan rumah atau hanya ruangan kamar demi mendapatkan penghasilan tambahan. Di saat yang sama, banyak wisatawan dengan dana terbatas membutuhkan penginapan murah. Bisnis ini pun langsung diterima pasar dan maju pesat hingga saat ini. Selain Airbnb, kita masih bisa menemukan start-up lain yang juga mengalami perkembangan yang sangat pesat karena pemilihan waktu meluncurkan bisnis yang tepat, seperti UBER, Gojek, Bukalapak, dan sebagainya.

2. Tim Kerja dan Eksekusi

Agar dapat berhasil memulai bisnis, kita harus memiliki tim kerja yang solid dan memiliki semangat juang yang tinggi untuk mewujudkan dan mengeksekusi ide-ide bisnis yang telah direncanakan dengan sebaik-baiknya. Memulai startup secara mandiri memang mungkin dilakukan, tetapi hasil yang didapat pasti berbeda dengan ada tidaknya tim kerja.

3. Kekuatan Ide Bisnis

Kekuatan ide menjadi faktor berikutnya yang memegang peranan sukses tidaknya bisnis. Ada banyak di antara kita yang punya ide buka usaha sendiri dengan menjual sesuatu, tetapi masih bingung produk atau jasa apa yang layak dijual. Ide seperti ini kurang kuat. Sama halnya kalau kita hanya mengikuti produk atau jasa yang sudah ada di pasaran tanpa melakukan inovasi, kita akan tetap kesulitan mengembangkan bisnis. Sekarang bandingkan, ide awal bisnis kita adalah layanan penyediaan tiket event. Ide ini cukup menjanjikan mengingat sering sekali berbagai event diadakan di Indonesia. Di saat yang sama, ada banyak pula orang yang kesulitan memperoleh tiket suatu event yang ingin dihadiri. Maimilu, marketplace event, telah membukti kan ide ini berhasil diwujudkan.

4. Model Bisnis dan Perencanaan

Memang ada banyak entrepreneur yang memulai startup mereka tanpa model bisnis dan ternyata bisa berhasil. Meski tidak memiliki model bisnis, mereka pasti memiliki perencanaan yang matang, tahap demi tahap yang harus dilakukan agar ide-ide sederhana bisa diwujudkan menjadi bentuk nyata dalam suatu bisnis yang bergerak dan mengalami perkembangan signifikan. Jadi, kalau kita ingin bisnis kita sukses, buat perencanaan matang (ditambah dengan memiliki model bisnis) maka segala sesuatu yang awalnya tampak tak mungkin bisa saja menjadi mungkin, bahkan bisa mengantarkan kita pada kesuksesan.

5. Ketersediaan Modal

Akhir-akhir ini ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa tanpa modal pun kita bisa memulai bisnis. Pernyataan ini ada benarnya. Tapi di sisi lain, kita tidak bisa menelan mentah-mentah pendapat tersebut. Memang, kita yang tidak punya modal masih bisa memulai usaha, namun selanjutnya tetap saja ketersediaan modal menentukan sukses tidaknya bisnis kita. Jika tidak punya modal, kita masih bisa menggandeng investor, mengajukan pinjaman, atau mencoba mencari partner bisnis yang mau dan mampu menyediakan modal.

Sumber: 101 Problem Solving for Entrepreneur

Tinggalkan Balasan