3 Cara Memulai Words Of Mouth untuk Menaikkan Reputasi dan Kesetiaan Konsumen Terhadap Produk

Salah satu permasalahan entrepreneur baru adalah modal yang terbatas. Jangankan memasang iklan di televisi, untuk beriklan di radio saja kita tidak memiliki cukup dana. Tetapi, kondisi ini tidak seharusnya membuat kita berkecil hati. Jeff Bezos, pendiri Amazon.com, pernah mengalami hal yang sama. Ia tidak memiliki cukup uang untuk memasang iklan ketika meluncurkan bisnis nya. Namun, Bezos percaya, pelayanan yang baik akan memenangkan hati pelanggan. Ia masih mempercayai kekuatan rekomendasi teman atau yang dikenal dengan istilah Words of Mouth. Menurutnya, jika kita membuat seorang pelanggan senang, pelanggan itu akan dengan senang hati memberitahu lima temannya mengenai produk kita.

Di Indonesia, survei menemukan fakta bahwa 80 persen konsumen lebih mempercayai rekomendasi ketika mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Jadi, apa lagi yang ditunggu?

Upayakan agar konsumen mau memberikan rekomendasi positif tentang produk kita. Selain akan meningkatkan penjualan, metode ini adalah metode promosi paling murah karena tidak

memerlukan banyak biaya. Kita pun jadi bisa terus berhubungan dengan konsumen yang puas. Rumusnya sederhana saja: tentang konsumen, oleh konsumen, untuk konsumen. Jika tidak tahu harus memulai dari mana, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu kita untuk memulainya.

1. Libatkan Pelangganmu

Ajak pelanggan terlibat dalam proses pembuatan atau pengiriman produk. Misalnya, mereka dapat memilih desain kaos sendiri atau menuliskan pesan selamat ulang tahun di kartu pengiriman produk. Pengalaman pribadi ini akan meninggalkan kesan, menumbuhkan kedekatan, dan perasaan positif yang membuat mereka ingin membicarakan bisnis kita.

2. Memberi Hadiah Kecil

Ketika ada konsumen memberi rekomendasi tentang produk kita, kita dapat memberikan hadiah kecil, seperti stiker atau pin yang berkaitan dengan produk kita. Atau, sebagai wujud terima kasih, kita bisa menawarkan voucher diskon yang dapat ia gunakan di pembelian kedua. Hal ini tentu akan memotivasi pelanggan lain untuk ikut memberikan rekomendasi.

3. Mengedukasi Pelanggan

Pilihlah satu topik yang relevan dengan pelanggan kita dan buat diri kita menjadi sumber informasi terkini yang dapat dipercaya tentang topik itu. Misalnya, kita menyediakan jasa pembuatan web. Kita dapat memposting secara berkala segala hal yang berkaitan dengan web, misalnya dengan membuat judul, menaikkan traffic, dan sebagainya. Dengan mengedukasi pelanggan, kita dapat menaikkan reputasi dan kesetiaan mereka terhadap produk atau jasa kita.

Words of Mouth memang merupakan bentuk iklan terbaik. Tetapi, hal itu juga mengandung arti bahwa kita harus menyediakan produk atau jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

Sumber: 101 Problem Solving for Entrepreneur

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan