4 Hal Yang Perlu Dilakukan Entrepreneur Untuk Menumbuhkan Keseimbangan Bisnis Di Dalam Masyarakat

Bisnis tidak dapat berjalan sendiri. Dalam prosesnya, sering kali kita harus terjun ke lapangan. Selain untuk mengenal pasar dan pesaing, kita juga harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan masyarakat di sekitar; baik dalam hal produk ataupun etika berbisnis. Lambat laun kita menyadari bahwa bisnis kita memiliki tanggung jawab sosial di masyarakat. Apabila kita jeli, kesadaran akan lingkungan sosial dapat membantu bisnis kita berkembang lebih cepat.

Dixon Ticonderoga memproduksi krayon dari kedelai, bukannya lilin. Warna krayon mereka lebih terang dan me miliki tekstur yang lebih lembut. Banyak konsumen menyukainya. Dengan produk ramah lingkungan ini, Ticondera tak hanya menciptakan citra “peduli lingkungan”, namun mengajak masyarakat ikut serta menjaga lingkungan lewat produk mereka.

Empat hal berikut perlu kita lakukan untuk menjalankan bisnis secara berkualitas dengan menumbuhkan keseimbangan bisnis di dalam masyarakat.

1. Mengakomodasi Keberagaman Budaya

Kita dapat melakukannya dengan cara menerima karyawan dari suku, ras, atau kelompok minoritas, seperti penyandang cacat. Hal ini dapat kita berlakukan juga pada pelanggan atau pemasok bahan baku.

2. Melakukan Gerakan Sosial

Gerakan Sadar Kanker Payudara dari Avon melalui penjualan pin pita warna merah muda atau Amal untuk Anak-Anak yang dilakukan McDonald’s merupakan contoh pemasaran melalui gerakan sosial. Strategi ini berhasil apabila ada komitmen jangka panjang atas sebuah perubahan sosial. Penelitian menunjukkan, pemasaran melalui gerakan sosial memberikan citra positif dan 78 persen konsumen mengatakan kemungkinan mereka akan melakukan pembelian.

3. Ramah Lingkungan

Sekarang ini, banyak bisnis yang dilakukan entrepreneur berkaitan dengan kampanye ramah lingkungan. Produk-produk kerajinan tangan dari plastik bekas, pemakaian kertas daur ulang untuk buku (scrapbook), sampai sabun buatan sendiri. Gerakan ramah lingkungan bahkan telah dilaku kan perusahaan-perusahaan besar yang sukses, seperti Electrolux membuat mesin cuci hemat air. Meski harganya mahal, penjualan mesin cuci ini 4 persen lebih tinggi dibanding produk mesin cuci lain. Sama halnya dengan Honda Insight dan Toyota Prius yang menciptakan mobil dengan bahan bakar hybrid gas-elektrik sebagai ganti bensin. Banyak pelanggan bersedia membayar mahal karena mereka peduli pada lingkungan dan ingin turut memelihara bumi ini.

4. Aktif Dalam Masyarakat

Masyarakat memiliki banyak komunitas dan kegiatan. Mereka umumnya bergerak di bidang-bidang sosial atau organisasi nonprofit dan sangat membutuhkan suka relawan. Terlibatlah bersama mereka. Kita dapat memilih  organisasi sosial yang sasarannya sesuai dengan target pasar kita. Seperti yang dilakukan Avon dengan kegiatan Gerakan Sadar Kanker Payudara-nya.

Keuntungan sosial yang akan kita dapatkan dengan peduli terhadap lingkungan adalah kekayaan jiwa. Kepercayaan diri kita akan meningkat karena merasa telah melakukan hal yang baik dan benar, serta telah ikut berpartisipasi menjadikan bumi tempat yang lebih baik untuk ditinggali. Tak hanya itu, masyarakat akan semakin mengenal bisnis yang sedang kita jalankan, jaringan hubungan kita semakin luas, dan bagian terbaik dari semua ini, kita akan bertemu dengan lebih banyak lagi orang baik

.Sumber: 101 Problem Solving for Entrepreneur

Tinggalkan Balasan